“Stadium General" Metode Penelitian Kuantitatif

  • Slamet Riyadi Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, Indonesia
  • Muhammad Darwis Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, Indonesia
  • Uli Anto Hutagalung Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, Indonesia
  • Sukatno Sukatno Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, Indonesia
Keywords: Stadium General, Metode Penelitian, Metode Kualitatif

Abstract

Banyak mahasiswa merasakan berbagai macam kesulitan dalam menulis proposal penelitian sejak menemukan masalah dan merumuskannya atau menuangkannya dalam latar belakang masalah, terutama dalam metode penelitian kuantitatif yang tertinggi biasanya pada tahap metode penelitian dan metode analisis data yang akan dilakukan karena kita harus harus berurusan dengan rumus dan angka. Pelaksanaan kegiatan Stadium General ini dilakukan dengan memilih memilih jenis-jenis metode pengabdian yang sesuai dengan karakter peserta kegiatan. Metode pelaksanaan kegiatan ini menggunakan metode ceramah dan diskusi (Tanya-jawab). Metode ceramah ini hanya menggunakan indera pendengaran sebagai alat studi dominan yang bentuk interaksi melalui aplikasi dan narasi lisan dari guru kepada siswa. keseriusan yang sangat mendalam dari semua peserta dalam mengikuti kegiatan seperti ini. Kegiatan ini berjalan sangat serius dan antusias dan peserta mengusulkan jika dimungkinkan dapat dilakukan kegiatan yang sama pada hari Rabu mendatang (tanggal 25 Januari 2023), sehingga harapan peserta kegiatan kuliah umum seperti ini dapat menjadi budaya di STIT Muhammadiyah Sibolga-Tapanuli Tengah. Pihak peserta menyadari sepenuhnya bahwa metode penelitain kuantitatif sangat berbeda dengan penelitian kualitatif : (1) benar-benar memanfaatkan keterampilan, minat dan bakat dari seluruh mahasiswa yang belum memahami metode penelitian kualitatif; (2) terpusat pada masalah-masalah penelitian, khususnya metode penelitian kualitatif, (3) dapat memberikan informasi kepada rekan-rekan mahasiswa yang agar dapat memberikan manfaat yang positif (4) mahasiswa dapat menetapkan pilihan untuk menentukan pendekatan yang akan dianut ketika mengajukan judul penelitian yang di masa yang akan datang, dan (5) mahasiswa memiliki pemahaman memadai guna menentukan pilihan terkait dengan penelitian yang akan dilakukan di tahun 2010.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Indriyati R, (2021). PENGARUH PEMBELAJARAN METODOLOGI PENELITIAN TERHADAP KARYA TULIS ILMIAH TARUNA POLITEKNIK BUMI AKPELNI. Jurnal Saintek Maritim, 21(2), 179-189
Amaliah, T. H. (2021). Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Melalui Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Dengan Menggunakan Metode Kualitatif Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v7i2.10677
Amin, & Sumendap, L. Y. S. (2022). 164 Model Pembelajaran Kontemporer. Pusat Penerbitan LPPM Universitas Islam 45 Bekasi.
Asmawan, A. (2017). Analisis Kesulitan Mahasiswa Menyelesaikan Skripsi. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2), Article 2. https://doi.org/10.2317/jpis.v26i2.3331
Daniel, F., & Taneo, P. N. L. (2019). Analisis Kesulitan Mahasiswa Dalam Penyusunan Proposal Penelitian Pendidikan Matematika. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(2), 79–83. https://doi.org/10.26737/jpmi.v4i2.956
Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Deepublish.
Dhewy, R. C. (2022). Pelatihan Analisis Data Kuantitatif Untuk Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa. JABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), Article 3.
Fitria, T. N. (2022a). Analysis of EFL Students’ Difficulties in Writing and Completing English Thesis. LLT Journal: A Journal on Language and Language Teaching, 25(1), Article 1. https://doi.org/10.24071/llt.v25i1.3607
Fitria, T. N. (2022b). Pelatihan Penulisan Proposal TA dan Skripsi Dengan Menggunakan Metode Penelitian Kualitatif Untuk Mahasiswa D3 dan S1. DIMASTEK (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Teknologi), 2(2), Article 2.
Martono, N. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder (sampel halaman gratis). RajaGrafindo Persada.
Pasaribu, M. X. N., Harlin, H., & Syofii, I. (2016). Analisis Kesulitan Penyelesaian Tugas Akhir Skripsi Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universtas Sriwijaya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.36706/jptm.v3i1.5346
Setiawan, A. A., Johan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).
Suprihati, S., & Fitria, T. N. (2021). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah (Tugas Akhir dan Skripsi) Bagi Mahasiswa D3 dan S1 Di Provinsi Jawa dan Luar Jawa. Jurnal Inovasi Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.47232/jptm.v1i1.91
Tutpai, G., & Unja, E. E. (2022). Hambatan Dalam Penyusunan Proposal Penelitian Oleh Mahasiswa Keperawatan STIKES Suaka Insan Banjarmasin. Jurnal Keperawatan Suaka Insan (JKSI), 7(1), Article 1. https://doi.org/10.51143/jksi.v7i1.322
Wahyu, R. N. S. &. (2021). Metode Penelitian R&D (Research and Development) Kajian Teoretis dan Aplikatif. CV Literasi Nusantara Abadi.
Widiasworo, E. (2019). Menyusun Penelitian Kuantitatif untuk Skripsi dan Tesis. Araska Publisher
Published
2023-04-28