Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran PT. Avtech Adventure Technologi Terhadap Penjualan Melalui Keputusan Pembelian
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk, harga, lokasi dan promosi terhadap keputusan pembelian serta dampaknya terhadap penjualan pada PT. Avtech Adventure Technologi. Pengumpulan data dilakukan melalui pengisian kuisioner oleh 125 responden. Adapun metode analisis yang digunakan adalah kuantitatif dengan Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk, lokasi dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Harga berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian dan penjualan. serta hasil menunjukkan produk, lokasi dan promosi secara tidak langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap penjualan melalui keputusan pembelian. Penelitian ini dapat bermanfaat bagi pengambil kebijakan di PT. Avtech Adventure Technologi untuk meningkatkan keputusan pembelian dan penjualan.
Downloads
References
Gumelar, D. M., Rivai, M., & Tasripan, T. (2017). Rancang Bangun Wireless Electronic Nose Berbasis Teknologi Internet of Things. Jurnal Teknik ITS, 6(2), A750–A752.
Key, T. M., & Czaplewski, A. J. (2017). Upstream social marketing strategy: An integrated marketing communications approach. Business Horizons, 6(3), 325–333.
Masri, S., & Effendi, S. (1989). Metode penelitian survey. Jakarta: Lp3es.
Ngafifi, M. (2014). Kemajuan teknologi dan pola hidup manusia dalam perspektif sosial budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1). https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2616
Nuraeni, L., & Harnanik, H. (2017). Strategi Bauran Pemasaran Usaha Kecil Keripik Bhineka Di Desa Belendung Kecamatan Purwadadi Kabupaten Subang. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 647–655.
Nurhadi, N. N. (2019). Manjemen Strategi Pemasaran Bauran (Marketing Mix) Persepktif Ekonomi Syariah. HUMAN FALAH: Jurnal Studi Ekonomi Dan Bisnis Islam, 6(2).
Pertiwi, M. I., & Edy Yulianto, S. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Baker’s King Donuts & Coffee di MX Mall Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 181.
Rachmawati, R. (2011). Peranan bauran pemasaran (marketing mix) terhadap peningkatan penjualan (sebuah kajian terhadap bisnis restoran). Jurnal Kompetensi Teknik, 2(2).
Ristiani, D. (2018). Pengaruh Produk dan Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian AC Panasonic serta Implikasinya terhadap Kepuasan Konsumen. JURNAL EKONOMI, 20(3), 383–395.
Rizal, F., Adam, M., & Ibrahim, M. (2018). Pengaruh Harga, Desain Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Serta Dampaknya Pada Kepuasan Pasca Pembelian Perumahan Di Kota Banda Aceh. Jurnal Manajemen Inovasi, 8(3).
Singh, M. (2012). Marketing mix of 4P’s for competitive advantage. IOSR Journal of Business and Management, 3(6), 40–45.
Sitompul, S., & Medan, S. T. I. E. I. (2021). Pengaruh pengetahuan label halal dan kesadaran merek terhadap keputusan pembelian kosmetik melalui rekomendasi kelompok sebagai variabel moderating. Shar-E: Jurnal Kajian Ekonomi Hukum Syariah, 7(1), 50–64.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono, P. D. (2014). Populasi dan sampel. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, 291, 292.
Susanti, N., Halin, H., & Kurniawan, M. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran (4p) Terhadap Keputusanpembelian Perumahan PT. Berlian Bersaudara Propertindo (studi kasus perumahan taman arizona 1 taman arizona 2 dan taman arizona 3 di talang jambi palembang). Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 8(1), 43–49.
Widyasari, S., & Fifilia, E. T. (2009). Analisis pengaruh produk, harga, promosi dan lokasi terhadap keputusan pembelian rumah (Studi pada Perumahan Graha Estetika Semarang). Jurnal Ilmiah Telaah Manajemen, 6(2).
Copyright (c) 2023 Bonadi Bonadi, Andini Nurwulandari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.