Tantangan dan Hambatan : Analisis Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Era Society 5.0 di Perguruan Tinggi Agama Islam di Indonesia
Abstract
Bahasa Arab merupakan salah satu mata kuliah yang diajarkan di perguruan tinggi agama Islam di Indonesia, namun pembelajaran Bahasa Arab era Society 5.0 di perguruan tinggi agama islam di Indonesia sering dihadapi oleh beberapa Permasalahan yang bertalian dengan tantangan dan hambatan, sedangkan permasalahan pembelajaran Bahasa Arab juga erat kaitannya dengan perkembangan zaman dan kemajuan Teknologi. Artikel Ini akan membahas problematika pembelajaran Bahasa Arab Era Society di perguruan tinggi di Indonesia dan akan memfokuskan penelitiannya di STAI Assunnah Deli Serdang SUMUT sebagai lokasi Studi Kasusnya, Adapun pendekatan penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa adanya tantangan yang dihadapi dalam pembelajaran Bahasa Arab di STAI Assunnah yaitu kurangnya kemampuan dosen terhadap teknologi, keterbatasan media teknologi, pengembangan potensi mahasiswa, sedangkan hambatan yang dihadapi adalah keterbatasan penggunaan teknologi bagi mahasiswa dan penggunaan metode klasik dalam mengajar
Downloads
References
Albantani, Azkia Muharom. (2018). Optimalisasi aplikasi busuu dalam pembelajaran bahasa Arab mandiri. Arabi: Journal of Arabic Studies, 3(1), 1–10.
DeCoito, I., & Richardson, T. (2018). Teachers and technology: Present practice and future directions. Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 18(2), 362–378.
Farinda, Fera Umi, & Camila, Syahraini Nursyifa. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Tantangan Di Era Revolusi Society 5.0. Prosiding Samasta, pp. 1–6.
Ghavifekr, Simin, Kunjappan, Thanusha, Ramasamy, Logeswary, Anthony, Annreetha, & My, Edu. (2006). Teaching and Learning with ICT Tools: Issues and Challenges from Teachers’ Perceptions. 4(2), 38–57.
Hanifah Salsabila, Unik, Irna Sari, Lailli, Haibati Lathif, Khusna, Puji Lestari, Ayu, & Ayuning, Asyharinur. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138
Jamil, Husnaini, & Agung, Nur. (2022). Tantangan Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Society 5.0: Analisis Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Aplikasi Interaktif. Alibbaa’: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, Vol. 3, pp. 38–51. https://doi.org/10.19105/ajpba.v3i1.5536
Jouejati, Sanaa. (2011). Integrating Technology into Arabic Classroom Engaging the iGeneration. 12th ISNA Education Forum, 1–12.
Keshav, Masahiko, Julien Laura, & Miezel, Jessica. (2022). The Role of Technology in Era 5.0 in the Development of Arabic Language in the World of Educatione. Journal International of Lingua and Technology, 1, 79–98. https://doi.org/https://doi.org/10.55849/jiltech.v1i2.85
Lestari, Sudarsri. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459
Mukhtar. (2021). Desain Kurikulum Berorientasi Pada Nilai Adat, Budaya Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Hadapi Era SOCIETY 5.0. Al-Rabwah : Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(02).
Rohman, Nur. (2019). Penguatan Karakter dan Literasi Baru pada Sekolah Berbasis Boarding Menjawab Tantangan Era Society 5 . 0.
Sam, Zulfiah. (2016). Metode Pembelajaran Bahasa Arab. NUKHBATUL’ULUM: Jurnal Bidang Kajian Islam, Vol. 2(No 1), Hlm. 5.
Sugiono, Shiddiq. (2020). Industri Konten Digital dalam Perspektif Society 5.0 Digital Content Industry in Society 5.0 Perspective Shiddiq Sugiono. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komunikasi, 22(2), 175–191. https://doi.org/10.33164/iptekkom.22.2.2020.175-191
Wekke, Ismail Suardi, & Hamid, Sanusi. (2013). Technology on Language Teaching and Learning: A Research on Indonesian Pesantren. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 83, 585–589. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.06.111
Wina Sanjaya. (2015). Penelitian Pendidikan Jenis, Metode dan Prosedur (3rd ed.). jakarta: Prenadamedia group.
Wu, Fan, Wu, Taiyang, & Yuce, Mehmet Rasit. (2019). An internet-of-things (IoT) network system for connected safety and health monitoring applications. Sensors (Switzerland), 19(1). https://doi.org/10.3390/s19010021
Copyright (c) 2023 Ade Muhammad Ritonga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.