Pengaruh Lingkungan Kerja dan Kompensasi Terhadap Produktivitas Kerja Garin Masjid Kecamatan Kuranji Kota Padang

  • Nora Zulvianti Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Negeri
  • Fitri Yeni Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Negeri
  • Zulbadri Zulbadri Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Negeri
Keywords: Lingkungan Kerja, Kompensasi, Produktivitas Kerja

Abstract

Skripsi ini berjudul  “Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Kompensasi Terhadap Produktivitas Kerja Garin Masjid Kecamatan Kuranji Kota Padangâ€, ditulis oleh Fitri Yeni, 1812030062, jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

Masjid merupakan aspek fundamental yang wajib ada di tengah-tengah masyarakat, sebagai negara yang memiliki penduduk mayoritas Islam, maka pengelolaan masjid menjadi hal yang harus diperhatikan. Untuk terciptanya masjid yang bisa memberikan kenyamanan dan keamanan dalam beribadah maka dari itu produktivitas kerja garin perlu diperhatikan dari berbagai faktor yang dapat mempengaruhi produktivitas kerja garin, diperlukan adanya peningkatan kompensasi yang layak dan menciptakan lingkungan kerja yang kondusif agar produktivitas kerja garin meningkat sehingga dirasakan fungsi masjid yang sesungguhnya, yaitu sebagai tempat ibadah yang dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada para jamaah.

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris bagaimana pengaruh lingkungan kerja dan kompensasi terhadap produktivitas kerja garin masjid Kecamatan Kuranji Kota Padang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu total sampel. Total sampling adalah teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi relative kecil, kurang dari 30 orang atau penelitian yang membuat generalisasi dengan kesalahan yang sangat kecil. Karena populasinya hanya 109 orang, maka 109 orang menjadi sampel pada penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang berupa angket. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif, pengujian hipotesa dan analisisnya.

Hasil penelitian diolah dengan bantuan aplikasi SPSS versi 22 for windows yang menunjukkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh signifikan antara lingkungan kerja terhadap produktivitas kerja. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai thitung untuk lingkungan kerja sebesar 2,761 sedangkan nilai ttabel sebesar 1,981. Maka dapat diketahui thitung 2,761 > ttabel 1,981 dengan nilai signifikan 0.007 < 0.05. Secara parsial tidak terdapat pengaruh signifikan antara kompensasi terhadap produktivitas kerja. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung untuk kompensasi sebesar 0,993 sedangkan nilai ttabel sebesar 1,981. Maka dapat diketahui thitung 0,993 < ttabel 1.981 dengan nilai signifikan 0,323 > 0.05. Secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan kerja dan kompensasi terhadap produktivitas kerja. Hal ini dibuktikan dengan hasil regresi nilai Fhitung  yang diperoleh  sebesar 5.414 sedangkan Ftabel  sebesar 3,08 maka dapat diketahui nilai Fhitung 5,414 > Ftabel 3.08 dengan tingkat signifikan sebesar 0,006 < 0,05.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alhabsji Baharuddin & Utami, Pengaruh Pelatihan, Kompensasi dan Disiplin Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan, 2013.

Andrias, Data Masjid Kecamatan Kuranji Kota Padang,https://www.hantaran.co/data-masjid-di-kecamatan-kuranji-kota-padang/amp/, diakses pada 19 april 2022 pukul 21:27.

Al-Qur’anul Karim, Departemen Agama R.I. Al-Qur’an dan Terjemahan, Jakarta, 1997.

Arikanto Suharsimi, Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta, 2016.
BPS, Kecamatan Kuranji Dalam Angka 2013, Padang: BPS, 2014.
Bungin Burhan, Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi Ekonomi dan Kebijakan Publik Serta Ilmu Sosial Lainnya, Jakarta: Kencana, 2009.

Busro Muhammad, Teori-Toeri Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Prenada Media Group, 2018.

Harahap Syafri Sofyan, Manajemen Masjid, Jogyakarta: Bhakti Prima Rasa, 1996.

Hikmawati Fenti, Metodologi Penelitian, Depok: Rajawali Pers, 2017.

Muhtarom Iqbal, Guru Ngaji Dan Marbot Masjid DKI Bakal Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan, 2022, https://metro.tempo.co/read/1595322/guru-ngaji-dan-marbot-masjid-dki-bakal-jadi-peserta-bpjs-ketenagakerjaan, diakses pada 10 Juni 2022 pukul 10:18.

Kantor Kelurahan Kuranji, Isian Data Monografi Kelurahan Kuranji, Padang: BPS, 2015.

Kasmir, Manajemen Sumber Daya Manusia Teori Dan Praktik Jakarta: Rajawali Pers, 2016.

Khairani Sofyan Diana, “Pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai BAPPEDA”, Skripsi Sarjana Ekonomi, (Bandung: 2003).

Kurniawan Robert, Yuniarto Budi, Analisis Regresi Dasar dan Penerapannya dengan R, Jakarta: Kencana, 2016.

Langgam id, Kecamatan Kuranji Kota Padang,https://langgam.id/kecamatan-kuranji-kota-padang/ diakses pada 2 Juli 2022 pukul 04:30.

Mangkunegara Anwar Prabu, Evaluasi Kinerja, Bandung: Refika Aditama, 2014.

Mujanah Siti, Manajemen Kompensasi, Surabaya: CV Putra Media Nusantara, 2019.

Nisrina Haniah, Uji Normalitas Dengan Metode Liliefors,http://nisrinahaniah.blogspot.com , diakses pada 29 April 2022 pukul 16:00.

Nitiseminto Alex S, manajemen personalia, Jakarta: ghalia indonesia. 2002.

Nurjaman Kadar, Manajemen Personalia, Bandung: Pustaka Setia, 2012.

Sa’id bin Ali bin Wahf Al-Qahthani, Adab Dan Keutamaan Menuju Dan Di Masjid. Terj. Muhlisin Ibnu Abdurrahim, Bandung: Irsyad Baitus Salam, 2003.

Santoso Singgih, Statistika Multivariat, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2010.

Santoso Singgih, Statistika Multivariat, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2010.
Sedarmayanti, Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi Dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil, Bandung: PT Refika Aditama, 2011.

Sedarmayanti, Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja, Jakarta: Mandar Maju, 2014.

Siagian P Sondang, Kiat meningkatkan produktivitas kerja, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2002.

Sinambela Lijan Poltak, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara, 2018.

Sugiyarti Gita. Pengaruh Lingkungan Kerja, Budaya Organisasi, Dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Untuk Meningkatkan Kinerja Pegawai, jurnal ilmiah UNTAG Semarang, Vol 1, (Desember, 2012).

Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis, Bandung: Alfabeta, 2009.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitaf Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2010.

Sutrisno Edy, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Kencana, 2011.

Suyanto Bagong & Sutinah, Metode Penelitian Sosial, Jakarta: Kencana, 2011.

Wibowo, Manajemen kinerja, Jakarta: Rajawali Pers, 2015.

Yuniarsih Tjutju dkk, Manajemen Sumber Daya Manusia: Teori, Aplikasi dan Isu Penelitian, Bandung: ALFABETA, 2009.

Yusuf Muhammad, Daris Lukman, Analisis Data Penelitian Teori dan Aplikasi dalam Bidang Perikanan, Bogor: PT Penerbit IPB Press, 2018.
Published
2023-03-27