Hubungan Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah, Komitmen Kerja Guru, dan Disiplin Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Pertama Sekecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong

  • Muh. Agus Ardianto Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin
Keywords: Kepemimpinan Instruksional, Komitmen Kerja, Disiplin Kerja, Kinerja

Abstract

Kinerja adalah suatu prestasi kerja atau hasil kerja seseorang berdasarkan kualitas yang dicapainya dalam melaksanakan tanggung jawab yang diterima. Kinerja guru adalah faktor penentu tercapainya tujuan pendidikan. Faktor yang memperngaruhi kinerja antara lain: kepemimpinan instruksional kepala sekolah, komitmen kerja guru dan disiplin kerja guru. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan kepemimpinan instruksional kepala sekolah, komitmen kerja guru dan disiplin kerja guru terhadap kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama se-Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini dari seluruh guru SMP se-Kecamatan Murung Pudak dengan jumlah guru 150 orang, dan hasil perhitungan sampel sebanyak 110 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket yang disebarluaskan secara kepada sampel. Analisis hasil penelitian menggunakan statistik deskriptif, regresi sederhana, analisis jalur dan regresi berganda dengan menggunakan SPSS Window Version 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara: (1) kepemimpinan instruksional kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 0,871, (2) komitmen kerja terhadap kinerja guru sebesar 0,991, (3) disiplin kerja terhadap kinerja guru sebesar 0,892, (4) kepemimpinan instruksional kepala sekolah terhadap komitmen kerja sebesar 0,882, (5) kepemimpinan instruksional kepala sekolah terhadap disiplin kerja sebesar 0,884, (6) kepemimpinan instruksional kepala sekolah terhadap kinerja guru melalui komitmen kerja sebesar 0,874,(7) kepemimpinan instruksional kepala sekolah terhadap kinerja guru melalui disiplin kerja sebesar 0,868. Berdasarkan hasil temuan dari penelitian ini dapat disarankan beberapa hal seperti: (1) Guru sebagai pendidik hendaknya lebih aktif sebagai upaya meningkatkan kinerja guru, (2) Kepala sekolah hendaknya senantiasa memberikan arahan positif sehingga bisa meningkatkan komitmen dan disiplin kerja guru dalam bekerja, (3) lembaga pendidikan hendaknya memberi kesempatan para guru untuk mengembangkan diri, (4) penelitian ini hendaknya dapat digunakan sebagai rujukan dan referensi untuk melakukan penelitian yang masih berkaitan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2014). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Cet.3. Jakarta: Bumi Aksara.

Aslamiah. (2019). Pendidikan Unggul di Era Revolusi Industri 4.0. (Aslamiah, Performer). Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Kalimantan Selatan Indonesia.

Aslamiah. (2019). Teacher Organizational Commitmen in Elementary School: a Study in Banjarmasin Indonesia. The Open Psycology Journal, 1.

Aslamiah, Agustina Irawati, Muhammad Saleh.(2019). Relationship between the Principal Role, Motivation and Satisfaction with the Performance of Elementary School Teachers. Journal of K6, Education, and Management(J-K6EM) Vol. 2, No. 2, 2019, pp. 87-96. ISSN 2580-2135

Barnawi & Arifin. (2016). Strategi dan Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Debby, Pamela. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan PT Bank Permata, Tbk. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Narotama

Elisabet, L.K. (2016). Pengaruh kepemimpinan instruksional kepala sekolah terhadap Profesionalisme Guru dan prestasi siswa SMA di Manggarai NTT. Tesis tidak diterbitkan. Tidak ada Kota : Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma

Harahap, M.E. (2019). Hubungan Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah, Iklim Organisasi, dan Komitmen Guru dengan Kepuasan Kerja Guru di SD Negeri se Kecamatan Tapin Utara. Tesis tidak diterbitkan. Banjarmasin:Pascasarjana Manajemen Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat.

Hasibuan, M. S. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Logho, Andra Febriandini. (2016). Peranan Kepemimpinan Instruksional dalam Pendidikan: Konsep dan Aplikasinya dalam pendidikan di Indonesia. e-journal.usd.ac.id. Vol 20 No. 1

Mathis & Jackson. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia, penterjemah Jimmy Sadeli dan Bayu Perwira Hie. Jakarta: PT. Salemba Empat

Mangkunegara, AA. A P. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mejia, G., B. B. (2012). Managing Human Resources. New Jersey: Perason Education

Mullins. (2005). Marketing Management: A Strategic, Decision Making Approach. 6th edition. New York City: McGraw-Hill

Mulyasa, E. (2011). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Cet.3. Bandung PT Remaja Rosda Karya.

Mulyasa E. (2013). Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa (2013). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Muslim, S.B. (2010). Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kualitas Profesionalisme Guru. Jakarta: Alfabeta.

Nainggolan, Siahaan. (2020). Dampak Komitmen Guru terhadap Kinerja Guru pada SMP Negeri 1 Panei. Maker: Jurnal Manajemen Program Studi Manajemen STIE SULTAN AGUNG Volume 6– Nomor 1, Juni 2020, (Hlm 1-12). http://www.maker.ac.id/index.php/maker

Normiati. Dewi. (2019). Hubungan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Motivasi Kerja Guru, Komitmen Organisasi Guru dengan Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Labuan Amas.(Pdf Online). http://digilib.ulm.ac.id/archive/digital/catalogue.php?page=1&key=Kepemimpinan. Diakses 2 Mei 2021.

Nola, Ananda Vitria. (2014). Hubungan kepemimpinan kepala sekolah dengan dampak kinerja guru di Kota Solok. Vol.2 No. 1, Juni 2014. Bahan Manajemen Pendidikan.Jurnal Administrasi Pendidikan. Diakses tanggal 18 Mei 2021

Orabi, A. (2012). The Impact of Transformational Leadership Style on Oraganizational Performance: Evidence from Jordan. International Journal of Human Resource Studies

Parhan. (2019). Hubungan Komitmen dan Motivasi Kerja dengan Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Banjarmasin Tengah. Tesis Tidak Diterbitkan. 2019: Pascasarjana Magister Manajemen Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat.

Pratiwi, Elsa Adha. (2019). Pengaruh Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan di Rumah Sakit Darmayu Ponorogo. Skripsi Tidak Diterbitkan. 2018: Stikes Bhakti Husada Mulia Madiun.

Priansa, D. J. (2014). Kinerja dan Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta

Purwanto, M. N. (2002). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Rafiqah, Nasution. (2015). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Disiplin Mengajar Guru SMA Yayasan Perguruan Swasta Kesatria Medan. Jurnal Ilmu Administrasi Publik 3 (2) (2015): 126-132 Jurnal Administrasi Publik http://ojs.uma.ac.id/index.php/publikauma

Ridho, Hasmi. (2019). Hubungan Komitmen Kerja Guru, Disiplin Kerja Guru dan Motivasi Kerja Guru dengan Kinerja Guru SMP di Karang Intan. Tesis Tidak Diterbitkan. 2019: Pascasarjana Magister Manajemen Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat.

Robbins, Stephen P. (2012). Perilaku Organisasi. Edisi Ke-enambelas, Cetakan Pertama. Jakarta: Salemba Empat.

Romadhona, Ratri. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Disiplin Kerja, dan Motivasi Berprestasi Guru terhadap Kinerja Guru pada SMA Negeri di Kabupaten Banjar. Tesis Tidak Diterbitkan. 2019: Pascasarjana Magister Manajemen Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat.

Rosalina, H. (2015). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Komitmen Kerja Guru SLTA Negeri di Kecamatan Sungai Loban dan Angsana Kabupaten Tanah Bumbu. Tesis Tidak Diterbitkan. 2015: Pascasarjana Magister Manajemen Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat.

Sagala, S. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Sihombing, M. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Kepuasan Kerja, Disiplin Kerja, terhadap Kinerja Dosen di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin. Tesis tidak diterbitkan. Banjarmasin:Pascasarjana Manajemen Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat.
Sirait, Sheilla Chairunnisyah. (2017). Tanggung Jawab Pemerintah Untuk Memberikan Pendidikan Kepada Anak Terlantar Dalam Perspektif Undang-Undang Perlindungan Anak. De Lega Lata: Jurnal Ilmu Hukum, 2(1), 158–182
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet

Sukmawati, C & Herawan, E. (2016). Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah, Komitmen Kerja Guru dan Mutu Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, XXIII no. 2

Supardi, (2013). Profesionalisme Guru, Cet.2, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Supardi. (2013). Kinerja Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Suriansyah Ahmad, Tutik Kristiani, Metroyadi. (2019). Instructional leadership, Progressive Professional Development, Work Motivation, and the Assessment Results of Elementary School Teacher Competency. JOURNAL OF K6, EDUCATION, AND MANAGEMENT 2019, Vol. 2, No. 3, 234 – 241 http://dx.doi.org/10.11594/jk6em.02.03.08

Suriansyah Ahmad, Pahrudin Ali Hamid, Ngadimun. (2019). The Relationship between Interpersonal and Emotional Intelligence on Teacher Performance. Journal of K6, Education, and Management (J-K6EM)
Vol. 2, No. 1, 2019, pp. 71-77. ISSN 2580-2135

Susanto, A. (2016). Manajemen Peningkatan Profesionalisme Guru. Jakarta : Kencana.

Sutrisno, E. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana
Syalwa. (2020). Pengaruh Budaya Sekolah, Kepemimpinan Ikstruksional Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru SDN se Kecamatan Banjarbaru Utara. Tesis tidak diterbitkan. Banjarmasin:Pascasarjana Manajemen Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat.

Tazkia, H. (2017). Hubungan antara Budaya Organisasi dengan Komitmen Kerja Guru di MTs Negeri 2 Medan. Medan. SKripsi tidak diterbitkan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Thoifah, I. (2015). Statistika Pendidikan dan Metode Penelitian Kuantitatif. Malang: Madani.

Triatna, C. (2016). Perilaku Organisasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Usman, H. (2014). Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan Edisi 4. Jakarta : PT Bumi Aksara

Warni, Rovida Eva. (2019). Hubungan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Budaya Kerja dan Kepuasan Kerja dengan Kinerja Guru SD Negeri Gugus Merah Delima dan Gugus Blue Saphire di Kecamatan Martapuran Kabupaten Banjar. Tesis tidak diterbitkan. Banjarmasin:Pascasarjana Manajemen Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat.

Wagimin. (2014). Hubungan antara Komitmen Guru dan Supervisi Kepala Sekolah dengan Profesionalisme Guru pada SMA Negeri se Kabupaten Tabalong. Tesis tidak diterbitkan. Banjarmasin:Pascasarjana Manajemen Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat.

Wahjosumidjo (2013). Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoretik dan Permasalahannya. Yogyakarta: Rajawali Pers.

Wahjosumidjo. (2015). Kepemimpinan dan Motivasi,Jakarta: Grafindo

Wibowo. (2014). Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Wahyosumidjo. (2011). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Raja Grafindo
Persada

Yuniarsih, T & Suwatno. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia, Teori Aplikasi, dan Isu Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Published
2023-02-20