Pengembangan Manual Prosedur Penggunaan E-resources (Digital Library) Berbasis Video pada Website Perpustakaan Universitas Jambi
Abstract
Perpustakaan Universitas Jambi (UNJA), melalui website yang dimilikinya seharusnya dapat memberikan informasi cara mengakses E-resources yang dimilikinya. Dengan pemenuhan informasi panduan tersebut diharapkan dapat memberikan layanan berbasis industri 4.0, salah satu caranya adalah dengan membuat video manual prosedur penggunaan E-resources website perpustkaan UNJA. Hal ini dibuat dengan tujuan agar kegiatan akses informasi pada seluruh pemustaka dapat didistribusikan dengan baik dan berjalan dengan efektif dan efisien.Pemustaka banyak yang tidak memahami cara penggunaan e-resource perpustakaan Universitas Jambi. Oleh karena hal tersebut pasti akan mempengaruhi penggunaan e-resource perpustakaan, Peneliti disini mengembangkan Manual Prosedur Penggunaan E-Resources web berbasis video terhadap pemanfaatan digital library pada perpustakaan Universitas Jambi. Subjek dalam pengembangan ini adalah pemustaka Universitas Jambi. Prosedur pengembangan pengembangan ini mengacu pada model Trollip & Alessi. Untuk menilai produk yang dikembangkan maka diterapkan uji validasi oleh ahli media, ahli materi, angket respon pemustaka serta untuk melihat peningkatan pengetahuan dalam penggunaan e-resource perpustakaan Universitas Jambi.
Downloads
References
Abi Hamid, M., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M., Jamaludin, J., & Simarmata, J. (2020). Media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Alessi, S. M., & Trollip, S. R. (2000). Multimedia for learning: Methods and development. Allyn & Bacon, Inc.
Indonesia, P. N. R. (2007). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan.
Kusumaningtyas, R., Sholehah, I. M., & Kholifah, N. (2020). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Guru Melalui Model dan Media Pembelajaran bagi Generasi Z. Warta LPM, 23(1), 54–62.
Kusumawati, E. (2017). Dan Teknologi Komputer Iklim Etika , Ethical Behavior Planned. 2(2), 156–164.
Kusumawati, E. (2022). Analisis SWOT Faktor Penyebab Penurunan Jumlah Peserta Didik Lembaga PAUD di Kabupaten Bogor. Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies, 2(2), 88–96. https://doi.org/10.47467/tarbiatuna.v2i2.660
Kusumawati, E. (2023). Efektivitas Kerja Guru. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1487–1492. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1578
Lee, W. W., & Owens, D. L. (2004). Multimedia-based instructional design: computer-based training, web-based training, distance broadcast training, performance-based solutions. John Wiley & Sons.
Nera, C. M. (1993). Introduction to ASEAN librarianship: academic libraries. Published and sponsored by the ASEAN Committee on Culture and Information.
RI, Perpustakaan Nasional. (2014). Perpustakaan Perguruan Tinggi: Standar Nasional Perpustakaan. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.
RI, PERPUSTAKAAN NASIONAL. (2011). Standar Nasional Perpustakaan (SNP). Jakarta: Perpustakaan Nasional RI. www. perpusnas. go. id. url.
Saleh, A. R., & Sujana, J. G. (1919). Pengantar kepustakaan: Pedoman bagi pengguna perpustakaan di lingkungan perguruan tinggi. -.
Shihab, A. N. (2018). Hadirnya Negara Di Tengah Rakyatnya Pasca Lahirnya Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 Tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (The Presence Of The State Among People After The Declaration Of Law Number 24 Year 2011 Concerning Social Security Administering Agency). Jurnal Legislasi Indonesia, 9(2), 175–190.
Smaldino, S. E., Lowther, D. L., Russell, J. D., & Mims, C. (2008). Instructional technology and media for learning.
Syamsudin, A. (2000). Manajemen dan peran perpustakaan perguruan tinggi dalam sistem kredit semester (sks) & sumber belajar.
Copyright (c) 2023 Mahdianto Mahdianto, Zurweni Zurweni, Sofyan Sofyan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.