Kajian Terhadap Manajemen Risiko Kelelahan Pengemudi Alat Berat Pada Industri Pertambangan

  • Sandi Bayu Perwira Universitas Bina Nusantara
Keywords: Kelelahan kerja, Karolinska Sleepness Scale, Fatigue-Visual Analogue Scale, mitigasi risiko kelelahan

Abstract

Permasalahan kelelahan kerja terjadi di berbagai sektor industri, tak terkecuali pada industri pertambangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi tingkat kelelahan pada pengemudi alat berat yang bekerja selama 12 jam berdasarkan parameter kelelahan subjektif , membuat model kelelahan operator yang dipengaruhi oleh speed dan productivity, serta menentukan tingkat risiko kelelahan yang ada saat ini di industri pertambangan berdasarkan sistem kelelahan manajemen di perusahaan tambang. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif. Lokasi penelitian di perusahaan pertambangan pada PT. Pamapersada Nusantara. Waktu penelitian tahun 2022. Partisipan pada penelitian adalah 43 operator alat berat Dump yang mengoperasikan unit Truck Komatsu HD785. Pengukuran kelelahan subyektif diukur dengan Karolinska Sleepness Scale (KSS) dan Fatigue-Visual Analogue Scale (F-VAS). Teknik analisis data adalah analisis deskriptif dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunujukkan bahwa secara umum berdasarkan grafik nilai KSS dan F-VAS seiring berjalannya waktu tingkat kelelahan operator akan semakin meningkat dan mencapai puncak kelelahan pada waktu sesaat sebelum rest time (12:00). Setelah istirahat tingkat kelelahan akan menurun dan seiring berjalannya waktu sampai dengan akhir shift maka tingkat kelelahan akan kembali naik. Sementara itu untuk kecepatan dan produktivitas, seiring berjalannya waktu nilai kecepatan dan produktivitas akan menurun dan kembali meningkat saat menjelang akhir shift. Model hubungan Speed dan Produktivitas dengan KSS dan F-VAS ini bisa bersifat negatif atau positif untuk waktu yang berbeda dalam satu hari kerja. Adapun manajemen risiko dari kelelahan kerja adalah dengan melakukan mitigasi risiko, antara lain Pengurangan kemungkinan risiko (risk likehood reduction), berbagi risiko (risk-sharing) atau penyebaran risiko (spreading risk); dan transfer risiko (risk transfer).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abe, T. M. (2014). Sleepiness and Safety : Where Biology Needs Technology. Sleep and biological Rhytm, Vol 12, 74-84.
Baulk, S. F. (2009). A field study of sleep and fatigue in a regular rotating 12-h shift system. Applied Ergonomics.
Bener, A. (2017). Driver sleepiness, fatigue, careless behavior andrisk of motor vehicle crash and injury Population based case and control study. Journals of traffic and transportation Engineering 4 (5); 496-502.
Caldwell. (2003). Fatigue in Aviation : A Guide to staying awake at the sick. Farnham : Ashgate Publishing.
Dawson, D. N. (2011). Modelling fatigue and the use of fatigue models in work settings.
Accid. Anal. Prev 43, 549-564.
Dunia Tambang. (2020). Bahaya Kelelahan dan Kualitas Tidur Buruk Bagi Pekerja Tambang (diakses 6 Nov 20). Retrieved from https://duniatambang.co.id/Berita/read/1177/BahayaKelelahan-dan-Kualitas- Tidur-Buruk-Bagi-Pekerja-Tambang
Fema (2005) dalam Damon P. Coppola, Introduction to International Disaster Management. Oxford: Elsevier, 2007, hal. 175.
Funke, U.-D. R. (2008). Interval-level measurement with visual analogue scales in Internet-based research: VAS Generator. Behavior Research Methods.
ILO. (2013). Kesinambungan Daya Saing dan Tanggung Jawab Perusahaan (SCORE).
Jakarta: ILO.
Irzal. (2016). Dasar-Dasar Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Jakarta: Kencana.
Johns, M. (2009). What is Excessive Daytime Sleepiness? Swinburne University of Technology.
Juliana, M. (2018). Analisis Faktor Risiko Kelelahan Kerja pada karyawan Bagian Produksi. Jurnal Ilmu Kesehatan masyarakat.
Kaida M, Takahashi T, Åkerstedt A, Nakata Y, Otsuka T, Haratani K, et al. (2006). Validation of the Karolinska sleepiness scale against performance and EEG variables. Clinical Neurophysiology, 117, 1574–81
Detik News. (2018). BPJS TK Sebut 57% Kematian Pekerja Terjadi Akibat Kecelakaan Lalin. Retrieved from https://news.detik.com/
Dorrian. (2011). Work hours, work load, sleep and fatigue in Australian Rail Industry Employees. Applied Ergonomics, 202-209.
Kaltim.tribunnews.com. (2016). Retrieved from Tingkat Pengangguran Terbuka di Bumi Etam Turun Jadi 6,91 Persen, Simak 3 Sektor Pekerjaan Utama: https://kaltim.tribunnews.com/2017/11/17/
Khitrov, M. Y. (2014). PC-PVT A platform for psychomotor vigilance task testing, analysis, and prediction. Springerlink.
Kompas. (2016). properti.kompas.com. Retrieved from Angka Kecelakaan Masih Tinggi, Siapa yang Peduli (Diakses 6 Nov 20): https://properti.kompas.com/read/2016/
Mathis, J. d. (2009). Sleepiness and Vigilance test. Swiss Med. Wkly 139, 214-219.
oxford dictionaries. (2018). https://www.oxfordlearnersdictionaries.com. Retrieved from https://www.oxfordlearnersdictionaries.com/definition/english/fatigue
Queensland, D. o. (2013). Queensland Department of Justice and Attorney. Retrieved from http://www.qld.gov.au/
Saito. (1999). Measurement of Fatigue in Industries. Industrial Health, 13-42.
Sekaran, U. (2000). Research Methods for Business Students (Fourth Edi). John Wiley & Sons, Inc.
Smolensky. (2011). Sleep disorders, medical condition, and road accident risk. Accident Analysis and Prevention.
Sutalaksana. (2006). Teknik Perancangan Sistem Kerja. Bandung: ITB. ITB.
Tabachnick, B.G., & Fidell, L. S. (2013). Using Multivariate Statistics (Sixth Edit).
Pearson Education, Inc.
Tarwaka. (2014). Ergonomi Industri, Dasar-dasar Pengetahuan dan Aplikasi di Tempat Kerja. Surakarta: Harapan press.
Widarjono, A. (2015). Analisis Multivariat Terapan: Dengan Program SPSS, AMOS, dan SmartPLS. Yogyakarta: UPP STIM YKPN
Williamson, A. L. (2011). The link between fatigue and safety. Accident Analysis and prevention, 498-515.
Yassierly, M. (2016). fatigue Evaluation of Fuel Truck Drivers. Proceedia manufacturing, 352-358.
Zuraida, R. (2014). Pengujian Skala Pengukuran Kelelahan (SPK) Pada Responden di indonesia. Comtech.
Zuraida, R. (2015). Tingkat Kelelahan Pengemudi Bus Rapid Transport (BRT) jakarta berdasarkan SOFI. Comtech, Vol. 6 No. 2 Juni 2015: 229-237.
Zhao,X., & Rong, J (2013). The Relationship Between Driver Fatigue and Monotonous Road Environment. Beijing, Beijing University of Technology.
Published
2023-04-05