Hubungan Antara Efikasi Diri dengan Self Regulated Learning Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Siswa SMP Negeri 1 Sekayu
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan self
regulated learning pembelajaran tatap muka terbatas siswa SMP Negeri 1 Sekayu.
Hipotesis yang di ajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan antara efikasi diri
dengan self regulated learning pembelajaran tatap muka terbatas siswa SMP Negeri
1 Sekayu. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 555 siswa kelas VII & VIII
SMP Negeri 1 Sekayu. Adapun teknik pengambilan sampel mengunakan teknik
simple random sampling. Alat ukur yang di gunakan dalam penelitian ini adalah skala
efikasi diri dan skala self regulated learning. Teknik analisis mengunakan teknik
analisis regresi sederhana dengan bantuan SPSS versi 20.Hasil analisis data
penelitian dengan computer menggunakan program SPSS versi 20 for windows,
menunjukan kofisien korelasi ( r ) sebesar 0,313 koefisien determinasi (R Square)
sebesar 0,098, serta nilai p= 0,000. Hasil analisa yang diperoleh menunjukan adanya
hubungan yang sangat signifikan antara hubungan antara efikasi diri dengan self
regulated learning pembelajaran tatap muka terbatas siswa SMP Negeri 1 Sekayu
sebesar 9,8 %.
Downloads
References
Ahmadi, F. (2021). Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19. Qahar Publisher.
Christiawan, J., & Divosa Adisti, A. (2022). Akhirnya Kuliah Tatap Muka,Pengalaman, Motivasi dan kiat untuk memulai perkuliahan tatap muka. SCU Knowledge Media.
Chusna, M., Pratiwi, A. D., Rohmah, N., & Lestari, R. P. (2022). Model pembelajaran inovatif (1st ed.). Lakeisha.
Fitri, R., & Ratna Kustanti, E. (2018). Hubungan Antara Efikasi Diri Akademik Dengan Penyesuaian Diri Akademik Pada Mahasiswa Rantau Dari Indonesia Bagian Timur di Semarang. Jurnal Empati, 7, 66–77.
Gainau & Maryam. (2019). Pengembangan Potensi Diri Anak dan Remaja. Kanisius.
Hastuti, R. (2021). Psikologi Remaja. Andi.
Hawadi, L. F. (2021). Bunga Rampai Kajian Islam dan Psikologi Pendidikan. UI Publishing.
Jagad, H. K. M., & Khoirunnisa, R. N. (2018). Hubungan antara Efikasi Diri dengan Self Regulated Learning pada Siswa SMPN X. Jurnal Penelitian Psikologi, 5.
Kartika, K. (2021). Keperawatan Bencana Efektivitas Pelatihan Bencana Pre Hospital Gawat Darurat Dalam Peningkatan Efikasi Diri Kelompok Siaga Bencana Dan Non Siaga Bencana Edisi I. Deepublish.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). diakses pada tanggal 12 Januari 2022 , dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog
Khuluqo, I. E. & Istaryatiningtias. (2022). Modul Pembelajaran Manajemen Pengembangan Kurikulum. Febiks Muda Sejahtera.
Kurniati, S. (2022). Metode Pembelajaran LBS untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. NEM.
Mulyadi, S., Basuki, H., & Rahardjo, W. (2017). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Teori-teori Baru dalam Psikologi (2nd ed.). Rajawali Press.
Onde, M. K. L. O., Aswat, H., Sari, E. R., & Meliza, N. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (TMT) di masa New Normal terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Edukatif, 3.
Suciono, W. (2021). Berfikir Kritis Tinjauan Melalui Kemandirian Belajar Kemampuan Akademik Dan Efikasi Diri. Adanu Abimata.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian. Alfabeta.
Susanti, S., Dewi, P. I. A., & Wulandari, F. (2021). Desain media pembelajaran SD/MI. (1st ed.). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Yunianti, E., Jaeng, M., & Mustamin. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Self-Efficacy Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 1 Parigi. Universitas Tadulako.
Copyright (c) 2023 Sawi Sujarwo, Ericka Evionita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.