Pengembangan Usaha Home Industry Melalui Pendampingan “Marketplace Platform” Desa Maro Sebo Kabupaten Muaro Jambi

  • Fitri Widiastuti Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jambi
  • Muhammad Ridwansyah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jambi
  • Heriberta Heriberta Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jambi
  • Masbirorotni Masbirorotni Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jambi
  • Emilia Emilia Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jambi
Keywords: Marketplace, Produk Home Industri, Pendampingan Platform

Abstract

Pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dilakukan di Desa Laboratorium Terpadu (DLT) Universitas Jambi yang berlokasi di Desa Maro Sebo, Kecamatan Jambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi. Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari kegiatan Inovasi Wira Desa (IWD) tahun lalu. Pada kegiatan IWD tersebut telah dilaksanakan kegiatan sosialisasi, edukasi kepada mitra dalam upaya membangun usaha kripik pisang aneka rasa yang diberi nama “Kripik Pisang Mamboâ€, dan telah berhasil memperoleh PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga). Dengan demikian fokus selanjutnya adanya keselarasan dalam upaya membangun suatu usaha di desa yang mandiri dengan menjalankan prinisp-prinsip kewirausahan yang bisa berdaptasi dengan perkembangan zamam. Pada kegiatan pengabdian ini akan difokuskan pada penyiapan e-commerce usaha yang sudah disiapkan pada kegiatan PPM IWD, berupa pembuatan marketplace platform dan media sosial guna membantu para pelaku usaha industri pangan rumah tangga di Desa Maro Sebo. Tujuan dari kegiatan ini membantu para pelaku usaha home industry memulai melakukan aktivitas pemasaran produk dengan bantuan teknologi digital. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pelatihan dan pendampingan. Hasil dari kegiatan pengabdian ini sangat membantu para pelaku usaha home industri di Desa Maro Sebo ini. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afiffah, S. R., Fortuna, O. D., Kusumah, T. M., & Fauzi, A. (2022). Penerapan Strategi Digital Marketing Model AIDA dalam Pemberdayaan Masyarakat Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Cakrawala, Rawalumbu, Kota Bekasi. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(2), 623–630.

Amin, S., Widiastuti, F., & Fitriaty, F. (2019). What the Meaning of Success in Female Entrepreneurs’ Perceptions? An Interview-Based Study. International Journal of Human Resource Studies, 9, 133–147.

ARMENIA, G., Kusnadi, D., & Mustiah, M. (2022). Koordinasi Pemuktahiran Data Kepesertaan Program Keluarga Harapan di Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Dewi, S. K. S. (2017). Konsep dan pengembangan kewirausahaan di Indonesia. Deepublish.

Endriastuti, A., & Permatasari, M. P. (2018). Pelatihan Pemasaran, Pemberdayaan Toko Online, Dan Pengenalan M-Commerce Pada Produk Unggulan Jagung Tortiladi Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 56–66.

Fauzi, R., Efendi, R., & Mustakim, M. (2020). Program Pengelolaan Penyakit Hipertensi Berbasis Masyarakat dengan Pendekatan Keluarga di Kelurahan Pondok Jaya, Tangerang Selatan. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 69–74. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v4i2.1931

Fitriaty, F., Lubis, T. A., Adriani, Z., Elliyana, D., & Widiastuti, F. (2021). Pendampingan dan Pelatihan Strategi Pengelolaan Bisnis di Kawasan Wisata Muaro Jambi Di Desa Muara Jambi Kecamatan Maro Sebo Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(2), 205–209.

Hidayah, A. N., & Agustinah, R. (2019). Balkondes Candirejo Magelang sebagai Bentuk Pengembangan Desa Wisata yang Berkelanjutan. Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 3(1), 70–81.

Intan, F. (2020). Geologi Situs Menapo Ujung Tanjung II, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi. Tumotowa, 3(1), 27–38.

Musrofi, M. (2015). Cara Gampang Menemukan Bisnis Hebat. Elex Media Komputindo.
Nashir, A. K., Situmeang, N., & Astuti, W. R. D. (2020). Implementasi Kebijakan Pemerintah Daerah Dalam Penerapan Masyarakat Ekonomi Asean Terhadap Sektor Usaha Kecil Dan Menengah Di Kabupaten Bogor. Mandala: Jurnal Ilmu Hubungan Internasional, 3(1), 79–99.

Ningsih, I. N. D. K., & Prastya, N. M. (2022). Pelatihan Pengelolaan Media Sosial dan Foto Produk Bagi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kabupaten Bantul. Jurnal Abdimas Madani Dan Lestari (JAMALI), 31–44.

Puspitasari, P. W., Rizky, M. Y., & BEKTI, R. A. (2020). Analisis tingkat kebugaran jasmani dan status gizi pada atlet puslatkot kediri cabang olahraga terukur unggulan menuju porprov vii tahun 2021 dalam masa pandemi covid-19. Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Rafiqi, R., Hernando, R., Hendriyaldi, H., Widiastuti, F., & Hastuti, D. (2022). Pendampingan Digital Marketing Berbasis Syariah Produk Anyaman Bahan Baku Tanaman Resam Desa Maro Sebo, Jambi. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(10), 3816–3821.

Resnawaty, R., Krisnani, H., & Aulia, R. M. (2020). Pengembangan Kapasitas Usaha Kecil/Menengah Kerajinan Kayu Cipacing MelaluiPenyusunan Database dan Katalog. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 163–173.

Rosyada, M., & Wigiawati, A. (2020). Strategi Survival UMKM Batik Tulis Pekalongan di Tengah Pandemi Covid-19 (Studi Kasus pada “Batik Pesisir” Pekalongan). Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4(2).

Setiawan, M. F. A. (2022). Strategi Komunikasi Dinas Perdagangan Dalam Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kabupaten Aceh Barat. JIMSI: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Komunikasi, 2(1).

Syahdan, S. (2019). Peran industri rumah tangga (Home Industry) pada usaha kerupuk terigu terhadap pendapatan keluarga di Kecamatan Sakra Kabupaten Lombok Timur. MANAZHIM, 1(1), 45–63.
Published
2023-02-20