Evaluasi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Dana Bergulir Blu Pusat P2H di Gapoktan Beringin Jaya Desa Talang Beringin Kecamatan Pulau Panggung Kabupaten Tanggamus

  • Herman Sodik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sriwijaya
  • Sriati Sriati Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sriwijaya
  • Didi Tahyudin Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sriwijaya
Keywords: Pemberdayaan Masyarakat, Program Dana Bergulir, BLU Pusat P2H

Abstract

Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis serta mengidentifikasi mengenai pelaksanaan pemberdayaan masyarakat melalui program dana bergulir oleh BLU Pusat P2H di Gapoktan Beringin Jaya Kabupaten Tanggamus. Adapun tujuan khusus dalam penelitian yaitu menganalisis proses pelaksanaan pemberdayaan masyarakat penerima program dana bergulir di Gapoktan Beringin Jaya Kabupaten Tanggamus, mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pemberdayaan masyarakat melalui program dana bergulir di Gapoktan Beringin Jaya Kabupaten Tanggamus, mengevaluasi pemberdayaan masyarakat melalui program dana bergulir di Gapoktan Beringin Jaya Kabupaten Tanggamus, dan mengetahui hasil dari dari pemberdayaan masyarakat melalui program dana bergulir BLU Pusat P2H dengan melihat aspek peningkatan kapasitas manusia, kelembagaan dan jejaring Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif deskriptif yang menjelaskan mengenai Evaluasi Pemberdayaan Masyarakat Melaui Program Dana Bergulir Di Gabungan Kelompok Tani Beringin Jaya Kabupaten Tanggamus dan didukung dengan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan langsung ke Gabungan Kelompok Tani Beringin Jaya Kabupaten Tanggamus. Hasil penelitian ini yaitu pelaksanaan pemberdayaan masyarakat oleh BLU Pusat P2H melalui program dana bergulir di Gapoktan Beringin Jaya pada penelitian ini dilakukan melalui pendekatan 5P yang meliputi pemungkinan, penguatan, perlindungan, penyokongan, dan pemeliharaan. Faktor pendukung pemberdayaan masyarakat melalui program dana bergulir adalah adanya partisipasi masyarakat, kesesuaian lokasi, dana bergulir yang dapat diakses dengan mudah untuk dijadikan sebagai modal usaha, dan adanya pelibatan seluruh anggota kelompok dalam menjalankan kegiatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminah, L. N., Safe’i, R., & Febryano, I. G. (2018). Institutional Analysis of Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) In the Protected Forest Management Unit Area of North Kota Agung in Tanggamus Regency of Lampung Province. (Journal of Sylva Indonesiana, 1(1), 35–44. https://doi.org/10.32734.

Darmi, T., & Mujtahid, I. M. (2020). Peningkatan Kapasitas Kebijakan Dana Desa Dalam Mengentaskan Kemiskinan. JIPAGS (Journal of Indonesian Public Administration and Governance Studies), 3(1)

Fetterman, D., & Wandersman, A. (2007). Empowerment Evaluation: Yesterday, Today, and Tomorrow. American Journal of Evaluation.

Hakim, I., Setiasih Irawanti and et al (2010) Menuju Restorasi Pembangunan Kehutanan Berkelanjutan. Bogor: Pusat Penelitian dan Pengembangan Perubahan Iklim dan Kebijakan.

Herawati, T. et al. (2017) Merancang Masa Depan Perhutanan Sosial di Provinsi Lampung: Dari skenario menuju aksi.

Holilah, M. (2016) ‘Kearifan Ekologis Budaya Lokal Masyarakat Adat Cigugur Sebagai Sumber Belajar Ips’, Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 24(2), p. 163. doi: 10.17509/jpis.v24i2.1453.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (2018) ‘Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI No P/16/MENLHK/SETJEN/SET.1/8/2020’, in Journal of Chemical Information and Modeling, pp. 1689–1699.
Mardikanto, Totok dan Poerwoko, & Soebianto (2015). Pemberdayaan Masyarakat Rizal, A. (2012). Sosiologi Kehutanan dalam Pengelola Kehutanan. Info Teknis EBONI,
9 (No.1), 1-16

Robuan, R. (2019). Regulasi dan Strategi Kebijakan Pengelolaan Dana Bergulir (Analisis Problematika dalam implementasi di Kabupaten Bangka Tengah)

Suharto, E. (2009). Pekerjaan sosial di dunia Industri. Alfabeta

Supriyanto, B. (2019) Inovasi Kebijakan Perhutanan Sosial untuk Keadilan Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Kesejahteraan Masyarakat. Universitas Sumatera Utara. Supriyanto, Bambang. 2019. Catatan dari Tepi Hutan. Bogor : Tempo Publishing

Sylviani, Wicaksono D,S.N (2020). Keberhasilan Pengembangan Hutan Kemasyarakatan
: Jurna;l Penelitian Sosial dan Ekonomi Kehutanan, 13-27

Widjajanti, K. (2011). Model Pemberdayaan Masyarakat. Semarang: Unnes. Jurnal Ekonomi Pembangunan Volume 12, Nomor 1, Juni 2011, hlm. 15, 2
Published
2023-02-20