Membangun Daya Saing Para Pelaku UMKM di Kabupaten Bogor

  • Hasan Haikal Tholib Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta
  • Slamet Ahmadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta
  • Ahmad Marzuki Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta
Keywords: Kompetensi, Insentif, Etos kerja, Daya saing

Abstract

Tujuan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dan strategi dalam perekonomian nasional, hal ini terbukti antara lain: (1) UMKM merupakan pemain utama kegiatan ekonomi Indonesia, (2) memberi kontribusi yang cukup bedsar terhadap Produk Domestik Bruto (PDP) Indonesia, (3) memberi kontribusi terhadap peningkatan ekspor non migas, dan (4) memberi kontribusi terbesar dalam penyerapan tenaga kerja. Di samping memiliki peran penting dalam perekonomian, UMKM juga terbukti Tangguh saat terjadi krisis ekonomi 1998, karena hanya sector UMKM yang bertahan dari kolapnya ekonomi, sementara sektor yang lebih besar justru tumbang oleh krisis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan metode angket kuesioner dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 50 orang, menggunakan metodelogi analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji jalur path serta hipotesis dengan alat bantu SPSS versi 23. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ketujuh hipotesis yang diajukan diterima, sebagai berikut: 1. Kompetensi berpengaruh signifikan terhadap daya saing, 2. Insentif berpengaruh signifikan terhadap daya saing, 3. Etos kerja berpengaruh terhadap daya saing, 4. Kompetensi berpengaruh terhadap etos kerja, 5. Insentif berpengaruh terhadap etos kerja, 6. Kompetensi melalui etos kerja berpengaruh signifikan terhadap daya saing, 7. Insentif melalui etos kerja berpengaruh positif terhadap daya saing. Dari hasil penelitian ini ada beberapa hal yang dapat disarankan dalam rangka meningkatkan daya saing, berupa pelatihan secara kontinyu, mudahnya pelaku umkm dalam mendapatkan insentif serta guna mendonkrak daya saing umkm.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi, N. N. S., Oka, D. N., & Wati, N. M. S. (2021). Dampak positif dan negatif pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 43–48.

Adtria, K. V., Kamid, K., & Rarasati, N. (2021). Analisis Sensitivitas Dalam Optimalisasi Jumlah Produksi Makaroni Iko Menggunakan Linear Programming. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 174–182.

Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik.

Asmara, A. Y., & Rahayu, S. (2013). Meningkatkan daya saing industri kecil menengah melalui inovasi dan pemanfaatan jaringan sosial: pembelajaran dari klaster industri software di India. Sustainable Competitive Advantage (SCA), 3(1).

Azman, M., Andrianus, H. F., & Rustandi, I. D. (2021). Model Pemberdayaan Umkm Dengan Pendekatan Kolaborasi ABGC Sebagai Strategi Keluar Dari Middle Income Trap. Inspire Journal: Economics and Development Analysis, 1(1), 47–60.

Dumbu, E., & Chadamoyo, P. (2012). Managerial deficiencies in the Small and Medium Enterprises (SMEs) in the craft industry: An empirical evidence of SMEs at Great Zimbabwe in Chief Mugabe’s area. European Journal of Business and Management, 4(10), 79–85.

Ghozali. (2008). Structural Equation Modeling, Metode Alternatif dengan Partial Least Square.

Ghozali, I. (2017a). Model persamaan struktural konsep dan aplikasi dengan program AMOS 24. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2017b). Pendekatan Scientific Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.33650/pjp.v4i1.5

Ghozali, I., & Ratmono, D. (2014). Analisis Multivariate dan Ekonometrika Teori, Konsep, dan Aplikasi dengan Eviews 10 (Edisi 2). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kadeni, N. S. (2020). Peran UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Equilibrium: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 8(2), 191–200.

Khair, O. I., Widiatmoko, C., & Simarmata, R. P. (2022). Analisis UU Cipta Kerja dan Kemudahan Berusaha Bagi UMKM. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(2), 897–912. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i2.6206

Noor Wahid, K. (2017). Pelayanan Kesehatan Di Rsud Tamiang Layang Kabupaten Barito Timur Provinsi Kalimantan Tengah (Sebuah Studi Penelitian Deskriptif–Kualitatif Di Rsud Tamiang Layang, Kabupaten Barito Timur, Provinsi Kalimantan Tengah).

Rusmana, R., Suhendra, I., Anwar, C. J., Utami, M. M., Machfuzhoh, A., Darmawan, D., Faradisa, V. D., & Khoirudin, A. (2021). Pembinaan Pendampingan Ekonomi di Wilayah Pasca Bencana Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten.

Sanjaya, H. (2016). Ghozali, I.(2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23 (VIII). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Sari, V. N., & Ali, H. (2019). Perumusan Strategi Bagi Universitas Putra Indonesia Yptk Padang Untuk Meraih Keunggulan Bersaing. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 1(1), 7–16.

Sekaran, U. (2011). Metodologi Penelitian untuk Bisnis, Edisi 4, Buku 1, Jakarta: Salemba Empat. Hal.

Siregar, G., Sibuea, M. B., & Novita, D. (2018). Model Pengembangan Komoditas Dan Jenis Usaha Unggulan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm). Kumpulan Penelitian Dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Sofyan, A. (2021). Partisipasi Masyarakat Dalam Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Desa Sukamulya Kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor Tahun 2019. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 8(1), 1–14.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. 46–57.

Sugiyono, S. (2018). Metode Penelitian Kualitatif untuk Penelitian yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif dan Konstruktif. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono, S., & Agani, N. (2016). Model peta digital rawan sambaran petir dengan menggunakan metode SAW (simple additive weighting): studi kasus Propinsi Lampung. Telematika Mkom, 4(1), 90–96.

Sunarjanto, N. A., Roida, H. Y., & Widyaningdyah, A. U. (2016). Prediksi Kegagalan Usaha Kecil dan Menengah (UKM): Sebuah Perspektif Keuangan.

Tampi, N. H. R. (2015). Analisis Strategi Diferensiasi Produk, Diferensiasi Layanan Dan Diferensiasi Citra Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Pemasaran (Studi Pada PT. Telkomsel Grapari Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(4).

Published
2023-03-24