Analisis Tanggapan Nabi Muhammad Saw Terhadap Hadis Tentang Amalan-Amalan Yang Utama Dalam Pendekatan Psikologi

  • Ni’matul Khoiroh Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Zulfa Ma’rifatul Azizah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Yunita Indrawati Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Keywords: Hadis, Pemahaman, Pendekatan, Psikologi

Abstract

Psikologi menjadi salah satu pilihan pendekatan multidisiplin integratif yang terus dikembangkan oleh para peneliti. Dalam beberapa kasus hadis, ketika Nabi Saw ditanya beberapa sahabat dengan pertanyaan yang hampir sama dan Nabi Saw menjawabnya dengan tidak seragam, karena salah satu aspek yang menjadi dasar jawaban Nabi adalah aspek psikologi. Begitu pula dengan pendekatan psikologi menjadi opsi jalan pemahaman sebuah hadis yang dirasa pas dalam upaya memahami sebuah hadis. Artikel ini merupakan penelitian kepustakaan(library research) yaitu penelitian yang berasal dari bahan pustaka dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Beberapa indikasi menunjukkan bahwa Nabi mempertimbangkan aspek psikologi sahabat yang bertanya. Diharapkan penelitian terhadap pemahaman hadis kedepannya lebih bervariasi terhadap aspek pendekatan yang digunakan seperti aspek psikologi, agar nantinya Hadis dan umumnya Islam dapat menjadi jawaban atas segala permasalahan yang menjadi persoalan umat di dunia.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Zulfa Ma’rifatul Azizah, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

 

 

Yunita Indrawati, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

 

 

References

Adi, L. (2022). Pendidikan keluarga dalam perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Ar-Rasyid, 7(1), 1–9.

Dahlia, L. (2019). Fenomena prank dalam perspektif hadis (kajian ma’ani al-hadith No. Indeks 5004 melalui pendekatan sosio-historis). UIN Sunan Ampel Surabaya.

Dalil, F. Y. M. (2017). Hadis-Hadis tentang Farmasi; Sebuah Kajian Integratif dalam Memahami Hadis Rasulullah. Proceeding IAIN Batusangkar, 1(1), 309–326.

Darmawan, A. B. (2013). Anti-Aging Rahasia Tampil Muda di Segala Usia. MediaPressindo.

Fitri, A. (2018). Pendidikan karakter prespektif al-Quran hadits. TA’LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(2), 258–287.

Fitri, H. (2020). Urgensi Psikologi Pendidikan Islami dalam Pengajaran. Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 6(1), 140–150.

Hamid, A. (2017). Agama dan kesehatan mental dalam perspektif psikologi agama. Healthy Tadulako Journal (Jurnal Kesehatan Tadulako), 3(1), 1–14.

Haris, M. (2018). Pendekatan Psikologi Dalam Studi Islam. Palita: Journal of Social Religion Research, 2(1), 73–90.

Hasanah, U., & Suatuti, E. (2020). Buku Ajar Teori Hukum. SCOPINDO MEDIA PUSTAKA.

Ichwan, M. N. (2013). Towards a puritanical moderate Islam: The Majelis Ulama Indonesia and the politics of religious orthodoxy. Contemporary Developments in Indonesian Islam: Explaining the ‘conservative Turn, 60–104.

Kholel, A. (2020). Fanatisme dan solidaritas suporter Ultras Gresik dalam mendukung tim Gresik United. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Manara, M. U. (2014). Hard Skills dan Soft Skills pada Bagian Sumber Daya Manusia di Organisasi Industri. Jurnal Psikologi Tabularasa, 9(1).

Mansir, F. (2018). Pendekatan psikologi dalam kajian pendidikan islam. Psikis: Jurnal Psikologi Islami, 4(1), 61–73.

Muhazir, M. (2022). Studi Komparasi Metode Hermeneutika Hadis Perspektif Khaled M. Aboe el Fadl dan M. Syuhudi Ismail. El-Mizzi: Jurnal Ilmu Hadis, 1(1), 36–56.

Nadhiran, H., & Hayati, S. (2022). Kerangka Pemahaman Hadis Hasbi Ash-Shiddieqy. Jurnal Ilmu Agama: Mengkaji Doktrin, Pemikiran, Dan Fenomena Agama, 23(1), 52–75.

Nedih, Z. I. (2018). Kajian Tematik Tentang Hadis-Hadis Tertawa Dengan Pendekatan Psikologi. Jakarta: Fakultas Ushuluddin Dan Filsafat UIN Syarif Hidayatullah.

Nurmala, A. H. (2013). Pengaruh perkembangan psikologi anak sd terhadap keberhasilan kegiatan belajar mengajar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Siregar, E. (2017). Hakikat Manusia (Tela’ah Istilah Manusia Versi Al-Qur’an dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam). Majalah Ilmu Pengetahuan Dan Pemikiran Keagamaan Tajdid, 20(2), 48–67.

Susantyo, B. (2011). Memahami perilaku agresif: Sebuah tinjauan konseptual. Sosio Informa: Kajian Permasalahan Sosial Dan Usaha Kesejahteraan Sosial, 16(3).

Sutarto, J. T. (2013). Pensiun, Bukan Akhir Segalanya. Gramedia Pustaka Utama.

Tajang, A. D. (2020). Pendekatan Psikologi Dalam Studi Hadis (Sebuah Pengantar). Jurnal Ushuluddin: Media Dialog Pemikiran Islam, 22(1).

Wahid, A. (2014). Konsep ilmu pengetahuan menurut Al-Ghazali dan Ibnu Rusyd, serta implikasinya terhadap pengembangan pendidikan Islam. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Zakiyah, Z., Saputra, E., & Alhafiza, R. G. (2020). Rekonstruksi Pemahaman Hadis dan Sunnah Menurut Fazlur Rahman. Mashdar: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Hadis, 2(1), 19–36.

Zamy, M. N. S. Z. (2021). Kesaksian Ulul’Ilmi terhadap Ke-Esaan Allah dalam Surat Al-Imran Ayat 18: studi Tafsir Al-Azhar Karya Hamka. UIN Sunan Ampel.
Published
2022-12-20