Pengaruh Faktor Psikologis, Gaya Hidup dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Honda HR-V di Showroom Honda Cibubur

  • Jufrianto Jufrianto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta, Indonesia
  • Jen Zainal Asyikin Hans Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta, Indonesia
Keywords: Psikologis, Gaya hidup, Kualitas pelayanan, Keputusan pembelian

Abstract

Tujuan penelitian sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui Pengaruh Psikologis terhadap keputusan pembelian. 2) Untuk mengetahui Pengaruh Gaya hidup terhadap keputusan pembelian. 3) Untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah onsumen Dealer Mobil Honda Cibubur dengan menetapkan sampel sebanyak 100 orang.  Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa: 1) Tidak ada pengaruh faktor Psikologis terhadap Keputusan pembelian. 2) Terdapat Pengaruh Gaya hidup terhadap Keputusan pembelian. 3) Tidak ada pengaruh Kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian. Secara bersama-sama faktor psikologis, gaya hidup dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Idrus, S., & MM, M. A. (2021). Kualitas Pelayanan dan Keputusan Pembelian: Konsep dan Teori. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Darmadiansyah, D., Rahmawati, E., & Hidayati, N. (2019). Pengaruh Karakteristik Nasabah, Pengetahuan Nasabah, Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Perbankan Syariah (Studi Pada Bank Kalsel Syariah Banjarmasin). Jurnal Bisnis dan Pembangunan, 8(1), 30-40.

Deri, P. A. L. (2020). ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN JASA TRANSPORTASI ONLINE MAXIMCAR DI KOTA PADANG. Abstract of Undergraduate Research, Faculty of Civil and Planning Engineering, Bung Hatta University, 2(3), 21-22.

Endah, S. R. (2018). Pengaruh Faktor Psikologis Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Motor N-Max Di Kabupaten Ponorogo (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).

Fatimah, S. (2013). Pengaruh Gaya Hidup Dan Konsep Diri Terhadap Pengambilan Keputusan Konsumen Dalam Memilih Coffeeshop Di Samarinda. Motivasi, 1(1), 36-43.

Fredereca, B. G., & Chairy, C. (2010). Pengaruh psikologi konsumen terhadap keputusan pembelian kembali smartphone blackberry. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan| Journal of Theory and Applied Management, 3(2).

Gunawan, Ce. (2018). Mahir Menguasai SPSS (Mudah Mengolah Data dengan IBM SPSS Statistic 25). Sleman. Deepublish (Grup Penerbitan CV Budi Utama)

Hartati, A. S., Hurriyati, R., & Widjajanta, B. (2017). Gaya Hidup Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian. Journal of Business Management Education (JBME), 2(1), 57-64.

Irawan, A. (2015). Analisis Perilaku Mahasiswa Manajemen dalam Kaitannya dengan Hasil Ujian Komunikasi Bisnis (Studi Mahasiswa pada Mahasiswa Manajemen Unjani). Jurnal Bisnis Darmaja.

Kartikasari, D. (2013). Pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian (Penelitian pada mahasiswa Administrasi Bisnis angkatan 2012/2013 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang mengkonsumsi produk mie instan merek Indomie) (Doctoral dissertation, Brawijaya University).

Kharisma, P. (2020). PENGARUH MOTIVASI DAN PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAPTOP MEREK ASUS (Survei pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo). VOLATILITAS, 2(4).

Lestari, W. (2020). Studi Empiris Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kenyamanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Indomaret Di Kecamatan Tenggarang Bondowoso (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Jember).

Mokoagouw, M. L. (2016). Pengaruh Gaya Hidup, Harga, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di Samsung Mobile It Center Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(1).

Nafali, M., & Soepeno, D. (2016). Analisis Pengaruh Faktor-faktor Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Mie Instanmerek Indomie. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 4(4).

Pangestu, S. D., & Suryoko, S. (2016). Pengaruh Gaya Hidup (Lifestyle) dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Pelanggan Peacockoffie Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(4), 519-530.

Putri, W. N. A. (2018). Pengaruh Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Kamar di Grand Royal Denai Hotel Bukittinggi. Jurnal Pendidikan dan Keluarga, 10(1), 116-128.

Sulaiman, M. (2012). Hubungan Faktor Sosial Ekonomi dan Gaya Hidup dengan Status Gizi Anak Sekolah Dasar di SDN 95 Bulo Kecamatan Walenrang Kabupaten Luwu Tahun 2012 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Wisudawati, R., Widiastuti, W., & Yudisiani, Y. (2014). Pengaruh Citra Merek Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Tas Hermes Tiruan Pada Wanita Karir (Doctoral dissertation, Universitas Bengkulu)

Published
2022-11-25