mHealth Rekaman Medis Sebagai Solusi Mencegah Penyakit Tidak Menular: Kontribusi Pada Otonomi Khusus Provinsi Papua Barat

  • Febrianto Febrianto Program Studi Magister Hukum Program Pascasarjana Universitas Kristen Indonesia
Keywords: Rekaman Medis, Tidak Menular, Mencegah Penyakit

Abstract

mHealth (mobile health) adalah aplikasi yang dirancang untuk berjalan pada Sistem Operasi (SO) di perangkat mobile phone. Secara spesifik mHealth sesungguhnya adalah aplikasi yang dirancang untuk berjalan pada perangkat mobile phone dengan SO Android, yang dikhususkan untuk mengelola informasi kesehatan. Semetara itu, mHealth yang dimaksud disini adalah aplikasi yang dikembangkan untuk membantu mencegah dan mengendalikan berbagai Penyakit Tidak Menular (PTM)  khususnya, bagi mereka yang dalam era Otonomi Khusus Provinsi Papua Barat kurang terlayani.

Pengembangan aplikasi mHealth dimaksudkan untuk merekam berbagai indikator yang menentukan resiko PTM seseorang. Indikator tersebut terekam setiap kali seseorang melakukan pemeriksaan di berbagai klinik/apotek/Rumah Sakit. Data rekaman medis tersebut akan tersimpan pada tempat penyimpanan berbasis awan (Firebase Realtime Database) yang sewaktu-waktu dapat diakses dari mana saja dan kapan saja hanya oleh orang tersebut atau tenaga medis terlatih (dokter, tenaga medis lainnya) sebagai pembuat keputusan yang telah mendapatkan izin oleh pemilik rekaman medis.  

Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Design Science Research Methodology (DSRM). Hasil akhir dari penelitian ini berupa aplikasi MMR (Mobile Medical Record) berbasis smartphone, yang dapat digunakan untuk membantu mencegah sedini mungkin gejala PTM seseorang hingga tidak sampai menyebabkan persoalan komplikasi PTM yang lebih serius seperti gagal ginjal, diabetes melitus, gagal jantung, stroke hingga mencapai kematian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya, R., Pranatawijaya, V. H., & Putra, P. B. A. A. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Monitoring Kegiatan Menggunakan Metode Prototype. Journal of Information Technology and Computer Science, 1(1), 47–57.

Ahdan, S., & Setiawansyah, S. (2020). Pengembangan Sistem Informasi Geografis Untuk Pendonor Darah Tetap di Bandar Lampung dengan Algoritma Dijkstra berbasis Android. Jurnal Sains Dan Informatika: Research of Science and Informatic, 6(2), 67–77.

Aini, F. N., & Wauran, I. (2021). Pemenuhan Prinsip Fair Use Dalam Cover Lagu Berdasar Hukum Hak Cipta Indonesia. Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum, 15(1), 111–132.

Aryani, N. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Barang Bangunan Pada Toko Bangunan Cahaya Mutiara Balonggandu Karawang. RUBSI (Repository Universitas Bina Sarana Informatika).

Ayunda, R. (2021). Dampak Rill Implementasi Status Otonomi Khusus Di Provinsi Papua, Indonesia: Kajian Hukum Perspektif Good Governance. Jurnal Komunikasi Hukum (JKH), 7(1), 387–402.

Fajarianto, O., Iqbal, M., & Cahya, J. T. (2017). Sistem penunjang keputusan seleksi penerimaan karyawan dengan metode weighted product. Jurnal Sisfotek Global, 7(1).

Fatoni, Z., Astuti, Y., Seftiani, S., Situmorang, A., Widayatun, N. F. N., & Purwaningsih, S. S. (2015). Implementasi kebijakan kesehatan reproduksi di Indonesia: sebelum dan sesudah reformasi. Jurnal Kependudukan Indonesia, 10(1), 65–74.

Kustiyanti, S. A. (2023). Smart Hospital: Konsep, Implementasi, dan Tantangan. Transformasi Rumah Sakit Indonesia Menuju Era Masyarakat 5.0, 161.

Musriyati, T. (2022). Pengaruh Pendapatan Domestik Regional Bruto (Pdrb), Pengeluaran Pemerintah Dan Pengangguran Terhadap Indeks Pembangunan Manusia Di Provinsi Lampung Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Tahun 2012-2018). UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Peffers, K., Tuunanen, T., Rothenberger, M. A., & Chatterjee, S. (2007). A design science research methodology for information systems research. Journal of Management Information Systems, 24(3), 45–77.

Rochmah, S. K., & Sa’diyah, R. (2017). Strategi Pembelajaran PAI Pada Peserta Didik Tuna Grahita Sekolah Dasar Kelas Awal di Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) Pembina Tingkat I Cilandak Lebak-Bulus Jakarta Selatan. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 35–54.

Samsudin, S., Irawan, M. D., & Harahap, A. H. (2019). Mobile app education gangguan pencernaan manusia berbasis multimedia menggunakan Adobe Animate CC. (JurTI) Jurnal Teknologi Informasi, 3(2), 141–148.

Sari, N. N. K., Putra, P. B. A. A., & Christian, E. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Mobile Learning Tenses Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi: Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Bidang Teknik Informatika, 13(2), 37–46.

Trianto, E. A., & Yulianeu, A. (2018). Perancangan sistem informasi pembayaran abodemen di uptd pasar rajadesa. Jurnal Manajemen Dan Teknik Informatika (JUMANTAKA), 1(1).

Utomo, M. W. S. (2020). Penilaian Keberhasilan Aplikasi Kimia Farma Mobile dengan Model Delone & Mclean Studi Kasus: PT. Kimia Farma, Tbk. Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Published
2023-04-19