Pengaruh Brand Awareness, Brand Association, Brand Engagement Terhadap Brand Loyalty dan Repurchase Intention Melalui Konten Akun Instagram Official Wafer Tango

  • Gregorius Rivaldo Universitas Bina Nusantara, Indonesia
  • Amia Luthfia Universitas Bina Nusantara, Indonesia
  • Arisa Maharani Melati Dewi Universitas Bina Nusantara, Indonesia
  • Hidayat Hidayat Universitas Bina Nusantara, Indonesia
  • Lia Octavia Universitas Bina Nusantara, Indonesia
  • Muhammad Aras Universitas Bina Nusantara, Indonesia
Keywords: brand awareness, brand association, brand engagement, brand loyalty, repurchase intention

Abstract

Dengan perkembangan media sosial saat ini, Instagram menjadi salah satu media sosial yang paling banyak digunakan. Dengan pertumbuhan pengguna Instagram, fitur pembuatan kontennya memberikan peluang bagi banyak produsen dan perusahaan untuk memasarkan produk mereka. Salah satu perusahaan yang membangun brand mereka melalui Instagram adalah Wafer Tango. Wafer Tango menggunakan Instagram untuk membangun konten pemasaran mereka serta mempromosikan item baru yang dikembangkan. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah niat pelanggan untuk membeli kembali Wafer Tango ditimbulkan oleh loyalitas merek mereka yang dipengaruhi oleh kesadaran merek, asosiasi merek dan kualitas produk melalui konten Instagram. Model teoritis yang disajikan dalam penelitian ini meliputi 4 hipotesis dan akan diuji menggunakan Structural Equation Model. Sampel dalam penelitian ini adalah 398 responden yang merupakan pengguna Instagram dan memiliki akun di Instagram serta mengikuti akun Instagram resmi Wafer Tango. Kuesioner dirancang untuk mengumpulkan informasi dari calon pembeli pisau cukur Gillette Mach 3 Turbo berdasarkan iklan YouTube. Hasil analisis menunjukkan bahwa kesadaran merek dan keterlibatan merek berpengaruh positif terhadap niat beli ulang melalui loyalitas merek, sedangkan asosiasi merek tidak berpengaruh terhadap niat beli ulang melalui loyalitas merek. Kesimpulan dari penelitian ini adalah konten Instagram Wafer Tango memberikan loyalitas yang tinggi kepada followers Instagramnya yang akan selalu membeli produk Wafer Tango.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aldhama, Muhammad Daffa. (2022). Pengaruh Brand Experience, Brand Commitment, Brand Trust, Dan Brand Image Terhadap Brand Loyalty Pada Pengguna Smartphone Samsung Di Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Bilgili, Bilsen, & Ozkul, Emrah. (2015). Brand awareness, brand personality, brand loyalty and consumer satisfaction relations in brand positioning strategies (A Torku brand sample). Journal of Global Strategic Management| Volume, 9(2), 10–20460.

Bilgin, Yusuf. (2018). The effect of social media marketing activities on brand awareness, brand image and brand loyalty. Business & Management Studies: An International Journal, 6(1), 128–148. https://doi.org/10.15295/bmij.v6i1.229

Birks, David F., & Malhotra, Naresh K. (2012). Marketing Research: an applied approach. Pearson Education UK England.

Farrell, Andrew M., & Rudd, John M. (2009). Factor analysis and discriminant validity: A brief review of some practical issues. Anzmac.

Filieri, Raffaele, Chen, Wenshin, & Lal Dey, Bidit. (2017). The importance of enhancing, maintaining and saving face in smartphone repurchase intentions of Chinese early adopters: an exploratory study. Information Technology & People, 30(3), 629–652. https://doi.org/10.1108/ITP-09-2015-0230

Gunawan, Imam. (2022). Metode Penelitian Kualitatif: teori dan praktik. Bumi Aksara.

Hair Jr, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2010). Multivariate Data Analysis: A Global Perspective, Prentice Hall and Pearson, Upper Saddle River, NJ.

Kenton, Will. (2020). Why Fast-Moving Consumer Goods Matter. Investopedia, Https://Www. Investopedia. Com/Terms/f/Fastmoving-Consumer-Goods-Fmcg. Asp.

Kumar, Jitender, & Nayak, Jogendra Kumar. (2019). Brand engagement without brand ownership: a case of non-brand owner community members. Journal of Product & Brand Management.

Kumar, Vita, Aksoy, Lerzan, Donkers, Bas, Venkatesan, Rajkumar, Wiesel, Thorsten, & Tillmanns, Sebastian. (2010). Undervalued or overvalued customers: Capturing total customer engagement value. Journal of Service Research, 13(3), 297–310.

Lester, David. (2013). Measuring Maslow’s hierarchy of needs. Psychological Reports, 113(1), 15–17.

Littlejohn, Stephen W., & Foss, Karen A. (2010). Theories of human communication. Waveland press.

Malhotra, Manoj K., & Grover, Varun. (1998). An assessment of survey research in POM: from constructs to theory. Journal of Operations Management, 16(4), 407–425. https://doi.org/10.1016/S0272-6963(98)00021-7

Maslow, Abraham Harold. (1943). A theory of human motivation. Psychological Review, 50(4), 370.

Pee, Loo Geok, Jiang, James, & Klein, Gary. (2018). Signaling effect of website usability on repurchase intention. International Journal of Information Management, 39, 228–241. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2017.12.010

Setiawaty, Melisa. (2015). Penggunaan Maudy Koesnaedi Sebagai Celebrity Endorser Dalam Iklan Televisi L’oreal Fall Repair 3x Terhadap Brand Image L’oreal Di Surabaya. Jurnal E-Komunikasi, 3(1).

Sinha, Somesh Kumar, & Verma, Priyanka. (2020). Impact of sales promotion’s benefits on perceived value: does product category moderate the results? Journal of Retailing and Consumer Services, 52, 101887.

Soetanto, Jeffrey. (2017). Pengaruh kepercayaan, kemudahan, kualitas informasi dan persepsi resiko terhadap keputusan pembelian melalui Situs Jejaring Sosial di Semarang. Unika Soegijapranata Semarang.

Subkoviak, Michael J. (1976). Estimating reliability from a single administration of a criterion-referenced test. Journal of Educational Measurement, 265–276.

Van Dierendonck, Dirk, & Nuijten, Inge. (2011). The servant leadership survey: Development and validation of a multidimensional measure. Journal of Business and Psychology, 26, 249–267. https://doi.org/10.1007/s10869-010-9194-1

Yoo, Jungmin. (2020). The effects of perceived quality of augmented reality in mobile commerce—An application of the information systems success model. Informatics, 7(2), 14. MDPI.

Published
2023-03-14