Evaluasi Model Bisnis Dengan Kerangka Swot (Studi Kasus Pada Usaha Signature Store)

  • Nikita Fortuna Rombe Universitas Telkom, Bandung, Jawa Barat
Keywords: business model canvas, analisis SWOT, industri fesyen

Abstract

Signature Store merupakan toko reseller sepatu dan pakaian berbasis website yang berasal dari Bandung, Jawa Barat. Terdapat kendala yang dihadapi oleh Signature Store yaitu pendapatan masih sangat fluktuatif dan cenderung menurun serta tantangan pada persaingan industri fashion yang sangat ketat. Untuk menghadapi kedua hal tersebut, sebuah perusahaan membutuhkan model bisnis yang kuat dan mampu menangani kebutuhan konsumen saat ini hingga masa mendatang. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang ada pada existing business model canvas Signature Store, sehingga terlihat kelemahan pada model bisnis yang menyebabkan pendapatan yang tidak meningkat secara signifikan serta menggali potensi bisnis berdasarkan peluang-peluang yang ada. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan single case study. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa segmen pelanggan perlu adanya perluasan, menambah variasi produk dan layanan, mengoptimalkan hubungan pelanggan, berkolaborasi dengan sesama pemilik brand fashion, menambah aktivitas kunci, serta menambah arus pendapatan. Kesimpulan penelitian ini yaitu penurunan pendapatan disebabkan oleh pengeluaran biaya stok produk yang sangat besar, tidak adanya sumber pendapatan lain, serta ketidakmampuan toko dalam memenuhi permintaan konsumen. Namun, terdapat peluang yang bisa dimanfaatkan seperti memperluas segmen pelanggan, mengotomasi hubungan pelanggan, menambah sumber pendapatan baru, dan berkolaborasi dengan mitra baru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Center, Kata Data Insight. (2021). Produk yang paling banyak dibeli di E-commerce.

Cloudhost, ID. (2021). Churn Rate: Manfaat/Kelebihan dan Kekurangannya.

Fernanda, Fajar Rizky, Hasun, Farda, & Kamil, Anton Abdulbasah. (2019). Evaluasi Model Bisnis Pada Perusahaan Holmesick. ltd dengan Menggunakan Pendekatan Business Model Canvas. E-Proceeding of Engineering, 6(2), 6324–6331.

Flick, Uwe. (2009). An Introduction To Qualitative Research Fourth Edition. In SAGE Publications (4th ed.). SAGE Publications.

Giesen, Edward, Riddleberger, Eric, Christner, Richard, & Bell, Ragna. (2010). When and how to innovate your business model. Strategy and Leadership, 38(4), 17–26. https://doi.org/10.1108/10878571011059700/FULL/PDF.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (2021). Outlook Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 2021. Outlook Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif 2021, 90.

Osterwalder, Alexander, & Pigneur, Yves. (2010). Business Model Generation (Tim Clark, Ed.). Canada: John Wiley & Sons Ltd.

Review, Harvard Business. (2014). Making “Freemium” Work.

Rusminingsih, Diah. (2010). Pengaruh Pengembangan Sumber Daya Manusia Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada Pt. Cakra Guna Cipta Malang. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 6(22–40).

Sekaran, Uma, & Bougie, Roger. (2016). Research methods for business: A skill building approach. John Wiley & Sons.
Published
2022-12-26