Pengaruh Kegiatan Sponsorship Cabriolet Challenge 2021 Terhadap Brand Image Realfood

Keywords: Sponsorship, Brand Image, Marketing Strategy

Abstract

Menurut T Bettina Cornwell di buku Sponsorship In Marketing Sponsor olahraga, seni, atau acara dapat menjadi bentuk komunikasi pemasaran yang kuat untuk bisnis dan organisasi. Seiring berjalannya waktu, teknologi semakin canggih, mediapun berkembang. Salah satu bukti perkembangan tersebut adalah hadirnya Youtube yang menjadi salah satu platform yang digunakan banyak orang. Realfood merupakan salah satu brand yang memanfaatkan hal tersebut dengan cara menjadi sponsor utama pada Cabriolet Challenge yang diunggah di youtube mulai tanggal 16 januari 2021. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Sponsorship Cabriolet Challenge 2021 terhadap Brand Image Realfood, Pada penelitian ini jenis penelitian yang digunakan adalah hubungan kausal. Karena penelitian ini berorientasi untuk mengetahui hubungan antara variabel independen juga variabel dependen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non-probability sampling jenis purposive sampling, dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil uji hipotesis, Sponsorship Cabriolet Challenge 2021 terhadap Brand Image Realfood berpengaruh secara signifikan terhadap respon khalayak dengan hitung (19,357) > ttabel (1,660) dimana nilai ini memenuhi syarat uji hipotesis. Dapat disimpulkan bahwa Sponsorship Cabriolet Challenge 2021 terhadap Brand Image Realfood memberikan pengaruh sebesar 79,21% terhadap peningkatan brand image dan sisanya 20,79% merupakan kontribusi yang dipengaruhi oleh faktor lain.yang menunjukkan bahwa terdapat variabel independen lainnya yang mampu mempengaruhi respon khalayak namun tidak disertakan dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Fajri, H., & Pradana, M. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Konsumen Freezy Cake. Eproceedings Of Management, 8(6).

Anggraeni, R., Layaman, L., & Djuwita, D. (2019). Analisis Pemanfaatan Social Media Marketing Terhadap Customer Loyalty Yang Menggunakan Brand Trust Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (Jrmb) Fakultas Ekonomi Uniat, 4(3), 445–456.

Arna, W. B., Arofah, I., & Belang, K. A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Menggunakan Metode Analisis Regresi Linear Berganda. Jurnal Statistika Dan Matematika, 1(1).

Cornwell, T. B., & Maignan, I. (1998). An International Review Of Sponsorship Research. Journal Of Advertising, 27(1), 1–21.

Eksandy, A. (2018). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perbankan Syari’ah Indonesia. Jak (Jurnal Akuntansi) Kajian Ilmiah Akuntansi, 5(1), 1–10.

Herwita, D. (2017). Karakteristik Fisik, Kimia, Mikrobiologis Dan Organoleptik Dodol Terlapisi Minyak Nabati. Fakultas Teknologi Pertanian.

In, A. W. K., & Asyik, N. F. (2019). Pengaruh Kompetensi Dan Independensi Terhadap Kualitas Audit Dengan Etika Auditor Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi (Jira), 8(8).

Mubarok, Y., & Putri, Y. R. (2020). Pengaruh Sponsorship Pada Klub Persib Bandung Terhadap Peningkatan Brand Image Produk Achilles. Eproceedings Of Management, 7(2).

Oktaviani, M. A., & Notobroto, H. B. (2014). Perbandingan Tingkat Konsistensi Normalitas Distribusi Metode Kolmogorov-Smirnov, Lilliefors, Shapiro-Wilk, Dan Skewness-Kurtosis. Jurnal Biometrika Dan Kependudukan, 3(2), 127–135.

Patilima, H. (2005). Metode Penelitian Kualitatif: Dilengkapi Dengan Panduan Penggunaan Software Analisis Kualitatif Cdc Ez-Text Serta Uu No. 18 Tahun 2002 Tentang Sistem Nasional, Penelitian, Pengembangan, Dan Penerapan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi.

Salma, A. N. (2017). Pengaruh Sponsorship Dalam Meningkatkan Brand Awareness (Studi Pada Sponsorship Garuda Indonesia Terhadap Liverpool Fc Sebagai Global Official Airline Partner). Inject (Interdisciplinary Journal Of Communication), 2(1), 1–26. Https://Doi.Org/10.18326/Inject.V2i1.1-26

Sugeng, B. (2022). Fundamental Metodologi Penelitian Kuantitatif (Eksplanatif). Deepublish.

Sugiyono, P. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta, 28, 1–12.

Usmadi, U. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1).

Villa Rohmatur, R., & Setiawan, M. D. (2021). Eksistensi Nongkrong Di Masa Pandemi. Potret Ppkm Dalam Kehidupan Masyarakat Indonesia, 239.

Published
2023-03-13