Evaluasi Manajemen Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pembelajaran Jarak Jauh Dalam Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Madrasah

  • Badrudin Badrudin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Asyari Asyari UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Keywords: Evaluasi Pendidikan, Pembelajaran Jarak Jauh, Madrasah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi penyelenggaraan Diklat jarak jauh dalam upaya peningkatan kompetensi Guru Madrasah di Balai Diklat Keagamaan Bandung. Penelitian dilakukan di Balai Diklat Keagamaan Bandung dengan informan dari penyelenggara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif-kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan studi literatur. Analisis data yang digunakan adalah analisis dengan penafsiran deskriftif semata-mata. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa evaluasi menunjukkan bahwa pada aspek konteks mengacu sesuai dengan peraturan pemerintah tentang pelaksanaan diklat jarak jauh. Pada aspek masukan bahwa kurikulum sudah relevan dengan kebutuhan dan tujuan diklat. Sumber daya manusia (SDM) baik penyelenggara diklat telah diberi pembekalan/ pemahaman awal terkait pelaksanaan diklat jarak jauh, Guru Madrasah telah memenuhi kualifikasi sebagai tenaga pengajar. Aspek proses media yang digunakan dalam pembelajaran telah disiapkan situs https://bandungsiemapede.id/e-learning pembelajaran jarak jauh E-Learning BDK Bandung. Selanjutnya pada aspek hasil bahwa kualitas alumni peserta diklat dari penilai akhir memperlihatkan hasil yang sangat menggembirakan, meski pelatihan dilakukan secara daring karena adanya pandemi covid 19.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto Suharsimi. 2010. Prosedur Pendidikan Suatu Pendekatan Sistem. Jakarta: Rineka Cipta
Bintoro dan Daryanto. Manajemen DIKLAT. Yogyakarta: Gava Media, 2014
Cepi Safruddin Abdul Jabar dan Suharsimi Arikunto. Evaluasi Program Pendidikan, Jakarta: PT. Bumi aksara, 2010.
Salim HS dan Erlies Septiana Nurbaini, Penerapan Teori Hukum pada Penelitian Tesis dan Disertasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2013.
Soekanto, Soerjono. Pengantar Penelitian Hukum. Jakarta: UI Press, 1986.
Soekanto, Soerjono dan Sri Mamuji. Penelitian Hukum Normatif Suatu Tinjauan Singkat. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2010.
Surakhmad, Winarno. Pengantar Penelitian Hukum. Jakarta: Transito, 1982.
H. M. Sukardi. Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2009.
Phillips, Patricia Pulliam, Jack J. Phillips, Ron D. Stone, Holly Burkett, The ROI field Book
Published
2023-03-28