Analisis Disiplin Kerja, Kompetensi dan Kompensasi Terhadap Loyalitas Karyawan di PT. Kartika Citra Nusantara dengan Kinerja Karyawan Sebagai Variabel Intervening

  • Sumiran Sumiran Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta
  • Hery Margono Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta
Keywords: Work Discipline, Competence, Compensation, Employee Performance and Employee Loyalty

Abstract

Kartika Citra Nusantara adalah perusahaan kepemilikan tunggal yang didirikan pada tanggal 18 April 2012 di Jakarta dan terus bersaing dengan perusahaan sejenis dan berkembang mengikuti perkembangan di era globalisasi saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menganalisis dan mengetahui pengaruh disiplin kerja, kompetensi dan kompensasi yang paling dominan terhadap loyalitas karyawan di PT Kartika Citra Nusantara dengan kinerja karyawan sebagai variabel intervening. Untuk menganalisis permasalahan tersebut, digunakan 106 responden melalui metode non-probability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode survei dengan kuesioner tertutup sebagai alat. Analisis data dilakukan dengan uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif dan analisis linier berganda. Proses pengolahan data menggunakan software aplikasi SPSS Versi 22.2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis koefisien regresi linier berganda Disiplin Kerja berpengaruh signifikan terhadap loyalitas karyawan di PT Kartika Citra Nusantara. Disiplin Kerja merupakan variabel yang paling dominan pengaruhnya terhadap kinerja karyawan dengan nilai beta sebesar 0,071 dan kompensasi merupakan variabel yang paling dominan pengaruhnya terhadap kinerja karyawan dengan nilai beta sebesar 0,318. Dari hasil penelitian ini, ada beberapa hal yang dapat disarankan dalam rangka meningkatkan kinerja karyawan dan loyalitas karyawan, yaitu pemberian dana untuk meningkatkan disiplin kerja, kompetensi yang dapat diimplementasikan melalui pelatihan teknis, prinsip keadilan dalam memberikan kompensasi langsung dan tidak langsung. Mematuhi dan menjunjung tinggi peraturan yang berlaku yang telah disepakati bersama di lingkungan perusahaan untuk meningkatkan disiplin kerja karyawan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Rizal. (2019). Pengaruh Karakteristik Pekerjaan dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Mitra Niaga Sejati Jaya-Langkat. Jumant, 11(2), 137–146.

Anggraeni, Lutfi, & Helmy, Irfan. (2020). Pengaruh Kompetensi dan Independensi

Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervening.

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(2), 271–280. Https://Doi.Org/10.32639/Jimmba.V2i2.475

Armansyah, Andi, Azis, Idris, & Rossanty, Niluh Putu Evvy. (2018). Pengaruh Kompensasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Kantor BPJS Kesehatan Cabang Palu. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT), 4(3), 235–244.

Bayu Irawan, Galih. (2022). Pengaruh Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja Serta Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Lintas Kumala Abadi Surabaya. STIA Manajemen Dan Kepalabuhan Barunawati Surabaya.

Kilvin, Kilvin. (2020). Pengaruh Disiplin Kerja, Kompensasi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Mitra Sinetra Di Kota Batam. Prodi Manajemen.

Kurniawati, Aulia Zelda Setya. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja, Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Motivasi Sebagai Variabel

Mediasi (Studi Empiris Pada Nasmoco, Magelang Jawa Tengah). Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

Mubarroq, M. Chusni. (2021). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi: Studi Kasus Pada PG. Kebon Agung Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Muhammad, Omar. (N.D.). PENERAPAN UPAH MINIMUM PROVINSI JAWA BARAT BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN STUDI KASUS PT. KALIBATA SARANA DISTRINDO. Fakultas Syariah Dan Hukum Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Prabawati, Ni Putu Eni. (2021). PENGARUH MOTIVASI DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH KABUPATEN GIANYAR. Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Ristyawati, Aprista. (2020). Efektivitas Pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 Pada Masa Pandemi Darurat Covid-19 Di Indonesia. Crepido, 2(2), 85–96.

Sintya, Mona Clara. (2017). PENGARUH KOMPENSASI TERHADAP LOYALITAS KERJA KARYAWAN PADA WARUNK UPNORMAL BANDUNG (Studi Padawarunk UPNORMAL BANDUNG). Universitas Widyatama.

SUSILAWATI, INDAH. (2018). PENGARUH PENGEMBANGAN KARIR, KOMPENSASI, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP LOYALITAS KERJA KARYAWAN TETAP DI PT. BUMI LINGGA PERTIWI GKB GRESIK. Universitas Muhammadiyah Gresik.

Triyanto, Arif. (2014). Pengaruh Kompetensi Dan Penghargaan Terhadap Motivasi Kerja Karyawan PT KAI Di Stasiun Sragen. Jurnal Paradigma Universitas Islam Batik Surakarta, 12(01), 116413.

Published
2023-02-20