Pengaruh Penggunaan Media Trainer Kopling Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Matakuliah Elemen Mesin I

  • Mohammad Munib Rosadi Universitas Hasyim Asy’ari
  • Basuki Basuki Universitas Hasyim Asy’ari
  • Fajar Satriya Hadi Universitas Hasyim Asy’ari
Keywords: motivasi belajar, media belajar, trainer, kopling

Abstract

Matakuliah Elemen Mesin I merupakan matakuliah inti pada Prodi Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Hasyim Asy’ari. Salah satu materi dalam matakuliah ini mempelajari tentang sistem kopling yang didalamnya terdapat materi daya, momen puntir, gesekan dan tegangan. Menilik pentingnya materi dalam matakuliah ini, maka penting untuk membuat pendekatan nyata dalam bentuk praktikum dengan cara memberikan pengalaman secara langsung bagaimana sebuah sistem kopling bekerja beserta perhitungan gaya-gaya yang bekerja di dalamnya. Sehingga perlu dihadirkan trainer kopling untuk menunjang pembelajaran mahasiswa. Tujuan penelitian ini secara khusus adalah mengetahui pengaruh trainer terhadap motivasi belajar mahasiswa pada pembelajaran matakuliah Elemen Mesin I materi kopling. Pada mulanya dirancang dan dibangun sebuah trainer kopling yang kemudian dihadirkan pada pembelajaran. Metode pada penelitian ini termasuk dalam metode eksperimental. Desain penelitian menggunakan one group pre-test post-test design. Instrumen penelitian berupa angket dengan 20 butir pernyataan motivasi belajar yang terbagi kedalam lima sikap yaitu: (1) menumbuhkan rasa percaya diri; (2) memusatkan perhatian; (3) rasa suka; (4) ketertarikan; dan (5) keaktifan . Hasil penelitian merujuk pada hasil angket yang mengukur lima sikap didapatkan hasil bahwa menumbuhkan rasa percaya diri memiliki skor dominan  dengan membukukan  342 poin, diikuti dengan memusatkan perhatian dengan skor 333, rasa suka mencapai skor 332, ketertarikan dengan skor 325 dan keaktifan pada posisi terakhir dengan skor 310.

Downloads

Download data is not yet available.

References

N. Hidayati, and A. I. Wuryandari, “Media Design for Learning Indonesian in Junior High School Level,” Procedia - Social and Behavioral Sciences 67 ( 2012 ) 490 – 499.
Smaldino S E et al. (2004). Instructional Technologi and Media for Learning 8th Edition. New Jersey: Prentice Hall.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sularso. (2000) Dasar perencanaan dan pemilihan elemen mesin. Jakarta : PT. Pradnya Paramita.
Titi, Rudy.O, dkk. 2020. Pengaruh Penerapan Media Simulator Board Cara Kerja
Sistem Kopling Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKRO SMK
Negeri 5 Kupang: Komodo Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, Volume 1 Nomor 1,
25-34 (ptmundana.org), diakses 25 Oktober 2020.
V. Gehlen-baum, and A. Weiberger, “Teaching, learning and media use in today’s lectures,” Computers in Human Behavior 37 (2014) 171–182.
Published
2023-04-18