Komunikasi Interpersonal Pada Anak Autis di Sekolah Luar Biasa (SLB) Autisma Bunda Bening Selakshahati

  • Syaffira Azzahra Nur Ridwan Fakultas Komunikasi Dan Bisnis, Universitas Telkom Bandung, Indonesia
  • Agus Aprianti Universitas Telkom Bandung Jawa Barat, Indonesia
Keywords: anak autisma, komunikasi interpersonal, SLB Autisma Bunda Bening Selakshahati

Abstract

Komunikasi merupakan suatu cara berinteraksi yang sangat penting untuk menunjang kehidupan bersosial dalam masyarakat. Namun komunikasi akan menjadi sulit apabila terdapat gangguan. Adapun salah satu gangguan atau kesulitan berkomunikasi seperti pada anak yang mengalami autisma. SLB Autisma Bunda Bening Selakshahati merupakan Lembaga Pendidikan khusus yang dapat memberlakukan komunikasi secara verbal non verbal dengan cara komunikasi interpersonal karena komunikasi yang terjadi dua arah. Selain itu membuat perkembangan anak autis bukan hanya mampu melakukan kebutuhan untuk dirinya sendiri, tetapi juga mampu untuk berinteraksi dengan orang lain. Dilakukannya komunikasi interpersonal supaya dapat menyampaikan pesan dengan baik dengan tujuan supaya anak anak yang mengalami autisma dapat mengenal diri sendiri dan orang lain, mengetahui dunia luar, menciptakan dan memelihara hubungan menjadi lebih bermakna, mengubah sikap dan perilaku, bermain dan mencari hiburan serta dapat membantu pihak yang sedang melakukan proses komunikasi. Penelitian ini bertujuan membahas penerapan komunikasi interpersonal pada anak autisma yang meliputi faktor pendukung dan faktor penghambat. Hasil penelitian menunjukkan keberhasilan dalam pelaksanaan komunikasi interpersonal terhadap anak autisma.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfahid, Syamsul Bahri. (2018). Pola Komunikasi Antarpribadi Guru Dan Siswa Berkebutuhan Khusus Dalam Menumbuhkan Kemandirian (Studi Di SLB Tunas Harapan Bangsa Balai Kembang Luwu Timur). UIN Alauddin Makassar.

Alju, Agus Sritini. (2019). KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA GURU DENGAN SISWA DI SLB INSAN MUTIARA PEKANBARU. UIN Suska Riau.

Amanna, Azka Ulya Dan Supratman, Lucy Pujasari. (2021). Komunikasi Interpersonal Antara Orang Tua Asuh Dengan Anak Berkebutuhan Khusus Di SLBN-A Kota Cimahi. 6845.

Annisaa, Qorrie. (2018). Pemanfaatan Media Audio Aids Untuk Pembelajaran Hafalan Surah- Surah Pendek Anak Autis: Penelitian Di SLB Autisma Bunda Bening Selaksha Hati Bandung. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

AW, Suranto. (2011). Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Baihaqi, Hakim. (2018). Mengenal Sekolah Khusus Autisma Bunda Bening Selakshahati, Sekolah Asrama Bagi Anak Autisma.

Dirman Dan Cicih Juarsih. (2014). Komunikasi Dengan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.

Effendi, Onong Uchjana. (2003). Ilmu, Teori, Dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Fiske, John. (2012). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada Jakarta.

Liliweri, Alo. (2007). Dasar-Dasar Komunikasi Kesehatan. Yogyakarta: Salemba Humanika.

Mamahit, Irma Yolanda. (2019). TERAPI AL-QUR’AN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK AUTIS. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Mulyana, Deddy. (2008). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT.REMAJA.

Naim, Ngainun. (2016). Dasar-Dasar Komunikasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ngalimun. (2020). Pengantar Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: Parama Ilmu.

Pusparisa, Yosepha. (2021). Indonesia Punya 2.250 Sekolah Untuk Anak Berkebutuhan Khusus.

Rahmawati, Vivi Aulia. (2020). Komunikasi Interpersonal Antara Guru Dan Anak Penyandang Autisme Dalam Mengajarkan Sholat Wajib Di Rumah Anak Mandiri Karim Depok. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Rizak, Mochamad. (2018). Peran Pola Komunikasi Antar Budaya Dalam Mencegah Konflik Antar Kelompok Agama. Islamic Communication Journal.

Rosidah, Intan Eka. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI NONVERBAL PADA ANAK AUTIS DI SEKOLAH DASAR DI KOTA BATU. Universitas Muhammadiyah Malang.

Sitompul, Helen Uli Martha. (2013). PROSES KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA TERAPIS DENGAN ANAK AUTIS DI ESYA TERAPI CENTER SIDOARJO DALAM PROSES TERAPI WICARA. Jurnal E-Komunikasi, 1, 3–4.

Wood, Julia T. (2013). Komunikasi: Teori Dan Praktik (Komunikasi Dalam Kehidupan Kita). Salemba Humanika.

Published
2023-03-25