Gambaran Strategi Bauran Pemasaran Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit X di Jakarta Selama Pandemi Covid-19
Abstract
Selama pandemi COVID-19 terjadi perubahan perilaku masyarakat dalam mencari pelayanan kesehatan yaitu semakin menuntut pelayanan kesehatan yang bermutu tinggi, aman, cepat, dan dapat diandalkan. Pandemi COVID-19 juga menyebabkan penurunan jumlah kunjungan pasien yang akan mengganggu keuangan rumah sakit karena akan mengurangi jumlah pemasukan rumah sakit, sedangkan biaya operasional rumah sakit cenderung meningkat dikarenakan terdapat pelaksanaan prosedur baru untuk mencegah penularan COVID-19. Salah satu cara untuk dapat bersaing dan bertahan dengan menggunakan strategi pemasaran yang sesuai dengan keadaan rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran strategi pemasaran berupa bauran pemasaran RS X yang dikaitkan dengan unsur pemasaran yaitu produk, harga, lokasi dan promosi selama masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik wawancara kepada narasumber terkait. Strategi pemasaran RS X dengan menggunakan bauran pemasaran sudah menyesuaikan dengan kondisi pandemi COVID-19. Bauran produk yang dilakukan RS X yaitu membedakan gedung pelayanan, melakukan screening pasien, menambah layanan pemeriksaan penunjang screening COVID-19 dan membuat paket layanan khusus untuk pasien COVID-19. Bauran harga yang dilakukan RS X yaitu menetapkan harga sesuai dengan aturan pemerintah dan memberikan harga lebih terjangkau dibandingkan dengan rumah sakit sekitar serta memberikan kemudahan cara pembayaran. Selanjutnya bauran promosi RS X lakukan adalah melakukan promosi melalui media digital dan memanfaatkan media digital untuk melakukan visitasi denagan rekanan rumah sakit. Sedangkan lokasi RS X yang berada di jalan besar utama dan strategis sehingga mudah untuk ditemukan serta melakukan pelayanan telemedicine dilakukan untuk memastikan produk layanan tersampaikan kepada konsumen.
Downloads
References
Ambarwati, W. (2021). Pembiayaan Pasien COVID-19 dan Dampak Keuangan terhadap Rumah Sakit yang Melayani Pasien COVID-19 di Indonesia Analisis Periode Maret 2020-Desember 2020 COVID-19. Jurnal Ekonomi Kesehatan Indonesia, 6(1), 23–37.
Arianto, N. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pasien (Studi Kasus pada Pasien Rawat Jalan Rumah Sakit Premier Bintaro). Jurnal Organisasi Dan Manajemen, 13(1), 1–9. Retrieved 15 December 2022 from https://doi.org/10.33830/jom.v13i1.13.2017
Dwi Laksana, E., Dian E, A., Pilatusalim, M., & Ismurdijahmitra, M. (2022). Analisa Penyusunan Strategi Marketing Mix Sebagai Alternatif Promosi Rumah Sakit Di RSUD Simpang Lima Gumul Kediri. Jurnal Syntax Fusion, 2(08), 690–701. Retrieved 24 December 2022 from https://doi.org/10.54543/fusion.v2i08.212
Ekawati, S. S., & Andriani, H. (2022). Strategi Bauran Pemasaran Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit YADIKA Pondok Bambu Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Medika Hutama, 3(2), 2073–2083. Retrieved 19 December 2022 from https://www.jurnalmedikahutama.com/index.php/JMH/article/view/415
Indonesia. (2009). Undang-Undang RI No 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit.
Irmawati. (2014). Manajemen Pemasaran Di Rumah Sakit (Vol. 1). Retrieved 21 December 2022 from https://play.google.com/books/reader?id=8x2dBgAAQBAJ&pg=GBS.PR1&hl=id
Kosnan, W. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Merauke. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Akuntansi (JEBA), 21(4). Retrieved 20 December 2022 from https://doi.org/10.32424/jeba.v21i4.1538
Kotler, P., & Armstrong, G. (2011). Principles of Marketing.
Kusuma, F., & Sulistiadi, W. (2022). Strategi Bauran Pemasaran Pelayanan Kesehatan RSGM XYZ Di Era Pandemi COVID-19. Jurnal Medika Hutama, 3(2), 2025–2031. Retrieved 19 December 2022 from http://jurnalmedikahutama.com/index.php/JMH/article/view/405
MENKES RI. (2010). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1787/MENKES/PER/XII/2010 Tentang Iklan Dan Publikasi Pelayanan Kesehatan. Retrieved 22 December 2022 from https://www.kemhan.go.id/itjen/wp-content/uploads/2017/03/bn673-2010.pdf
PERSI. (2006). PEDOMAN ETIKA PROMOSI RUMAH SAKIT. Retrieved 22 December 2022 from https://pspk.fkunissula.ac.id/sites/default/files/Etika%20promosi%20RS.pdf
Radfan, N., Djumahir, & Hariyanti, T. (2015). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pasien di Poliklinik Paru Rumah Sakit Paru Batu. Jurnal Aplikasi Manajemen, 13(2), 220–228. Retrieved 21 December 2022 from https://jurnaljam.ub.ac.id/index.php/jam/article/view/763
Rinaldi, E. A. (2018). Analisis Hubungan Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pasien Di Unit Pelayanan Rawat Jalan Rumah Sakit Kartini Tahun 2018. 2018, 8(2), 1–11. Retrieved 19 December 2022 from http://ejournal.urindo.ac.id/index.php/kesehatan/article/view/296
Saragih, M., Pardede, J. A., & Sijabat, F. (2017). Faktor-Faktor Bauran Pemasaran Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien. Idea Nursing Journal, VIII(2). Retrieved 19 December 2022 from https://jurnal.unsyiah.ac.id/INJ/article/view/8829/0
Sari, P. R. (2014). Perbandingan Biaya Riil Dengan Tarif Paket INA-CBGs dan Analisis Faktor yang Mempengaruhi Biaya Riil Pada Pasien Diabetes Melitus Rawat Inap Jamkesmas di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, 4(1). Retrieved 20 December 2022 from https://doi.org/10.33830/jom.v13i1.13.2017
Ulfah, M., Rachmi, A. T., & Yuniarinto, A. (2013). Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Rawat Jalan di Rumah Sakit Bina Sehat Jember. Jurnal Aplikasi Manajemen, 11(3), 384–391. Retrieved 19 December 2022 from https://jurnaljam.ub.ac.id/index.php/jam/article/view/121
Copyright (c) 2023 Osi Ramadia, Puput Oktamianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.