Penerapan Model Pembelajaran Paikem Dalam Matakuliah Paduan Suara Untuk Capaian Pembelajaran dan Lulusan Prodi Pendidikan Musik Gereja
Abstract
Model pembelajaran PAIKEM merupakan salah satu model yang dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran paduan suara, dimana PAIKEM merupakan model pembelajaran yang dapat didefinisikan sebagai pendekatan mengajar (approach to teaching) yang digunakan bersama metode tertentu dan berbagai media pengajaran yang disertai penataan lingkungan sedemikian rupa agar proses pembelajaran menjadi aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.Pembelajaran harus berpusat pada anak (student centered learning) dan pembelajaran harus bersifat menyenangkan (learning is fun). Aspek menyenangkan dalam PAIKEM sangat penting, agar anak tidak merasa takut dan terbebani dalam kegiatan pembelajaran, agar anak dapat terus bereksplorasi, berkreasi, dan bereksperimen dalam pembelajaran. Penerapan Model PAIKEM dalam matakuliah Paduan Suara di prodi Pendidikan Musik Gereja (PMG) berhasil diterapkan dengan hasil hasil belajar mahasiswa meningkat hal ini terlihat dengan hasil nilai tugas dan ujian akhir semester dan tengah semester, sehingga minat belajar dari mahasiswa antusias dalam matakuliah paduan suara.
Downloads
References
Agustina, K. T., & Christimoty, D. N. (2022). PAIKEM Implementation in Teaching the Concept of Salvation for Children Age 9-12: Implementasi PAIKEM dalam Pengajaran Konsep Keselamatan pada Anak Usia 9-12 Tahun. GRAFTA: Journal of Christian Religion Education and Biblical Studies, 2(1), 49–63.
Ahmadi, L. K., & Amri, S. (2011). Paikem Gembrot, Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.
Amelia, P. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Citra Bangsa. Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah.
Arend, R. J. (2013). The business model: Present and future—beyond a skeumorph. Strategic Organization, 11(4), 390–402.
Azwar, H., & Abrian, Y. (2015). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di Hotel Grand Inna Muara Padang. Journal of Home Economics and Tourism, 9(2).
Fadilah, F., & Mahyuny, S. R. (2018). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Locus Of Control Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Universitas Samudra. JIPI (Jurnal IPA & Pembelajaran IPA), 2(2), 100–105.
Indriantoro, N. (2014). Supomo. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi & Manajemen. Yogyakarta: BPFE.
Istianah, A., & Susanti, R. P. (2021). Pendidikan pancasila sebagai upaya membentuk karakter pelajar pancasila. Jurnal Gatranusantara, 19(2), 202–207.
John W. Creswell. (2015). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset (Memilih di antara lima pendekatan), Judul Asli: Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches, Terjemahan Ahmad Lintang Lazuardi. Pustaka Pelajar.
Joice, W. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Krissandi, A. D. S., Widharyanto, B., & Dewi, R. P. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk SD. Bekasi: Media Maxima.
Moleong, L. J. (2018). Metode penelitian kualitatif, cetakan ke-37. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ngalimun, N. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa dalam Menceritakan Kegemaran Melalui Teknik Percakapan. STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(1).
Pramono, H. (2012). Pengaruh sistem pembinaan, sarana prasarana dan pendidikan latihan terhadap kompetensi kinerja guru pendidikan jasmani sekolah dasar di kota Semarang. Jurnal Penelitian Pendidikan, 29(1).
Pritandhari, M., & Ratnawuri, T. (2015). Evaluasi penggunaan video tutorial sebagai media pembelajaran semester iv program studi pendidikan ekonomi Universitas Muhammadiyah Metro. PROMOSI: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 3(2).
Saifulloh, A. M., & Darwis, M. (2020). Manajemen pembelajaran dalam meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar di masa pandemi covid-19. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 3(2), 285–312.
Siregar, M. R. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe time token terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa di SMK Negeri 2 Binjai Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal MathEducation Nusantara, 2(1), 35–38.
Sugiyono. (2014). Memahami penelitian kuantitatif.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono, M. (2015). penelitian & pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sugiyono, P. D. (2014). Populasi dan sampel. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, 291, 292.
Suprihatin, S. (2017). Pendekatan Humanistik Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 3(1), 82–104.
Tarigan, M. R. M., Purnama, D. A., Munir, M., & Azwar, E. (2019). Pengaruh model active debate terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem di kelas x madrasah aliyah swasta proyek univa medan. Jurnal Biolokus: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi Dan Biologi, 2(1), 139–145.
Tishana, A., Alvendri, D., Pratama, A. J., Jalinus, N., & Abdullah, R. (2023). Filsafat Konstruktivisme dalam Mengembangkan Calon Pendidik pada Implementasi Merdeka Belajar di Sekolah Kejuruan. Journal on Education, 5(2), 1855–1867.
Yasinta, Y., & Fernandes, R. (2020). Dampak penggunaan jejaring sosial geschool terhadap minat belajar. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(3), 168–174.
Copyright (c) 2023 Eben Haezarni Telaumbanua
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.