Pengaruh Mentoring Terhadap Penyesuaian Diri dan Motivasi Belajar Mahasiswa Fakultas X Pada Salah Satu Universitas Swasta di Tangerang

  • Adventina Situngkir Universitas Pelita Harapan, Indonesia
Keywords: mentoring, penyesuaian diri, motivasi belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mentoring terhadap penyesuaian diri dan motivasi belajar mahasiswa fakultas X pada salah satu Universitas Swasta di Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan di salah satu perguruan tinggi swasta di Tangerang dengan menggunakan teknik purposive sampling  dengan jumlah 207 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pengukuran berbasis angket dengan menggunakan kategori skala likert, yaitu item 1 (sangat tidak setuju), item 2 (tidak setuju), item 3 (setuju) dan item (sangat setuju). Hasil yang diperoleh dari uji validitas instrumen adalah valid untuk item terkoreksi dan nilai korelasi total > r tabel. Hasil uji reliabilitas yang diperoleh adalah reliabel dengan nilai Cronbach Alpha berkisar antara 0-1 dengan nilai  positif. Menurut hasil yang diperoleh dari penelitian ini, program mentoring berpengaruh sebesar 70,7% terhadap penyesuaian diri dan mentoring berpengaruh terhadap motivasi belajar sebesar 43,1%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, Hendriati. (2009). Psikologi Perkembangan. Bandung: Refika Aditama.

Ajake, U. (2017). Academic Phobia and Adjustment among First Year Students in University of Calabar.

Ali, Mohammad. (2011). Psikologi remaja: Perkembangan peserta didik.

Allen, Tammy D., & Eby, Lillian T. (2007). The Blackwell handbook of mentoring: A multiple perspectives approach. Blackwell Publishing.

Areepattamannil, Shaljan. (2011). Academic self-concept, academic motivation, academic engagement, and academic achievement: A mixed methods study of Indian adolescents in Canada and India. Queen’s University.

Brockbank, Anne, & McGill, Ian. (2012). Facilitating reflective learning: Coaching, mentoring and supervision. Kogan Page Publishers.

Brodeur, Pascale, Larose, Simon, Tarabulsy, George M., & Feng, Bei. (2017). Mentors’ behavioral profiles and college adjustment in young adults participating in an academic mentoring program. International Journal of Mentoring and Coaching in Education, 6(1), 2–18.

Chairiyati, Lisa Ratriana. (2011). Meningkatkan Motivasi Belajar Bagi Mahasiswa Kurang Berprestasi Melalui Program Mentoring. Humaniora, 2(1), 262–268.

Djamarah, S. .. (2011). Psikologi Belajar edisi revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

DuBois, David L., & Karcher, Michael J. (2013). Handbook of youth mentoring. Sage Publications.

Houghty, Grace Solely, & Siswadi, Yakobus. (2015). Persepsi Mentor dan Mentee Tentang Program Mentorship. Jurnal Skolastik Keperawatan, 1(2), 1–11.

Pramudianto. (2015). I’am A Coach, Strategi Mengembangkan Potensi Diri dengan Coaching. Yogyakarta: Andi Offset.

Santrock, John W. (2003). Adolescence: perkembangan remaja.

Sharma, Bharti. (2012). Adjustment and emotional maturity among first year college students. Pakistan Journal of Social and Clinical Psychology, 9(3), 32–37.

Shea, Ghordon F. (2003). MANAJER: Bagaimana Menjadikan Karyawan Anda Tangguh. Jakarta: Progress.



Shin, Eun Jung. (2015). Development and evaluation of a mentoring program designed to assist nursing students adjust to life in college and strengthen their leadership abilities. Journal of the Korea Academia-Industrial Cooperation Society, 16(7), 4595–4603.

Singaravelu, G., & Ramaswamy, Sangeetha. (2006). Efficacy of Student Mentoring and Motivation in Learning Division of Mathematics. Journal on School Educational Technology, 1(3), 28–31.

Sobur, Alex. (2003). Psikologi Umum Cet. I; Bandung: CV. Pustaka Setia.

Suciati, Prasetya Irawan. (2001). Teori belajar dan motivasi. Jakarta PAU-PPAI, Univ. Terbuka.
Published
2023-04-25