Pengendalian Tegangan Output Pada Buck-Boost Converter Dengan Metode Fuzzy Logic

  • Risty Jayanti Yuniar Institut Teknologi Kalimantan, Indonesia
  • Choiriansyah Ashari Institut Teknologi Kalimantan, Indonesia
  • Dimas Aditya Candra Nugraha Institut Teknologi Kalimantan, Indonesia
Keywords: buck-boost converter, baterai sel surya, fuzzy logic

Abstract

Energi listrik merupakan energi yang sangat dibutuhkan untuk menunjang kehidupan manusia. Saat ini kebutuhan energi di Indonesia terus meningkat dikarenakan pertambahan penduduk, ekonomi dan konsumsi energi yang mengakibatkan peningkatan konsumsi energi listrik. Salah satu energi terbarukan yang sangat besar adalah energi matahari. Energi matahari adalah salah satu energi baru dan terbarukan yang secara aktif dikembangkan di Indonesia sebagai negara tropis. Untuk memanfaatkan potensi energi matahari sebagai sumber energi listrik diperlukan sel surya (photovoltaic/PV) sebagai piranti untuk mengkonversi energi matahari menjadi energi listrik Akan tetapi energi listrik yang diproduksi atau dihasilkan oleh teknologi photovoltaic sangat tergantung intensitas sinar matahari. Oleh sebab itu perlu ada sebuah pengkondisian agar tegangan yang dihasilkan tetap stabil, walaupun intensitas matahari setiap saat berubah-ubah tergantung kondisi alam. Oleh karena itu buck-boost converter digunakan terhadap efektifitas dan efisiensi dalam sistem pengisian baterai pada sistem energi surya. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode Fuzzy Logic untuk mengendalikan tegangan keluaran dari buck-boost converter untuk pengisian baterai pada sel surya. Buck-boost converter pada penelitian ini dapat mengubah tegangan masukan dengan input bervariasi (input step, input ramp dan input sawtooth) dan diperoleh nilai rata-rata tegangan output sebesar 11.8 V dengan nilai rata-rata settling time 0.913 detik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhmad, A. A. (2009). Perancangan simulasi sistem pergerakan dengan pengontrolan pneumatik untuk mesin pengamplas kayu otomatis. Rekayasa Sriwijaya, 3(18), 21–28.

Alamsyah, T., Hiendro, A., & Abidin, Z. (2019). Analisis Potensi Energi Matahari Sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Surya Menggunakan Panel Monocrystalline dan Polycrystalline Di Kota Pontianak dan Sekitarnya. Jurnal Teknik Elektro Universitas Tanjungpura, 2(1).

Asy, H., & Adi, D. (2019). Pengisian Baterai Menggunakan Converter Pada Sistem Energi Surya. Edu Elektrika Journal, 8(2), 91–95.

Corapsiz, R., & Kahveci, H. (2019). Voltage Control Strategy for DC – DC Buck – Boost Converter. August.

Diusti Dwi Putri, S., & Aswardi. (2020). Rancang Bangun Buck-Boost Converter menggunakan Kendali PID. Jtev (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 06(02), 258–272.

Ginanjar, E., Mashar, A., & ... (2022). Perancangan Buck Boost Converter Pada Sistem Pengisian Baterai Untuk Panel Surya Kapasitas 50 Wp. … Research Workshop and …, 13–14.

Imam Setyawan & Bambang Suprianto. (2019). Rancang Bangun Prototype Solar Cell Buck Boost Converter Menggunakan Kontrol Fuzzy Di Implementasikan Pada Aerator Tambak Udang. Jurnal Teknik Elektro, 8(3), 627–635.

Koleangan, J. G., Sitanayah, L., & Pandelaki, S. (2022). PENERAPAN LOGIKA FUZZY PADA SISTEM PEMANTAUAN TANAMAN CABAI RAWIT BERBASIS INTERNET OF THINGS. UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.

Lale, S., Soja, M., Lubura, S., Mancic, D., & Radmanovic, M. (2017). A non-inverting buck-boost converter with an adaptive dual current mode control. Facta Universitatis - Series: Electronics and Energetics, 30(1), 67–80. https://doi.org/10.2298/fuee1701067l

Matalata, H., & Johar, L. W. (2018). ANALISA BUCK CONVERTER DAN BOOST CONVERTER PADA PERUBAHAN DUTY CYCLE PWM DENGAN MEMBANDINGKAN FREKUENSI PWM 1,7 Khz DAN 3,3 Khz. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 18(1), 42. https://doi.org/10.33087/jiubj.v18i1.431

Rahman, Z., & Premadi, A. (2014). Perancangan Regulasi Tegangan Sel Surya Berbasis Buck-Boost Konverter. Seminar Nasional PIMIMD 2014, 33–35.

Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara.

Safii, M. I., Pujianto, M. C., & Dewantara, B. Y. (2019). Analisa Pengendalian Kecepatan Motor DC Menggunakan Buck Boost Konverter. Prosiding Seminakel, 29–35.

Sundoro, R., Andreswari, D., & Gunawan, A. (2014). Implementasi Metode Simple Additive Weighting pada Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Jenis Pondasi dengan Simulasi Alternatif Berbasis 3D. Skripsi, Program Studi Teknik Informatika Universitas Bengkulu, Bengkulu.
Published
2022-12-25