Analisis Ketepatan Waktu Makan dan Ketepatan Diet Pasien Rawat Inap

  • Salwa Khalishah Universitas Negeri Semarang
  • Putri Puspita Meganingrum Universitas Negeri Semarang
Keywords: Diet, Waktu Makan, Rawat Inap

Abstract

Salah satu unit penunjang pelayanan rumah sakit yang mendukung proses pengobatan dan rehabilitasi adalah pelayanan gizi. Pemberian nutrisi yang baik mendukung proses penyembuhan penyakit Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis aktualitas nutrisi dan ketepatan nutrisi di Rumah Sakit Bhayangkara Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian Rapid Assessment Procedures (RAP). Sampel penelitian ini termasuk 25 pasien dari setiap bagian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pendistribusian sarapan, diketahui ketepatan waktu pendistribusian sarapan secara keseluruhan 80% atau tidak sesuai standar waktu yang diharapkan dari pendistribusian makanan di rumah sakit yaitu 100%. 92% ketepatan waktu makan tidak tepat atau tidak sesuai dengan waktu makan normal rumah sakit. Hanya 60% ketepatan waktu pelayanan makanan yang tidak memadai atau tidak sesuai dengan waktu normal pelayanan makanan di rumah sakit. Sedangkan pembagian pada istirahat pagi dan istirahat siang berbeda. Keakuratan pembagian sarapan pagi hanya 72%, namun pembagian snack sore adalah 100%, dimana pembagian snack sore masih dalam standar rumah sakit. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Familta, Z., Elfindri, E., & Yunita, J. (2019). Analisis Analisis Manajemen Pelayanan Instalasi Gizi Di Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad Provinsi Riau Tahun 2019: Analisis Manajemen Pelayanan Instalasi Gizi Di Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad Provinsi Riau Tahun 2019. Jurnal Kesehatan Komunitas, 5(3), 218–226.

Mail, D. A. A., Fahmi, N. F., Putri, D. A., & Hakiki, M. S. (2021). Kebijakan pemotongan sapi di RPH (Rumah Potong Hewan) dalam kaitannya dengan prinsip manajemen halal dan HACPP (Hazard Analysis Critical Control Point). Halal Research Journal, 1(1), 20–38.

Manorek, L., Tucunan, A. A. T., & Ratag, B. T. (2020). Hubungan Antara Persepsi Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Peserta Bpjs Di Puskesmas Pingkan Tenga Kabupaten Minahasa Selatan. KESMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi, 9(2).

Mardianingsih, N., Utami, F. A., & Palupi, I. R. (2020). Capaian standar pelayanan minimal gizi di rumah sakit umum daerah (RSUD) Manokwari Papua Barat. Jurnal Gizi Klinik Indonesia, 16(4), 152–167.

Marsiyah, S. (2019). Gambaran Ketepatan Waktu Distribusi Makan Pagi Dengan Sisa Makan Pasien Rawat Inap Di Rsud Ra Basoeni Kabupaten Mojokerto. Poltekkes Kemenkes Surabaya.

Muliawardani, R., & Mudayana, A. A. (2016). Analisis Manajemen Pelayanan Gizi di Rumah Sakit Jiwa Grhasia Daerah Istimewa Yogyakarta. None.

Nizar, M., & Mourbas, I. (2012). Evaluasi Pencapaian Indikator Standar Minimal Pelayanan (SPM) Gizi dan Hubugannya Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Rumah Sakit Tipe B Di Sumatera Barat Tahun 2012.

Pedoman, P. (2013). Pelayanan Gizi Rumah Sakit. Kementrian Kesehatan.

Permatasari, T. (2021). Pelayanan Gizi Rumah Sakit di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Medika Hutama, 3(01 Oktober), 1417–1425.

Prastuti, T. (2014). Analisis Manajemen Dalam Optimalisasi Pendapatan Asli Daerah Di Kabupaten Luwu Timur. Skripsi. Makasar: Universitas Hasanuddin.

Rachmawati, A. D., & Afifah, C. A. N. (2021). Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap terhadap Penyajian dan Pelayanan Makanan Di Rumah Sakit. Gorontalo Journal Of Nutrition And Dietetic, 1(2), 37–49.

Rina, A., Noor, T., & Setyowati, S. (2017). Hubungan Ketepatan Waktu Penyajian Dan Mutu Makanan Dengan Sisa Makanan Pasien Dewasa Non Diet Di Rsu Pku Muhammadiyah Bantul. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Rosita, Y. (2017). Hubungan Ketepatan Waktu Distribusi Dengan Asupan Makan Pasien di RSUD Wates Kabupaten Kulon Progo. UNIVERSITAS ALMA ATA YOGYAKARTA.

Saptaningrum, N. K. K. D., Kusumayanti, G. A. D., & Sugiani, P. P. S. (2020). Studi Kasus Gambaran Status Gizi dan Kadar Glukosa Darah Pasien Diabetes Militus di RSUD Wangaya Kota Denpasar. Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Denpasar.

Sriatmi, A. (2020). Evaluasi Proses dalam Program Penanganan Stunting di Semarang.

Triyanto, A., & KM, S. (2022). Hubungan Antara Ketepatan Waktu Penyajian Makanan Dan Rasa Makanan Dengan Sisa Makanan Pasien Umum Rsud Raa Soewondo Kabupaten Pati. JURNAL KEDIKLATAN WIDYA PRAJA, 2(1).

Published
2023-04-17