Pengembangan Model Alat Evaluasi Menggunakan Aplikasi Quizizz Pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Panunggangan 5

  • Tahta Reskyono Universitas Terbuka, Indonesia
  • Sholeh Hidayat Universitas Terbuka, Indonesia1
  • Maman Rumanta Universitas Terbuka, Indonesia
Keywords: Pendidikan, Alat Evaluasi, IPA, Quizizz, Teknologi

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menggambarkan cara yang paling umum dalam menggunakan model perangkat aplikasi quizizz, menganalisis tingkat validitas dan kepraktisan model perangkat evaluasi menggunakan aplikasi quizizz dalam pembelajaran IPA kelas IV SD Negeri Panunggangan 5. Tahapan pengambilan data dengan melakukan penelitian pendahuluan, pengembangan produk awal, n validasi produk, uji coba, dan membuat produk akhir. Jenis data dalam penelitian ini dikelompokkan menjadi data kuantitatif dan data kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa wawancara dan observasi. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan angket. Berdasarkan dari hasil penelitian produk pada model alat evaluasi ini telah melewati tahap validasi dari ahli materi, ahli media, ahli pembelajaran, serta didukung oleh tanggapan siswa. Tahap validasi atau persetujuan yang diujikan pada ahli materi dan ahli media menunjukkan bahwa produk model alat evaluasi ini dinyatakan sangat valid. Hasil yang diperoleh dari ahli materi adalah 97,1% dan hasil dari ahli media adalah 94%. Selain dinyatakan sangat valid oleh para ahli, produk dari model alat evaluasi ini dinyatakan sangat praktis yang sudah didukung dari guru kelas IV dan siswa dengan perolehan 96,6% dan 93,43%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, M. (2018). Peran Laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Dalam Pembelajaran IPA Madrasah Ibtidaiyah (MI)/Sekolah Dasar (SD). AT-TA’DIB: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 1–10.
Aini, Y. I. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran quizizz untuk pembelajaran jenjang pendidikan dasar dan menengah di Bengkulu. Kependidikan, 2(25).
Astuti, Y. (2021). ANALYSIS OF STUDENTS’LEARNING INTEREST ON PHYSICS LESSON AT SENIOR HIGH SCHOOL 6 MUARO JAMBI. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 52–55.
Maulia, Y. A. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Dengan Aplikasi Quizizz. Dharma Pendidikan, 16(1), 80–88.
Mulatsih, B. (2020). Penerapan aplikasi Google Classroom, Google Form, dan Quizizz dalam pembelajaran kimia di masa pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 16–26.
Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran matematika melalui media game quizizz untuk meningkatkan hasil belajar matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73.
Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan aplikasi quizizz sebagai media pembelajaran ditengah pandemi pada siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi| JIITUJ|, 4(2), 163–173.
Wardhani, T. Z. Y., & Krisnani, H. (2020). Optimalisasi peran pengawasan orang tua dalam pelaksanaan sekolah online di masa pandemi Covid-19. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 48.
Yuristia, A. (2018). Pendidikan sebagai transformasi kebudayaan. IJTIMAIYAH Jurnal Ilmu Sosial Dan Budaya, 2(1), 1–13.
Zhao, F. (2019). Using Quizizz to integrate fun multiplayer activity in the accounting classroom. International Journal of Higher Education, 8(1), 37–43.
Published
2023-03-18