Kajian Penerapan Langgam Arsitektur Neo Vernakular Pada Pusat Kuliner Pik Jakarta

  • Avatara Rito Aripin Program Studi Sarjana Arsitektur, UPN “Veteran” Jawa Timur
  • Adibah Nurul Yunisya Program Studi Sarjana Arsitektur, UPN “Veteran” Jawa Timur
Keywords: arsitektur neo vernakuler, arsitektur kontemporer, kawasan perkotaan, modern, pusat kuliner

Abstract

Potensi kuliner Indonesia meningkat setiap tahunnya, ditandai dengan adanya inflasi pada sektor usaha dan pariwisata kuliner tertutama di daerah ibu kota Jakarta. Penyediaan berbagai jenis makanan dan minuman tersebut akan memberikan dampak bagi perekonomian lokal, kebudayaan, dan penciptaan pembangunan berkelanjutan. Dengan adanya pusat kuliner Pantjoran PIK sebagai ikon baru untuk ibukota Jakarta untuk membuat industri kuliner di sekitar PIK menjadi maju dan menciptakan identitas baru untuk daerah PIK. Akibat bangunan pusat kuliner pantjoran PIK menciptakan sebuah kesenjangan konsep antara arsitektur neo vernakular pada area kuliner dan arsitektur kontemporer ruko kulinernya, sehingga penelitian ini memiliki tujuan untuk mendapatkan pemahaman serta mengetahui tentang penerapan langgam arsitektur neo vernakular pada bangunan area pantjoran PIK Jakarta. Selain itu juga mendapat pengetahuan lain seputar ragam bentuk dan tampilan arsitektur neo vernakular yang ada. Hal ini dilakukan untuk memudahkan pemahaman tentang bentuk bangunan masa kini yang diminati dapat menjadi daya tarik bagi para penggunanya yang dapat mengikuti perubahan zaman. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang selanjutnya dianalisis deskriptif dengan melakukan observasi dan berfokus pada elemen-elemen pembentuk arsitektur neo vernakular pada bangunan pusat kuliner kuliner.           

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atika, Firdha Ayu, & Poedjioetami, Esty. (2022). Creative Placemaking Pada Ruang Terbuka Publik Wisata Bangunan Cagar Budaya, Untuk Memperkuat Karakter Dan Identitas Tempat. Pawon: Jurnal Arsitektur, 6(1), 133–148.
Betari, Kana Putri Jaya. (2021). Penerapan Konsep Arsitektur Neo Vernakular Pada Kantor Bupati Pidie. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Arsitektur Dan Perencanaan, 5(1), 26–30.
Hanifah, Diah Fitri. (2021). implementasi metode berkisah dalam menumbuhkan minat belajar santri di madrasah diniyah “ar-rohman” dsn. lobang, mlilir, dolopo, madiun. IAIN Ponorogo.
Hulu, Nizo. (2021). Perancangan Hotel Resort Skala Internasional Di Desa Tureloto Kecamatan Lahewa Kabupaten Nias Utara Tema: Neo Vernakular Arsitektur Nias Utara. Kumpulan Karya Ilmiah Mahasiswa Fakultas Sains Dan Tekhnologi, 1(1), 412.
Irawati, Novi, Lestari, Heni Dwi, & Kesuma, Wahyu Puja. (2022). Upaya Penguatan Nilai Kearifan Lokal Desa Wisata Nglanggeran Gunung Kidul Secara Berkelanjutan. Kepariwisataan: Jurnal Ilmiah, 16(2), 81–91.
Maharani, Putri Diah. (2022). Analisis Pengaruh Variabel Ekonomi Makro Dan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Nasution, Fauziah. (2022). Sejarah Kebangkitan Lembaga Pendidikan Islam Nonformal: Majelis Taklim Di Kota Padangsidimpuan (1901-2020). Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
Nasution, Sukma Septian, Kusumoriny, Laksmy Ady, & Sitepu, Setiana Sri Wahyuni. (n.d.). English For Tourism Untuk Pedagang Di Kawasan Pantai Bandulu Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Jual Beli. Journal of Community Research and Service, 6(2), 163–171.
Nurasih, Enung. (2021). Analisis Perkembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Sebelum Dan Sesudah Memperoleh Pembiayaan Murabahah Dari BMT NU Sejahtera Jatibarang. IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Putri, Dewa Ayu Putu Adhiya Garini. (2022). Green Tourism Sebagai Kunci pariwisata berkelanjutan. pariwisata nusantara, 49.
Ririn, Amelia Putri. (2022). implementasi pembelajaran pendidikan agama islam berwawasan multikultural melalui penanaman sikap pluralis pada masa pandemi covid-19 (study di sman 3 bandarlampung. uin raden intan lampung.
Sahabudin, Arfah. (2021). Local Culinary Entrepreneurship As The Development Of Regional Gastronomy And Urban Tourism. Jurnal Khazanah Intelektual, 5(3), 1229–1250.
Sugiyanto, Sugiyanto, Holiawati, Holiawati, Ruhiyat, Endang, Marjohan, Masno, & Waryanto, Hendro. (2021). Manajemen Persediaan Dalam Meningkatkan Laba Dimasa Pademi Covid-19 Studi Empiris Pada Ukm Dibawah Naungan Disperindag Dan Koperasi Kabupaten Purwakarta. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 262–272.
Syafarini, Faqih Noor. (2021). Perancangan Art Centre di Pangkalpinang Sebagai Upaya Meningkatkan Kebudayaan Bangka Belitung.
Published
2023-03-11