Pengembangan Komik Digital Menggunakan Canva Pada Materi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS Sma Negeri 1 Ketapang
Abstract
Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menghasilkan suatu Komik Digital Menggunakan Canva Pada Materi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dalam mengerjakan latihan-latihan pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ketapang. Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan multimedia pembelajaran interaktif ini adalah model Borg & Gall. Pemilihan model ini didasari atas pertimbangan bahwa model ini mudah untuk dipahami, dikembangkan secara sistematis, dan berpijak pada landasan teoritis desain pembelajaran yang dikembangkan. Model ini disusun secara terprogram dengan kegiatan yang sistematis dalam upaya pemecahan masalah belajar yang berkaitan dengan media belajar yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik anak. Proses pengembangan melibatkan ahli isi mata pelajaran, ahli desain pembelajaran dan ahli media pembelajaran untuk memberikan tanggapan dan masukan perbaikan. Selain itu guru mata pelajaran ekonomi dan siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ketapang sebagai pengguna Buku Digital ini juga memberikan tanggapan dan masukannya. Penggunaan Pengembangan Komik Digital Menggunakan Canva model Borg & Gall Untuk Mata Pelajaran ekonomi ini efektif dapat meningkatkan interaksi belajar aktif. Hasil penelitian pengembangan ini adalah Produk Komik Digital Menggunakan Canva ini memiliki tingkat kelayakan materi, kelayakan desain pembelajaran, dan kelayakan media pembelajaran. Sedangkan tingkat uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan dengan kualifikasi sangat layak dan tidak perlu direvisi.
Downloads
References
Aisyah, S., & Dewi, R. M. (2022). Pengaruh Literasi Ekonomi dan Literasi Digital Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X-E3 SMA Negeri 3 Sidoarjo di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 10(2), 139–147. https://doi.org/10.26740/jupe.v10n2.p139-147
Andayani, F., Maula, L. H., & Sutisnawati, A. (2020). Pengembangan media komik berbasis digital terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi metamorfosis di kelas tinggi. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 308–318. https://doi.org/10.31100/dikdas.v3i2.666
Arikunto, Suharsimi, & Safruddin. (2013). Evaluasi Program Pendidikan. In Bumi Aksara.
Ernawati, Y. (2020). Komik Digital Ekonomi Untuk Generasi Milenial. Jurnal Education and Development, 8(2), 7.
Hidayah, Y. F., Siswandari, S., & Sudiyanto, S. (2017). Pengembangan media komik digital akuntansi pada materi menyusun laporan rekonsiliasi bank untuk siswa smk. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(2), 239–250. https://doi.org/10.24832/jpnk.v2i2.588
Junaedi, S. (2021). Aplikasi canva sebagai media pembelajaran daring untuk meningkatkan kemampuan kreatifitas mahasiswa pada mata kuliah English for information communication and technology. Bangun Rekaprima: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa, Sosial Dan Humaniora, 7(2, Oktober), 80–89.
Khotimah, K., Irmayanti, E., & Surindra, B. (2021). Pengembangan E-Modul Ekonomi Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis Materi Pelaku Ekonomi Untuk Siswa Kelas X AKL 1 SMKN 2 Kediri. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 7(1), 71–80.
Kusumawati, E. (2022). Peningkatan Mutu Sekolah Dasar Negeri Melalui Implementasi Total Quality Management. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(11), 16404–16414.
Narestuti, A. S., Sudiarti, D., & Nurjanah, U. (2021). Application of Digital Comic Learning Media to Improve Student Learning Outcomes. https://doi.org/10.37058/bioed.v6i2.3756
Puspitasari, N. I. (2015). Pengembangan media pembelajaran e-learning berbasis Edmodo Blog Education pada mata pelajaran akuntansi kelas XI. Universitas Negeri Malang.
Rahmatullah, D., Suryani, E., Fatmawati, F., Merdekawati, A., & Yahya, F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Materi Kerjasama Ekonomi Internasional Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi MIPA SMA Negeri 1 Plampang Tahun Pelajaran 2019/2020. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(4), 179–186.
Ratnasari, D. T., & Ginanjar, A. (2019). Pengembangan komik digital sebagai media edukasi penanggulangan bencana alam. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 481–488. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i1.679
Shazlinda, N. S. (2019). Pengaruh Komunikasi Guru Dengan Siswa Terhadap Perilaku Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IIS SMA Negeri 15 Bone. Ekonomi.
Suharsimi, A. (2015). Penelitian tindakan kelas.
Winarni, E. W., & Koto, I. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis STEM Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 4(2), 22–29. https://doi.org/10.33369/dikdas.v4i1.14630
Winda, W. L., Thomas, O., FL, B. C., & Toendan, K. (2021). Pengembangan Media Komik Digital “Bahaya Virus" Pada Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 14(2), 125–131.
Copyright (c) 2023 Sulaiman Sulaiman, Nurmida Catherine, Harton Harton
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.