Kompetensi Digital Psikomotorik Siswa SMA Dalam Melaksanakan Sistem Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemik
Abstract
Krisis pandemik covid-19 menyulitkan guru dan siswa untuk mengimplementasikan aspek psikomorik dalam pembelajaran daring. Namun guru dan siswa berinovasi agar aspek psikomotorik tetap ada di dalam pembelajaran daring melalui pengusaan digital psikomotorik. Artikel ini bertujuan untuk membuktikan bahwa aspek psikomotorik tetap mendapat tempat dalam pembelajaran daring melalui kompetensi digital psikomotorik Digital psikomotorik adalah inovasi yang dilaksanakan oleh para guru untuk memberikan perhatian pada aspek psikomotorik yang diduga kurang mendapat perhatian pada pembelajaran daring. Metode yang digunakan dalam riset ini adalah dengan melakukan survei yang secara teknis dilakukan secara online kepada para siswa dan guru di Tiga SMA di Kabupaten Ende-Flores yang aktif dalam pembelajaran daring. Hasil yang dicapai menunjukkan bahwa guru dan para siswa di sekolah tersebut telah mengembangkan sebuah kemampuan baru dalam memanfaatkan digital capital yakni kompetensi digital psikomotorik. Para siswa dan guru berhasil mengembangkan sebuah kemampuan baru untuk menutup kekurangan pada pembelajaran online yang terkait dengan ranah psikomotorik yang kurang mendapat tempat dalam pembelajaran daring. Kemampuan ini terangkum dalam sebuah istilah yang disebut dengan kompetensi digital psikomotorik.
Downloads
References
Asih, T. (2019). Perkembangan Psikomotorik Peserta Didik Di Kota Metro. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 10(1), 100–111. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v10i1.2046
El-Rumi, U. (2022). The development of students’ self-regulated learning through online learning design. Jurnal Kependidikan, 6(1). https://doi.org/10.21831/jk.v6i1.44980
Faried, A. I., Basmar, E., Purba, B., Dewi, I. K., Bahri, S., & Sudarmanto, E. (2021). Sosiologi ekonomi. Yayasan Kita Menulis.
George, G., & Bock, A. J. (2011). The business model in practice and its implications for entrepreneurship research. Entrepreneurship Theory and Practice, 35(1), 83–111.
Hariyanti, D., Mun’im, A. H., & Hidayat, N. (2020). Identifikasi hambatan mahasiswa dalam pelaksanaan pembelajaran biologi secara daring selama pandemi covid-19 di kabupaten jember. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 11–21. https://doi.org/10.35719/alveoli.v1i1.4
Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran daring masa pandemik Covid-19 pada calon guru: hambatan, solusi dan proyeksi. Karya Tulis Ilmiah UIN Sunan Gunung Djjati Bandung, 5(2), 1–10.
Kasenda, L. M., & Sentinuwo, S. (2016). Sistem monitoring kognitif, afektif dan psikomotorik siswa berbasis android. Jurnal Teknik Informatika, 9(1). https://doi.org/10.35793/jti.9.1.2016.14808
Kusumawati, E. (2016). Training Management Effectiveness. 6th International Conference on Educational, Management, Administration and Leadership, 59–62. https://doi.org/10.2991/icemal-16.2016.14
Kusumawati, E. (2023). Efektivitas Kerja Guru. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1487–1492.
Lidyasari, A. T., Rachmawati, I., Costa, A. Da, & Wanyi, P. (2022). How are the Cognitive, Affective, and Psychomotor Levels of Primary School Learners Living in Suburban Area of Yogyakarta based on Career Development. Jurnal Prima Edukasia, 10(2), 130–137. https://doi.org/10.21831/jpe.v10i2.48061
Mastuti, E. (2016). PEMANFAATAN TEKNOLOGI DALAM MENYUSUN EVALUASI HASIL BELAJAR: KELEBIHAN DAN KELEMAHAN †œTES ONLINE†UNTUK MENGUKUR HASIL BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Penelitian Psikologi, 7(1), 10–19.
Muntaha, L. (2021). Penerapan Teori Pembelajaran Konstruktivistik dalam Pembelajaran Akhlak Akidah Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. IAIN Jember.
Sugiyono, D. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 26–33.
Tholibon, D. A., Nujid, M., Mokhtar, H., Rahim, J., Rashid, S., Saadon, A., Tholibon, D., & Salam, R. (2022). The factors of students’ involvement on student-centered learning method. International Journal of Evaluation and Research in Education [Online], 11(4), 1637–1646.
Treybal, R. E., Weber, L. D., & Daley, J. F. (1946). The System Acetone–Water–1, 1, 2–Trichloroethane. Industrial & Engineering Chemistry, 38(8), 817–821.
Wijaya, R., Lukman, M., & Yadewani, D. (2020). Dampak Pandemi Covid19 Terhadap Pemanfaatan E Learning. Jurnal Dimensi, 9(2), 307–322.
Copyright (c) 2023 Wilfridus F. Beo Dey, Albertus Magnus Rea
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.