Penerapan Lean Manufacturing Menggunakan Metode Value Stream Mapping Dalam Meminimalisir Waste Kritis

  • Randy Andrianto Nugraha Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Fahriza Nurul Azizah Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dimas Nurwinata Rinaldi Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: Value Stream Mapping, Waste, Non Value Added

Abstract

Roti Solo merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang industri makanan dengan jenis produksi roti. Adanya waste kritis yang terjadi pada proses produksi menimbulkan kerugian bagi perusahaan pada setiap produksinya. Oleh karena itu, penelitian ini melakukan pendekatan lean manufacturing menggunakan Value Stream Mapping (VSM) dalam meminimalisir waste kritis yang terjadi. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, pemetaan proses produksi pada bulan Februari 2021 menggunakan VSM menunjukkan bahwa masih adanya aktivitas non value added yang terjadi sebesar 16,27% dari total waktu produksi keseluruhan. Identifikasi waste kritis dari seven waste yang ada menggunakan metode AHP menunjukkan bahwa waste defect menjadi waste kritis yang terjadi pada proses produksi roti, sehingga perlu dilakukan upaya perbaikan untuk mengurangi jumlah defect yang ada. Dari upaya perbaikan yang telah diusulkan mampu mengurangi tingkatan produk defect sebesar 77% untuk defect packing, 76% untuk defect pemotongan, dan 68% untuk defect moulding. Upaya perbaikan tersebut juga mampu mengurangi waktu non value added sebesar 9,71% dan meningkatkan waktu value added sebesar 9,71%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, R. D., & Lathifurahman. (2020). Aplikasi Lean Six-Sigma untuk Mengurangi Pemborosan di Bagian Packaging Semen. Jurnal Teknik Industri, 6(1), 44-52.

Damanik, O. A., Afma, V. M., & Siboro, B. A. (2017). Analisa Lean Manufacturing dengan Metode VSM (Value Stream Mapping) untuk Mengurangi Pemborosan Waktu. Profisiensi, 5(1), 1-6.

Hamda, P. (2018). Analisis Nilai Overall Equipment Effectiveness (OEE) untuk Meningkatkan Performa Mesin Exuder di PT Pralon. Jurnal Ilmiah Teknologi dan Rekayasa, 23(2), 112-121.

Indah, D. R., & Rahmadani, E. (2018). Sistem Forecasting Perencanaan Produksi dengan Metode Single Eksponensial Smoothing pada Keripik Singkong Srikandi Di Kota Langsa. Jurnal Penelitian Ekonomi Akuntansi (JENSI), 2(1), 10-18.

Kosasih, W., Sriwana, I., Sari, E., & Doaly. (2019). Applying value stream mapping tools and kanban system for waste identification and reduction (Case study : a basic chemical company). IOP Conference Series, Science, Materials, 1-8.

Mollah, M. K., Munir, M., & Sri, A. W. (2018). Peningkatan Kualitas Pelayanan dengan Metode Pendekatan Lean Service di Perusahaan Jasa Transportasi (Studi Kasus: PT. KAI DAOP 8 Surabaya). Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan VI, 593-598.

Mulyati, T., Ilyas, & Widyasti, A. (2019). Implementasi Lean Manufacturing pada Proses Produksi PT. Dendeng Aceh Gunung Seulawah. Jurnal Sistem Teknik Industri (JSTI), 21(1), 32-41.

Naro, A., & Halimah, N. (2019). Perancangan Lean Production System pada Lini Produksi Panel Listrik Tipe Wall Mounting dengan Menggunakan Value Stream Mapping. Jurnal Penelitian dan Aplikasi Sistem & Teknik Industri (PASTI), XIII(1), 61-71.

Novitasari, R., & Iftadi, I. (2020). Analisis Lean Manufacturing untuk Minimasi Waste pada Proses Door PU. Jurnal INTECH, 6(1), 65-74.

Pratiwi, Y., Djanggu, N. H., & Anggela, P. (2020). Penerapan Lean Manufacturing untuk Meminimasi Pemborosan (Waste) dengan Menggunakan Metode Value Stream Mapping (VSM) pada PT.X. Jurnal TIN Universitas Tanjungpura, 4(2), 8-15.

Riani, L. P., & Afandi, M. R. (2020). Forecasting DemandProduk Batik Ditengah Pandemi Covid-19 Studi Pada Usaha Batik Fendy, Kabupaten Klaten. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 5(2), 122-132.

Sriwana, I. K., & Kurniawan. (2019). Usulan Peningkatan Efisiensi Keseimbangan Lini Dengan Value Stream Mapping Dan Yamazumi Chart Pada PT.PAI. Jurnal Metris, 33-44.

Tambunan, R. A., Handayani, N. U., & Puspitasari, D. (2017). Penerapan Lean Manufacturing menggunakan Value Stream Mapping (VSM) untuk Identifikasi Waste & Performance Improvement Pada UKM “Shoes and Care”. Industrial Engineering Online Journal, 6(4), 1-6.

Tehuayo, E. (2018). Analisis Proses Pengambilan Keputusan Konsumen pada Perilaku Pembelian Produk Yamaha Mio di Kota Ambon. Jurnal SOSOQ, 6(2), 25-34.

Wahid, A. (2020). Penerapan Total Productive Maintenance (TPM) Produksi Dengan Metode Overall Equipment Effectiveness (OEE) Pada Proses Produksi Botol (PT. XY Pandaan – Pasuruan). Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri, 6(1), 12-16.

Widodo, T., & Ferdiansyah, I. (2017). Implementasi Lean dengan Menggunakan Value Stream Mapping untuk Mempercepat Lead Time Proses Outbound di PT.X. Journal Industrial Manufacturing, 2(2), 85-91.

Zulfikar, A. M., & Rachman, T. (2020). Penerapan Value Stream Mapping dan Process Activity Mapping untuk Indentifikasi dan Minimasi 7 Waste pada Proses Produksi Sepatu X di PT. PAI. Jurnal Inovisi, 16(1), 13-24.
Published
2022-04-25