Analisis Logo Anarkis Melalui Pendekatan Semiotika Roland Barthes

  • Eliana Frisca Universitas Tarumanagara, Indonesia
Keywords: anarkis, logo, semiotika

Abstract

Anarkis secara umum dikenal sebagai istilah yang menunjukkan orang atau ekspresi desktruktif, chaos, dan huru-hara. Tetapi sebenarnya, anarkis sebagai ideologi, anarkisme, ialah sebuah teori politik atau ideologi yang bertujuan menciptakan suatu masyarakat tanpa lembaga yang menguasai mereka. Anarkisme lahir sebagai alternatif dalam melawan penindasan kelas penguasa kepada yang dikuasai. Logo anarkis dengan logo “A†dengan lingkaran hitam melekat menjadi simbol dari ideologi ini. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui arti logo anarkis melalui pendekatan semiotika. Metode penelitian yang difungsikan ialah deskriptif kualitatif dengan objek penelitian ialah logo anarkis. Analisis yang difungsikan dalam mengungkapkan arti logo anarkis menggunakan analisis semiotika Roland Barthes. Analisis melalui pendekatan semiotika Roland Barthes membagi dua tataran arti yakni pertama denotatif dan kedua konotatif serta mitos. Hasil penelitian menunjukkan bahwa logo anarkis menunjukkan arti denotatif yang mengungkapkan informasi fundamental dari logo tersebut kepada masyarakat luas. Pada peartian konotatif logo anarkisme menunjukkan arti tentang perlawanan, kekerasan, huru-hara, dan kerusuhan. Terakhir, pada tataran mitos logo anarkis memunculkan mitos akan pemberontakan, teror, aktivitas subversif, serta barbarisme.anarkis

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

al-Rasyid, Hamzah Harun. (2021). Radikalisme Berbasis Agama.
Anwar, Ludy Putra, & Wulandari, Happy. (2022). Analisis Semiotika Tentang Representasi Disfungsi Keluarga Dalam Film Boyhood. journal of discourse and media research, 1(1), 60–78.
Effendi, Muhammad Ridwan, Kahmad, Dadang, Solihin, Muhtar, & Wibisono, M.Yusuf. (2021). Relasi agama dan masyarakat: studi tentang interaksi masyarakat bandung barat dan jamaah tabligh. Hayula: indonesian journal of multidisciplinary islamic studies, 5(1), 1–24.
Hermawan, Deni, Habibi, Fikri, Hazbullah, M.Najmudin, & Hidayatullah, Muhamad Sopian. (2021). Kado guru: Dinamika Pendidikan Dalam Konteks. Penerbit nem.
Kussanti, Devy Putri. (2022a). Representasi inai pada tangan calon mempelai wanita dalam pernikahan adat. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(3), 1367–1378.
Kussanti, Devy Putri. (2022b). The Representation Of Henna In The Hands Of The Prospective Bride In Traditional Wedding. Jurnal multidisiplin madani (mudima), 2(3), 1367–1378.
Muharrama, Hawa. (n.d.). Analisis semiotik sosial pemberitaan persekusi terhadap neno warisman pada program dua sisi tv one. fakultas dakwah dan ilmu komunikasi universitas islam negeri syarif ….
Mujahidah, Fikriyatul Islami. (n.d.). Problematika Perempuan Karier Dalam Film Hanum Dan Rangga: faith and the city analisis semiotika roland barthes. kalijaga journal of communication, 3(2), 121–140.
Pinandoyo, M.Rido Wono. (2021). simbol dan arti dalam ritual cembengan (cing bing) pabrik gula madukismo.
Putra, M.Shandika. (2021). partisipasi politik terhadap isu-isu kontemporer (studi kasus mahasiswa di kota palembang). fakultas ilmu sosial dan ilmu politik.
Putri, eufrasia aurora sandra, & kartika, ajeng dianing. (2022). representasi cantik dalam iklan produk nivea di jerman dan di indonesia. identitaet, 11(2), 124–135.
Rahman, M.Taufiq, Haryanti, Erni, & Ziaulhaq, Mochamad. (2021). moderasi beragama penyuluh perempuan: konsep dan implementasi. prodi s2 studi agama-agama uin sunan gunung djati bandung.
reyhan, Muhammad. (2021). mekanisme pembubaran ormas hti ditinjau dari undang undang nomor 16 tahun 2017 tentang kelompok kemasyarakatan dan tinjauan perspektif siyasah dusturiah. universitas islam negeri sumatera utara.
Situmorang, Jonar. (2021). kamus alkitab dan theologi: memahami istilah-istilah sulit dalam alkitab dan gereja. pbmr andi.
Tamara, Nasir. (2021). Bab 13 demokrasi ialah kebebasan dan keadilan. Demokrasi Di Era Digital, 13.
Yulianto, Arif, Prastowo, Heru, & Lukitasari, Evelyne Henny. (2022). Perancangan Logo “Rumah Makan Sate Sapi Suruh dan Bakso Salatiga” dan Media Promosinya. Jurnal Asosiatif, 1(2), 55–65.
Published
2023-03-13