Pengaruh Pelaksanaan Kebijakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Kompetensi Guru (Pendidikan Agama Islam) PAI Terhadap Kinerja Guru PAI Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran PAI
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji tentang pengaruh pelaksanaan kebijakan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dan kompetensi guru PAI terhadap kinerja guru PAI dalam mewujudkan mutu pembelajaran PAI. Metodologi penelitian yang digunakan pendekatan kualitatif berbasis model analisis kausal efektual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan dan kompetensi guru PAI berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja guru PAI dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI.
Downloads
References
Dewi, Y. A. S. (2014). Analisis Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp) Di Sekolah Dasar Negeri Pisang Candi 1 Malang. Modeling: Jurnal Program Studi Pgmi, 1(2), 94–109.
Djafri, N. (2017). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah:(Pengetahuan Manajemen, Efektivitas, Kemandirian Keunggulan Bersaing Dan Kecerdasan Emosi). Deepublish.
Fahmi, M. (2019). Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Kota Langsa. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Farihin, A. (2013). Strategi Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Aliyah Pesantren Sabilil Muttaqin Sugihwaras Ngepeh Loceret Nganjuk. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Hamzah, B. U. (2008). Teori Motivasi Dan Pengukuran. Cetakan Sepuluh. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasibuan, M. S. P., & Hasibuan, H. M. S. P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara.
Isjoni, K. (2009). Sebagai Pembelajaran Visioner. Bandung: Alfabeta.
Iskandar, J. (2016). Kapita Selekta Administrasi Negara. Bandung: Puspaga.
Iskandar, U. (2013). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 10(1).
Mulyasa, H. E. (2022). Manajemen Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bumi Aksara.
Pandiangan, A. P. B. (2019). Penelitian Tindakan Kelas: Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Profesionalisme Guru Dan Kompetensi Belajar Siswa. Deepublish.
Sallis, E. (2010). Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan. Jogjakarta: Ircisd.
Sanhedrin Ginting, S. H., Tarigan, M. P. D. R., Perangin-Angin, M. P. D. A., Sihombing, M. P. H. B. M., & Panjaitan, M. P. J. (2022). Profesi Kependidikan. Cv Literasi Nusantara Abadi.
Yamin, M., & Maisah, M. (2010). Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Gaung Persada, 14.
Copyright (c) 2022 Rahmawati Nurul Jannah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.