Pengaruh Pelaksanaan Kebijakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Kompetensi Guru (Pendidikan Agama Islam) PAI Terhadap Kinerja Guru PAI Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran PAI

  • Rahmawati Nurul Jannah Politeknik Imigrasi
Keywords: Pelaksanaan Kebijakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Kompetensi Guru, Kinerja Guru, Mutu Pendidikan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji tentang pengaruh pelaksanaan kebijakan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dan kompetensi guru PAI terhadap kinerja guru PAI dalam mewujudkan mutu pembelajaran PAI.  Metodologi penelitian yang digunakan pendekatan kualitatif berbasis model analisis kausal efektual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan dan kompetensi guru PAI berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja guru PAI dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atikah, N. (2021). ..(Tambahkan Stempel Pada Lembar Persetujuan, Upload Ulang).. Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi Kasus Di Ma Darul Huda Mayak). Iain Ponorogo.

Dewi, Y. A. S. (2014). Analisis Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp) Di Sekolah Dasar Negeri Pisang Candi 1 Malang. Modeling: Jurnal Program Studi Pgmi, 1(2), 94–109.

Djafri, N. (2017). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah:(Pengetahuan Manajemen, Efektivitas, Kemandirian Keunggulan Bersaing Dan Kecerdasan Emosi). Deepublish.

Fahmi, M. (2019). Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Kota Langsa. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Farihin, A. (2013). Strategi Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Aliyah Pesantren Sabilil Muttaqin Sugihwaras Ngepeh Loceret Nganjuk. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Hamzah, B. U. (2008). Teori Motivasi Dan Pengukuran. Cetakan Sepuluh. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan, M. S. P., & Hasibuan, H. M. S. P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara.

Isjoni, K. (2009). Sebagai Pembelajaran Visioner. Bandung: Alfabeta.

Iskandar, J. (2016). Kapita Selekta Administrasi Negara. Bandung: Puspaga.

Iskandar, U. (2013). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 10(1).

Mulyasa, H. E. (2022). Manajemen Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bumi Aksara.

Pandiangan, A. P. B. (2019). Penelitian Tindakan Kelas: Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Profesionalisme Guru Dan Kompetensi Belajar Siswa. Deepublish.

Sallis, E. (2010). Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan. Jogjakarta: Ircisd.

Sanhedrin Ginting, S. H., Tarigan, M. P. D. R., Perangin-Angin, M. P. D. A., Sihombing, M. P. H. B. M., & Panjaitan, M. P. J. (2022). Profesi Kependidikan. Cv Literasi Nusantara Abadi.

Yamin, M., & Maisah, M. (2010). Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Gaung Persada, 14.
Published
2023-03-28