Disrupsi Teknologi Tanggung Jawab Guru Bagi Pelaku dan Korban Cyberbulyling

  • Hendrik Legi Sekolah Tinggi Agama Kristen Diaspora Wamena Papua
  • Semi Darius Kainara Sekolanh Tinggi Teologi Arastamar Wamena Papua
Keywords: Distrupsi Teknologi, Cyberbullying, Tanggung Jawab Guru

Abstract

Di era digital, perkembangan teknologi telah memberikan pengaruh besar pada munculnya cyberbullying. Cyberbullying adalah tindakan merugikan dan berdampak negatif terhadap korban yang dapat memicu masalah psikologis dan emosional dalam jangka panjang. Oleh karena itu, tanggung jawab guru sangat penting dalam mengatasi masalah ini. Guru harus memberi pemahaman kepada peserta didik tentang bahaya cyberbullying, membuat kebijakan sekolah, menciptakan lingkungan belajar yang aman, menyelesaikan masalah cyberbullying, dan memperbaiki hubungan antara korban dan pelaku. Beberapa solusi lain untuk mengatasi cyberbullying yaitu pelatihan penggunaan teknologi untuk guru,  sekolah dapat berkolaborasi dengan orang tua, pelatihan dan bimbingan untuk siswa, mengembangkan sikap positif kepada siswa, perlindungan dan dukungan bagi korban, dan pengembangan dan penerapan teknologi terbarukan. Dengan tindakan dan solusi yang tepat, cyberbullying dapat dicegah dan diatasi. Penelitian ini mengunakan metode Studi literatur dan pendekatan deskriptif analitik digunakan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya cyberbullying dan bagaimana tanggung jawab guru dalam mengatasi masalah tersebut. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pendidik memainkan peran penting dalam memerangi cyberbullying dan peran lingkungan belajar yang aman dan positif dapat menekan terjadinya perilaku cyberbullying. Kecanduan  teknologi dapat  berpengaruh  signifikan terhadap perkembangan cyberbullying. Oleh karena itu, penting bagi semua pihak, termasuk pendidik, orang tua, dan siswa, untuk berkolaborasi dan memperhatikan hal-hal tersebut guna menciptakan lingkungan belajar yang aman dan positif bagi semua. Tindakan dan solusi yang tepat dapat membantu mengatasi dan mencegah cyberbullying.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Semi Darius Kainara, Sekolanh Tinggi Teologi Arastamar Wamena Papua

 

 

References

Afdal, A., Ningsih, T. P., Maharani, U. K., & ... (2021). Perbedaan Kecendrungan Melakukan Ujaran Kebencian (Hate Speech) Antara Laki-Laki Dan Perempuan. In … : Kajian Teori dan …. scholar.archive.org.

Ahmadi, F., & Ibda, H. (2019). Konsep dan aplikasi literasi baru di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0. books.google.com.

Ali, N., & Perdana, J. A. (2020). Kemitraan Orangtua: Memperkuat Eksistensi Karakter Islami di Era Revolusi Industri 4.0. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah ….

Awalia, H., Hamdi, S., & Nasrullah, A. (2022). Penyuluhan Literasi Keuangan Digital Pada Perempuan di Desa Wisata Banyumulek, Kabupaten Lombok Barat. JILPI: Jurnal Ilmiah ….

Bawamenewi, Y., Stefani, P., & ... (2022). Guru Kristiani Mengatasi Cyberbullying Anak Remaja Usia 13-18 tahun. … Agama Kristen Duta ….

Fauziyah, N. (2022). Program Program Layanan Bimbingan dan Konseling sebagai Pencegahan Bullying di Sekolah. … Qulub: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam.

Indradi, A. H., & Hendryanto, Y. D. (2022). Analisis hukum terhadap instrumen kebijakan pemerintah dalam mewujudkan akselerasi literasi digital. repository.unigal.ac.id.

Legi, H., Giban, Y., & Hermanugerah, P. (2022). Virtual Reality Education In Era 5.0. Journal Research of Social, Science, Economics, and Management, 2(04), 504–510.

Legi, H., Riwu, M., & Djoweni, I. S. H. (2022). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam Pengelolaan Kurikulum untuk Mewujudkan Sekolah Unggul. Jurnal Basicedu, 6(6), 9499–9507.

Legi, H., & Wamo, A. (2023). MERDEKA MENGAJAR DI ERA DIGITAL. PEDAGOG Jurnal Ilmiah, 1(1), 16–20.

Rahmawati, F. P., & Rusdiyani, E. (2018). Pola Penguatan Karakter Siswa Sekolah Dasar dengan Sinergi Sekolah, Masyarakat, dan Keluarga. publikasiilmiah.ums.ac.id.

Santika, I. G. N. (2021). Grand Desain Kebijakan Strategis Pemerintah Dalam Bidang Pendidikan Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Education and Development.

Suhendar, A. (2021). Guru Pendidik 4.0: Menjadi Guru Kreatif, Inovatif, dan Adaptif di Era Disruptif. books.google.com.

Sulasmi, E., Sibuea, M. B., Eriska, P., & ... (2020). COVID 19 &KAMPUS MERDEKA Di Era New Normal. Kumpulan Buku ….

Published
2022-11-25