Perancangan Sistem Smart UKM untuk Proses Bisnis Akuntansi Berbasis Enterprise Resource Planning (ERP) Menggunakan Metode Accelerated Sap (Asap)

  • Devi Novitasari Fakultas Rekayasa Industri Universitas Telkom
  • R. Wahjoe Witjaksono Fakultas Rekayasa Industri Universitas Telkom
  • Muhardi Saputra Fakultas Rekayasa Industri Universitas Telkom
Keywords: Smart UKM, Metode ASAP, ERP Open Source, Akuntansi

Abstract

Pesatnya perkembangan UKM di Indonesia khususnya di era teknologi saat ini akan memengaruhi daya saing UKM. Hal ini dapat menjadi salah satu faktor dari kegagalan yang dihadapi oleh beberapa UKM. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas dan daya saing usaha kecil adalah dengan mengembangkan sistem yang dapat dijadikan standar untuk meningkatkan kinerja proses bisnis sehari-hari. Beberapa UKM di Indonesia belum memiliki sistem yang dapat digunakan sebagai standar untuk mendukung proses bisnis sehari-hari, terutama pada proses pencatatan transaksi dan pelaporan keuangan bagi UKM. Pencatatan transaksi dan pembuatan laporan keuangan yang dibuat secara terpisah dan tidak terintegrasi ke dalam proses yang sedang berlangsung meningkatkan kesalahan komputasi dalam laporan yang dibuat dan digunakan untuk mengelola biaya yang diterima atau dikeluarkan. Hal ini mempengaruhi strategi penjualan, pengendalian biaya, dan pengambilan keputusan dalam perencanaan sumber daya.

Solusi untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh UKM adalah dengan melakukan perancangan sistem ERP yang berbasis Open Source menggunakan metodologi Accelerated SAP (ASAP), yaitu Smart UKM dengan tujuan untuk menciptakan best practice pada sistem yang terintegrasi khususnya dalam melakukan pencatatan transaksi keuangan pada proses penjualan (sales), pembelian (purchase) dan produksi agar laporan keuangan dapat dibuat secara otomatis dan bersifat real-time.

Hasil dari penelitian ini adalah sebuah rancangan model sistem Smart UKM berbasis sistem ERP yang menerapkan modul akuntansi pada aplikasi Dolibarr dan menggunakan metode ASAP. Hal ini diharapkan dapat meminimalisir terjadinya masalah-masalah yang dialami oleh UKM pada sistem pengelolaan keuangannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariansa, N. (2022). Perancangan Sistem Informasi Absensi Berbasis Web Studi Kasus Smp Negeri 1 Kalijati. Universitas Subang.

Arifqi, M. M., & Junaedi, D. (2021). Pemulihan Perekonomian Indonesia Melalui Digitalisasi Umkm Berbasis Syariah Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 3(2), 192–205.

Dellarosawati, M. (2019). Riset Teknologi Finansial Untuk Umkm Dalam Menunjang Laporan Keuangan. Methosika: Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Methodist, 3(1), 33–38.

Fadlila, R. M., Hediyanto, U. Y. K. S., & Saputra, M. (2020). Perancangan Sistem Automatic Reporting Untuk Proses Akuntansi Pada Smart Ukm Dengan Menggunakan Open Erp Dan Metode Service Oriented Architecture. Eproceedings Of Engineering, 7(2).

Johnson, D., & By Deloitte, B. (2015). Reimagining L&D Capabilities To Drive Continuous Learning. Deloitte Development Llc.

Masriansyah, L. (2020). Go Digitial And Customer Relationship Marketing Sebagai Strategi Pemulihan Bisnis Umkm Yang Efektif Dan Efisien Di Masa Adaptasi New Normal. Equator Journal Of Management And Entrepreneurship, 8(4), 126–140.

Mawardi, D., Anwar, S., & Nirmala, A. A. (2023). Presuposisi Dalam Wacana Iklan Telepon Genggam Di Aplikasi Shopee Pada Bulan Februari 2022 Dan Implikasi Pembelajaran Di Sma. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 647–653.

Purba, R. A., Romindo, R., Arfiany, A., Fajrillah, F., Rahmelina, L., Wardhani, A. K., Kesuma, R. I., Putro, G. S., Widarman, A., & Jufri, M. (2022). Konsep Dasar Sistem Informasi Dalam Dunia Usaha. Yayasan Kita Menulis.

Purwanti, E. (2013). Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha, Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan Umkm Di Desa Dayaan Dan Kalilondo Salatiga. Among Makarti, 5(1).

Putri, A. Z. (N.D.). Perencanaan Program Implementasi Erp Di Pt. Perkebunan Nusantara Xi: Risk Management.

Rizal, M., Maulina, E., & Kostini, N. (2018). Fintech Sebagai Salah Satu Solusi Pembiayaan Bagi Umkm. Adbispreneur: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(2), 89–100.

Sari, R., Sayadi, M. H., & Hildayanti, S. K. (2020). Pelatihan Dalam Menghadapi Tantangan Usaha Kecil Di Era Digital Pada Pelaku Usaha Kecil Di Kenten Palembang. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 3(2), 87–92.

Savana, A. D., Hediyanto, U. Y. K. S., & Saputra, M. (2020). Perancangan Sistem Erp Purchasing Tender Management Pada Smart Ukm Dengan Metode Service Oriented Architecture. Eproceedings Of Engineering, 7(2).

Shahreza, M. (N.D.). Strategi Komunikasi Lingkungan Yang Mendukung Keberlanjutan Komunitas Pengelolaan Sampah.

Slamet, R., Nainggolan, B., Roessobiyatno, R., Ramdani, H., & Hendriyanto, A. (2016). Strategi Pengembangan Ukm Digital Dalam Menghadapi Era Pasar Bebas. Jurnal Manajemen Indonesia, 16(2), 136–147.

Sudirman, A., Muttaqin, M., Purba, R. A., Wirapraja, A., Abdillah, L. A., Fajrillah, F., Arifah, F. N., Julyanthry, J., Watrianthos, R., & Simarmata, J. (2020). Sistem Informasi Manajemen. Yayasan Kita Menulis.

Widyaningdyah, A. U. (2019). Implementasi Enterprise Resource Planning Dan Proses Akuntansi: Studi Eksploratori Pada Perusahaan Manufaktur Skala Besar. Journal Of Business And Information Systems (E-Issn: 2685-2543), 1(2), 89–102.

Published
2023-03-14