Kajian Penerapan Ekologi pada Interior Kamar Alila Villas Uluwatu Bali

  • Renada Trifirdausi Nabila UPN “Veteran” Jawa Timur, Indonesia
  • Adibah Nurul Yunisya UPN “Veteran” Jawa Timur, Indonesia
Keywords: arsitektur ekologi, bali, hotel resort, interior

Abstract

Indonesia memiliki banyak destinasi pada sektor pariwisata yang berpotensi meningkatkan perolehan devisa negara. Salah satu daerah destinasi wisata yang terkenal dan dapat meningkatkan devisa negara yaitu Bali. Masyarakat yang berkunjung ke Bali tidak hanya dari wisatawan lokal           namun juga wisatawan mancanegara. Sektor pariwisata yang diperkuat pada wilayah Bali akan semakin banyak penyedia fasilitas penginapan hotel resort, namun hal ini akan menyebabkan perpindahan polusi dari wisatawan lokal dan wisatawan asing ke tempat pariwisata yang dapat mengancam kerusakan ekosistem lingkungan. Berdasarkan latar belakang tersebut maka perlu penerapan arsitektur ekologi pada interior kamar kawasan penginapan berupa bangunan hotel resort. untuk memahami prinsip yang digunakan pada interior hotel resort di Bali. Metode: Objek penelitian  menggunakan Alila Villas Uluwatu Bali  yang dikaji dengan metode kualitatif secara studi kepustakaan dengan mempelajari literatur menggunakan parameter  uji antara lain ramah lingkungan, hemat energy, pemeliharaan sumber lingkungan, dan menggunakan material lokal. Hasil:  prinsip ekologi telah menerapkan ekologi arsitektur dalam interior kamar Alila Villas Uluwatu Bali untuk mengatasi kerusakan lingkungan dengan menciptakan ruang hemat energi yaitu dengan cara menerapkan mendesain bangunan dengan pengunaan lampu LED dan penghawaan alami serta menciptakan desain ramah lingkungan dengan cara menggunakan bahan alam dan material local Bali

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi, A.R. 2017. Kajian Konsep Ekologis pada Gedung Perpustakaan Pusat UGM. Jurnal Antrium, 3(1).

Fadhilah, K. and Faqih, M., 2019. Penerapan Arsitektur Ekologis pada Bangunan Resort Tepi Pantai Karimunjawa. Jurnal Sains dan Seni ITS, 7(2), pp.100-104.

Frick, H., 1998. Dasar-dasar arsitekturekologis. Yogyakarta: Kanisius.

Frick, H. & Bambang, S. 2007. Dasar-dasar Arsitektur Ekologis. Semarang : PT Kanisius.

Frick. H, Mulyani, & Tri Hesti. 2006. Arsitektur Ekologis Seri Eko-Arsitektur 2. Yogyakarta : Kanisius.

Kusumarini, Y., 2003. Eko-interior dalam pendekatan perancangan interior. Dimensi Interior, 1(2), pp.112-126.

Mahardika, S. & Widjii, I. T. 2013. Penerapan Arsitektur Ekologis pada Perancangan Sekolah Tinggi Seni Pertunju kandi Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Online Institut Teknologi Nasional. 1(3).

Muslim, A. A., Ashadi, & Anggana, F.S. 2018. Konsep Arsitektur Ekologi pada Penataan Kawasan Wisata Candi Cangkuang di Garut Jawa Barat. Purwarupa. pp.57- 70.

Mustofa, V.N.P. and Subiyantoro, H., 2020. KAJIAN EKOLOGI PADA BANGUNAN RESORT DI KAWASAN PESISIR. WIDYASTANA Jurnal Mahasiswa Arsitektur, 1(02), pp.174-182.

Nazarudin, R. and Anisa, A., 2021. Kajian Konsep Arsitektur Ekologi Pada Kawasan Hotel Alam Asri Resort. RUSTIC, 1(1), pp.11-21.

Nico Saieh, 2020, Alila Villas Uluwatu / WOHA, Archdaily, 30 Juni 2022, https://www.archdaily.com/59740/alila-villas-uluwatu-woha.

Pendit, N. S., 1999. Ilmu Pariwisata. Jakarta: Akademi Pariwisata Trisakti.

Ramadhan. 2013. Kawasan Hotel Resort dan Homestay di Pulau Lemukutan Kabupaten. Jurnal online mahasiswa Arsitektur “Langkau Betang”. Pp.13-27.

Ryn, S. V., & Cowan, S, 2006. Ecological designredux. Buildings for the 21st Century, pp.1-4

Saputri, N.N.S.A., 2021. KONSEP EKOLOGI AYANA RESORT HOTEL AND SPA. Jurnal Vastukara, 1(1), pp.40-48.

Sidik. & Daniel, F. 2016. Implementasi Konsep Arsiktektur Ekologi pada Rancang Bangun Rumah Minimalis. Techno Nusa Mandiri. pp. 23-31.

Titisari, E. Y., Joko, T.S. & Noviani, S. 2012. Konsep Ekologis pada Arsitektur di Desa Bendosari. Jurnal Ruas, pp. 20-31.

Wicaksono, A., A dan Endah Trisnawati.(2014). Teori Interior. Jakarta: Griya Kreasi.
Published
2023-04-27