Identifikasi Public Relation dan Humas Hotel Selyca Mulia Samarinda di Masa Pandemi

  • Saraswati Sarangan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Mulawarman, Indonesia
  • Kezia Arum Sary Identifikasi Public Relation dan Humas Hotel Selyca Mulia Samarinda di Masa Pandemi
Keywords: Identifikasi, Public Relation, Humas

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengidentifikasi public relation dan humas Hotel Selyca Mulia Samarinda di Masa Pandemi. Fokus penelitian terdiri dari: Segmentasi, targetting (menentukan target), dan positioning (memposisikan produk). Key informan antara lain yaitu Public Relation Hotel Selyca Mulia Samarinda. Teknik analisis data yang digunakan adalah komponen analisis data model interaktif yang dikemukakan oleh Miles, Huberman dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, identifikasi Public Relation dan Humas Hotel Selyca Mulia Samarinda di Masa Pandemi, dari Segmentasi pengunjung hotel kebanyakan berasal dari kota Samarinda, sedangkan pengunjung yang berasal dari kota lain karena berkepentingan urusan pemerintahan, dan pengunjung dari luar Kalimantan maupun dari luar negeri, serta domestic bagi wisatawan. Pengunjung Hotel Selyca ber usia 20 tahun ke atas yang memiliki KTP. Status pengunjung hotel Selyca rata-rata dari pemerintahan, pada kegiatan event, seminar, meeting, pelatihan IT, family weekend, dan lain-lain. Targetting di kota Samarinda karena sebagai pusat pemerintahan, jadi yang utama hanya sebagai pusat goverment. Hotel Selyca menggunakan analisis SWAT dan menentukan sasaran target marketing seperti meeting dan family weekend. Target khusus hotel Selyca ada disetiap tahun membuat budget plan untuk tahun berikutnya. Kerjasama yang mencari vendor-vendor, misalnya seperi EO, Decoration, MC, fotograpi, dan lainnya. Positioning hotel Selyca Mulia selalu mencari keuntungan melebihi target. Apabila memperoleh keuntungan dibawah target, maka akan di adakan evaluasi. Hotel Selyca terus mengusahakan pendapatan over dari budget. Hotel Selyca Mulia melakukan kerja sama dengan platform yang besar seperti traveloka, tiket.com, kerja sama yang saling menguntungkan. Promosi dilakukan melalui Insta story, story WhatsApp, dan WhatsApp Blast akan dilihat oleh pengungjung yang pernah menginap di Hotel Selyca.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cangara, Hafied. 2013. Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Effendy, Onong Uchyana. 2014. Ilmu Komunikasi: Teori dan Prakteknya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip., dan Keller, Kevin L. 2013. Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua, Jakarta: Erlangga.

Kennedy, Jhon E. R. & Soemanagara 2012. Marketing Communication. Jakarta: PT. Buana Ilmu Populer.

Morissan, A. M. 2010. Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana.

Prisgunanto, Ilham. 2014. Komunikasi Pemasaran Era Digital. Jakarta: Prisani Cendekia.

Sutisna. 2012. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT. Remadja Rosdakarya.

Rahima, Intan Nuur. 2020. Strategi Public Relations El Hotel Royale Yogyakarta Malioboro Dalam Membangun Citra Aman Saat Menghadapi Covid-19.

Wela, Maria Rosalia Delvina. 2021. Analisis Pemanfaatan Cyber Public Relation Aveta Hotel Malioboro dalam Upaya Mempertahankan Citra Selama Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2021. Jurnal Komunikasi Nusantara.

Wistari, Komang. 2021. Peran Public Relation Dalam Meningkatkan Hunian Hotel Kawasan Nusa Dua di Masa Pandemi. Jurnal Komunikasi Nusantara, Volume 1, Nomor 1.
Published
2023-03-13