Perancangan Peningkatan Kualitas Layanan Internet Business PT. XYZ Menggunakan Metode Quality Function Deployment

  • Naila khoirun Nisa Universitas Telkom Indonesia
  • Yati Rohayati Universitas Telkon Indonesia
  • Ima Normalia Kusmayanti Universitas Darma Agung, Medan
Keywords: Peningkatan Kualitas, Internet Business, Quality Function Deployment, True Customer Needs, House of Quality

Abstract

PT. XYZ merupakan perusahaan penyedia fasilitas media internet yang menyediakan sebuah layanan internet business untuk pelanggan dengan konsep business-to-business. Layanan internet business PT. XYZ menggunakan dedicated internet dengan kestabilan koneksi dan rasio bandwidth yang sama dalam waktu yang bersamaan. Pada tahun 2021, pendapatan tidak pernah mencapai target yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk melakukanidentifikasi terhadap kelemahan yang dimiliki oleh layanan internet business sehingga dapat dirumuskan rekomendasi peningkatan kualitas. Rekomendasi peningkatan kualitas layanan dilakukan berdasarkan True Customer Needs yang disesuaikan dengan karakteristik teknis perusahaan menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD). Peningkatan kualitas layanan internet business didasarkan pada tujuh True Customer Needs yang telah diperoleh dari pelanggan layanan internet business, yang kemudian pada QFD iterasi pertama (House of Quality) menghasilkan tujuh karakteristik teknis yang dikembangkan pada tahap selanjutnya. Tahap pengembangan konsep menghasilkan tiga konsep yang terdiri dari konsep efisiensi, inovasi, dan kombinasi. QFD iterasi dua (Part Deployment) menghasilkan 11 critical part yang diprioritaskan dari 15 critical part.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aferi, Muhammad Furqan, Rohayati, Yati, & Nafizah, Ully Yunita. (2018). Perancangan Peningkatan Kualitas Layanan Website Indonesia Juara Menggunakan Metode Quality Function Deployment (qfd). EProceedings of Engineering, 5(2).

Ashadiar, Raden Farhan, Rohayati, Yati, & Wulandari, Sari. (2019). Perancangan Kebutuhan Pelanggan Terhadap Layanan Website Inagri Menggunakan Metode Kano Dan Integrasi Electronic Service Quality. EProceedings of Engineering, 6(2).

Basfirinci, Cigdem, & Mitra, Amitava. (2015). A cross cultural investigation of airlines service quality through integration of Servqual and the Kano model. Journal of Air Transport Management, 42, 239–248. https://doi.org/10.1016/j.jairtraman.2014.11.005

Bossert, James L. (2021). Quality function deployment: The practitioner’s approach. CRC Press.

Grewal, Rajdeep, Lilien, Gary L., Bharadwaj, Sundar, Jindal, Pranav, Kayande, Ujwal, Lusch, Robert F., Mantrala, Murali, Palmatier, Robert W., Rindfleisch, Aric, & Scheer, Lisa K. (2015). Business-to-business buying: Challenges and opportunities. Customer Needs and Solutions, 2, 193–208. https://doi.org/10.1007/s40547-015-0040-5

Hermawan, Muhammad, Aman, Husni, & Aurachman, Rio. (2017). Peningkatan Kualitas Website Perusahaan Dkantin Menggunakan Metode Quality Function Deployment. EProceedings of Engineering, 4(3).

John, Romeo, Smith, Andrew, Chotipanich, Sarich, & Pitt, Michael. (2014). Awareness and effectiveness of quality function deployment (QFD) in design and build projects in Nigeria. Journal of Facilities Management. https://doi.org/0.1108/JFM-07-2013-0039

Julayanont, Parunyou, & Nasreddine, Ziad S. (2017). Montreal Cognitive Assessment (MoCA): concept and clinical review. Cognitive Screening Instruments: A Practical Approach, 139–195. https://doi.org/10.1007/978-3-319-44775-9_7

Karsak, E. Ertugrul, & Dursun, Mehtap. (2015). An integrated fuzzy MCDM approach for supplier evaluation and selection. Computers & Industrial Engineering, 82, 82–93. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2012.09.020

Kou, Gang, Ergu, Daji, & Shang, Jennifer. (2014). Enhancing data consistency in decision matrix: Adapting Hadamard model to mitigate judgment contradiction. European Journal of Operational Research, 236(1), 261–271.

Kusumadewi, Rita, & Rusdian, Budi. (2022). Implementasi Matriks House-of-Quality Dalam Rangka Mengkreasi Nilai Konsumen. Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 3(2), 551–564. https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v3i2.2238

Lukitaningsih, Ambar. (2013). Perkembangan Konsep Pemasaran: Implementasi dan Implikasinya. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 3(1), 21–35.

Muthu, V. R. Pramod S. R. Devadasan S., & Moorthy, V. P. Jagathyraj G. Dhakshina. (n.d.). Integrating TPM and QFD for improving quality in maintenance engineering.

Putri, Rika Rachmawati, Wulandari, Sari, & Bayu, Andika. (2016). Pengembangan Program Pelatihan Dan Sertifikasi Network Administration Professional Dengan Menggunakan Quality Function Deployment. EProceedings of Engineering, 3(2).

Sharma, Ashish K., & Khandait, Sunanda. (2016). Fuzzy Quality Function Deployment in Online Shopping Websites. International Journal of Hybrid Information Technology, 9(4), 305–318.

Yazdani, Morteza, Chatterjee, Prasenjit, Zavadskas, Edmundas Kazimieras, & Zolfani, Sarfaraz Hashemkhani. (2017). Integrated QFD-MCDM framework for green supplier selection. Journal of Cleaner Production, 142, 3728–3740. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2016.10.095

Published
2023-03-13