Pengaruh Motivasi Praktik Menggunakan Assessment As Learning Terhadap Prestasi Membuat Kemeja
Abstract
Penerapan model assessment kurang banyak mendapatkan perhatian. Proses assessment dilakukan tanpa melibatkan mahasiswa sehingga mahasiswa kurang tertarik terhadap proses pembelajaran dengan model ini dan hanya mahasiswa yang aktif saja yang mau mengerjakan tugas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi praktik dengan dierapkannya model assessment as learning terhadap prestasi membuat busana pria atau kemeja. Penelitian ini menerapkan model assessment as learning yaitu untuk memperbaiki proses pembelajaran dalam pembuatan busana pria. Teknik analisis data menggunakan metode Partial Least Square (PLS) dengan bantuan software Smart PLS. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh positif terhadap Prestasi. Hal ini sesuai dengan hasil uji hipotesis yang menunjukkan bahwa nilai T-statistics sebesar 68.495 ≥ 1.64, maka pengaruhnya positif dan nilai p-value sebesar 0.000 ≤ 0.1 yang berarti signifikan, serta arah positif dari nilai original sample (O) sebesar 0.961. Dengan demikian berarti motivasi praktik dengan diterapkannya model assesment as learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi membuat busana pria.
Downloads
References
Bakar R. The effect of learning motivation on student’s productive competencies in vocational high school, west Sumatra. International Journal of Asian Social Science. 4(6):722-732.
Bilfarah, A. (2005). Efektifitas metode aditif spline kuadrat terkecil parsial dalam pendugaan model regresi. Makara, Sains, 9(1) : 28-33.
David, A. C., & Anthony, R. A. Jr. (2016). Motivation to learn: an overview of contemporary theories. Medical Education, 50, 997-1014.
Filgona, J. dkk. (2020). Motivation in Learning. Asian Journal of Education and Social Studies. 10 (4), 16-17.
Ghozali, Imam & Latan, Hengky. (2017). Partial least square: konsep, metode, dan aplikasi menggunakan program WarpPlS 5.0 Edisi ke-3. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Harlen, W. (2007). Assessment of learning. London: A Sage Publication Ltd.
Rumhadi, T. (2017). Urgensi Motivasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Diklat Keagamaan. 11 (1), 33-41.
Volante, L. (2010). Assessment of, for, and as learning within schools: Implication for transforming classroom practice. Action in Teacher Education. 31 (4), 66-75
Watling, C. J., & Ginsburg, S. (2019). Assessment, feedback and the alchemy of learning. Medical Education. 53 (1), 76-85.
Copyright (c) 2023 Emy Budiastuti, Asri Andriarini Nurlita, Dian Retnasari, Anisa Sintia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.