Studi Komparatif Pemasaran Offline Store dengan Pemasaran Online B2C pada UMKM Warbaks Sotang Mozarella di Rengasdengklok
Abstract
Permasalahan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) pada saat ini banyak yang tidak berkembang terutama pada masa pandemi (COVID-19). Penyebabnya volume penjualan menurun drastis. pemasaran online B2C menjadi salah satu solusi bagi para pelaku usaha salah satunya UMKM Warbaks SoTang Mozarella selain menggunakan pemasaran offline sejak tahun 2021 UMKM ini sudah menggunakan pemasaran online B2C dengan memanfaatkan media Instagram, Facebook dan Gofood. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis dan menjelaskan strategi pemasaran yang efektif melalui dua metode yaitu dengan metode pemasaran offline maupun pemasaran online B2C. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis dan penelitian yang sudah dilakukan, menunjukkan bahwa strategi pemasaran offline di UMKM SoTang Mozarella lebih efektif dibandingkan strategi pemasaran online. Konsumen lebih menyukai membeli langsung ke tempat Warbaks SoTang Mozarella dibandingkan memesan secara online.
Downloads
References
Ardianto, A. (2012). Metode Penelitian Untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Simbiosa Rekatama Media.
Arfa, M. (2019). Strategi Pemasaran Melalui Sosial Akun Twitter dalam Meningkatkan Kunjungan Pelanggan Coffe Makassar. 5(December), 118–138.
Asmarandhana, K. U. (2022). Journal of Community Service and Engagement ( JOCOSAE ) Peningkatan Pemahaman Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kemandirian Ekonomi &. 2(3), 27–34.
Assauri, S. (2013). Manajemen Pemasaran : Dasar, Konsep, Dan Strategi, (cetakan 7). PT. Raja Grafindo Persada.
Aufa, Q. (2019). Efektivitas Metode Pemasaran Secara Online Dan Offline Terhadap Hasil Penjualan (Studi pada Toko Helm Kafana Store). Thesis.
Cahyono, B., Haryono, A. T., & Malik, D. (2019). Analisa Kekuatan Strategi Pemasaran Melalui Online Marketing, Offline Marketing dan Service Excellent terhadap Loyalitas Konsumen Pt. Adinata Graha Raya Kaliwungu dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening.Journal of Management, 3(3), 1–13. http://jurnal.unpand.ac.id/index.php/MS/article/view/714
Chafey, D. (2012). Internetnet Marketing:Strategy, Implementation, and Practic. pearson Education Limited.
Christopher, A., Tirtana, A., & Aditya, A. (2022). Analisis Tingkat Penerimaan Aplikasi Bca Mobile Di Kota Malang Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (Tam). Jurnal Teknoinfo, 16(2), 452. https://doi.org/10.33365/jti.v16i2.2045
M. Anang Firmasyah (2019). June, 398.
Faizah, N. K. (2018). Strategi Pemasaran Produk Pakaian Dengan Sistem Online Dan Offline Di Toko Bibishop Grosir Nganjuk (Studi Komparasi). 6–7.
Harahap, D. F., & Hasim, W. (2021). Implementasi Swot Strategi Pemasaran Onlinepada Counter Super Cell Di Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo. Jurnal Manajemen Sains, 1(1). https://doi.org/10.36355/jms.v1i1.471
Hashfi, S. M. (2021). Analisis Strategi Marketing @Gamisanak_Rahmahshop Surabaya Melalui Instagram. Repository Untag, 1–16.
Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 39. https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.844
Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45
Prastiwi, Q. (2019). Analisis strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan pada umkm pabrik roti alfaris bakery medan skripsi. STIE Dharma Putra, 1(Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada UMKM), 345.
Robert N. Anthony, J. D. (2014). Sistem Pengendalian Manajemen. Binarupa Aksara.
Setiawati, I. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Peningkatan Laba Umkm. Strategi Komunikasi Pemasaran, 20, 1–5. file:///C:/Users/BAYU/Downloads/Documents/263-760-1-PB.pdf
siyoto. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. literasi media publishing.
Sugiyono. (2013). Metode PenelitianKuantitatif, Kualitatif dan R & D ((22nd ed.)). Alfabeta.
suliyanto. (2018). Metode Riset Bisnis. Andi offset.
Suryatman, T. H., Kosim, M. E., & S, G. E. (2021). Perencanaan strategi pemasaran dengan analisis Swot dalam upaya meningkatkan penjualan sepatu Adidas di PT . Panarub Industry Marketing Strategy Planning With Analysis Swot In Effort To Increase Sales Of Adidas Shoe At PT . Panarub Industry. Journal Industrial Manufacturing, 6(1), 43–56.
Syahir, A. (2017). Strategi Marketing B2B dan B2C. Convention Center Di Kota Tegal, 4(80), 4. http://digilib.polban.ac.id/files/disk1/98/jbptppolban-gdl-leslianyol-4876-3-bab2--9.pdf
Wardhana, A. (2018). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMK di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV, April 2015, 327–337.
Wicaksono, A. P., Rachma, N., & Khoirul, M. (2019). Pengaruh Kepuasaan Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang Pelanggan Di Toko Distortion Merch Malang. E – Jurnal Riset Manajemen, 8(3), 130–139.
Copyright (c) 2023 Andi Fitriansyah, Netti Nurlenawati, Dexi Triadinda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.