Hubungan Antara Efektivitas Pelayanan Antenatal Care Dengan Tingkat Kepuasan Ibu Hamil Pada Masa Pandemi Covid-19 di Puskesmas Kota Banjarbaru

  • Septiana Larosha Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, Surabaya, Kota Banjarbaru
  • Euvanggelia Dwilda Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, Surabaya, Kota Banjarbaru
  • Manggala Pasca Wardhana Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, Surabaya, Kota Banjarbaru
Keywords: antenatal care, COVID-19, ibu hamil, kesehatan

Abstract

World Health Organization (WHO) mengumumkan virus tersebut telah menyebar hampir ke seluruh negara di dunia termasuk Indonesia dan menjadi pandemi global. Pandemi yang terjadi telah banyak mengubah kehidupan manusia bahkan hampir pada semua sektor tak terkecuali pada sektor kesehatan khususnya pelayanan kesehatan ibu dan anak (KIA). Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara keefektifitasan dengan tingkat kepuasan ibu hamil dalam pelaksanaan pelayanan antenatal care pada masa pandemi COVID-19. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian analitik observasional yaitu dengan melakukan pengujian dan juga dengan menghubungkan antar variabel. Inferensi mengenai hubungan atau relasi yang ada antar variabel dibuat tanpa adanya manipulasi, berdasarkan dengan variasi yang muncul dalam suatu variabel terikat dan juga variabel bebas. Pada penelitian ini variabel independen yaitu efektivitas pelaksanaan pelayanan antenatal care pada masa pandemi COVID-19. Variabel dependen dalam penelitian ini yaitu tingkat kepuasan ibu hamil pada pelayanan antenatal care pada masa pandemi COVID-19. Hasil penelitian efektifitas dalam pelayanan Antenatal Care dengan persentase 22,2% masuk kategori cukup baik, kepuasan ibu hamil menunjukkan sebanyak 55 responden dengan persentase 87,3% masuk kategori rendah. Kesimpulan penelitian ini adalah tingkat kepuasan ibu hamil dapat dipengaruhi oleh kualitas kerja tenaga medis yang menanganinya. Penyedia layanan harus lebih memperhatikan keenam unsur yaitu bukti langsung, kehandalan, jaminan pelaksanaan dari petugas, kepedulian dan daya tanggap petugas dalam memberikan pelayanan yang mempengaruhi kepuasan pasien karena kepuasan pasien merupakan hal yang penting bagi pemberi pelayanan kesehatan.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Euvanggelia Dwilda, Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, Surabaya, Kota Banjarbaru

 

 

Manggala Pasca Wardhana, Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, Surabaya, Kota Banjarbaru

 

 

References

Banta, D. (2003). What is the efficacy/effectiveness of antenatal care and the financial and organizational implications. Copenhagen: WHO Regional Office for Europe (Health …, December.

Dartiwen, & Nurhayati, Y. (2019). Asuhan Kebidanan Pada Kehamilan. Yogyakarta: ANDI.

Direktorat Kesehatan Keluarga. (2020). Pedoman Bagi Ibu Hamil, Ibu Nifas, dan Bayi Baru Lahir Di Era Pandemi Covid-19. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.

Hamidiyah, Azizatul et al. 2018. Quality Of Antenatal Care With Pregnant Satisfaction. Jurnal Oksitosin, Kebidanan, Vol. V, No. 2, Agustus 2018 : 119-125.

Hasnih., Gunawan., H. (2016). Pengaruh Lima Dimensi Kualitas Pelayanan PublikTerhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat di Kelurahan Ompo Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Jurnal Mirai Management, 1(2), 426–445.

Iklima N, Hayati S. Komalasari A. 2021. Kepuasan Ibu Hamil Terhadap Pelayanan Antenatal Care pada Masa Pandemi di Puskesmas Ibrahim Adjie. Jurnal Keperawatan BSI. Vol. 9 (2).

Iman, A.T., & Suryani, D.L. (2017). Manajemen Mutu Informasi Kesehatan I: Quality Assurance. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.

Kemenkes RI. (2020). Pedoman pelayanan antenatal, persalinan, nifas, dan bayi baru lahir di Era Adaptasi Baru. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.

Kemenkes RI. (2020). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2019, Vol. 42, Issue 4. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.

Kusmiyati, Y.,dkk. (2015). Perawatan Ibu Hamil (Asuhan Ibu Hamil). Yogyakarta: Fitramaya.

Lestari, R.P., & Murti, I. (2015). Efektifitas Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM Mandiri) (Studi Kasus Di Desa Sedengan Mijen, Kecamatan Krian, Kabupaten Sidoarjo). 1(1): 195-201.

Machmud R. 2018. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Stunting pada Anak Usia 24-59 Bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Andalas Kecamatan Padang Timur Kota Padang Tahun 2018. Jurnal Kesehatan Andalas. Vol. 7 (2).

Mandriwati. 2011. Asuhan Kebidanan Antenatal : Penuntun Belajar. Jakarta: ECG. Marshall, J.E., & Raynor, M.D. (2020). Myles Textbook for Midwives Sixteenth Edition. London: Churcill Livingstone Elsevier.

Nwamaka, P.K., K., E.N., C., & C.C.H., O. (2021). Pregnant Women’s Perception of the Effectiveness, Safety and Timeliness of Antenatal Services Provided by Midwives in Government-Owned Healthcare Facilities in South-South Nigeria. African Journal of Health, Nursing and Midwifery, 4(6), 14–28. https://doi.org/10.52589/ajhnm-m6vy4ajr

POGI. (2020). Rekomendasi Penanganan Infeksi Virus Corona (COVID-19). Jakarta: POGI.

Pudiastuti, R.D. (2011). Buku Ajar Kebidanan Komunitas. Yogyakarta: Nuha Medika.

Putri, E. C., & Sulastri. (2009). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Ibu Hamil Pada Pelayanan Antenatal Care dan Post Persalinan di RB Srilumintu Surakarta. Jurusan Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 17–25.

Rahmi, J., Romlah, S. N., Listiana, I., Handayani, P., Darmayanti, D., Arimurti, I. S., Holidah, H., & Kasumawati, F. (2020). Kesehatan Ibu Dan Anak Di Era Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19). Jam: Jurnal Abdi Masyarakat, 1(1), 62–69.

Saifuddin, A.B. (2014). Buku Panduan Praktis Pelayanan Kesehatan Maternal & Neonatal. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.

Sari, N. A. (2020). Efektivitas Pelaksanaan Program Rumah Hati Rumah Bakat (RHRB) di Dinas Sosial Kota Makassar.

Satuan Tugas Penanganan COVID-19. (2021).

Simamora, T. M. (2021). Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak di Puskesmas Terpencil dan Sangat Terpencil di Masa Pandemi. Jurnal Kajian dan Pengembangan Kesehatan Masyarakat, 1.

Sinaga, E.W., dkk. (2020). Mutu Pelayanan Kebidana.

Sriyanti, C. (2016). Mutu Layanan Kebidanan dan Kebijakan Kesehatan. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.

Swarjana, I Ketut. (2015). Metodologi Penelitian Kesehatan Edisi Revisi. Yogyakarta: ANDI.

Ulfah, A., & Darmawan, E. S. (2020). Analisis Pelayanan Kesehatan Ibu Dan Anak Pada Praktik Mandiri Bidan Di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Forum Ilmiah Tahunan (FIT) IAKMI, April, 25–26.

Kemenkes RI. 2013. Buku Saku Pelayanan Kesehatan Ibu di Fasilitas Kesehatan Dasar dan Rujukan. Jakarta

Kementerian Kesehatan RI. (2018). Laporan Riskesdas 2018. Laporan Nasional Riskesdas 2018, 53(9), 181–222. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.

Widiastini, A. A. 2017. Hubungan Pengetahuan Ibu Hamil tentang Antenatal Care (ANC) terhadap Perilaku Kunjungan ANC di Puskesmas Kedaton Bandar Lampung. Skripsi. Universitas Lampung.

Wulandari Anastasia, et al. 2017. Analisis Pelayanan Antenatal dan Faktor – Faktor yang Berkaitan dengan Cakupan Pelayanan Antenatal oleh Bidan Desa Di Kabupaten Jember. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal) Volume 5, Nomor 1, Januari 2017 (ISSN: 2356-3346) http://ejournal- s1.undip.ac.id/index.php/jkm
Published
2022-12-20