Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Lama Waktu Tunggu Rawat Jalan (WTRJ) di Rumah Sakit A

  • Pusposari Purwoko Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia
  • Atik Nurwahyuni Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia
Keywords: waktu tunggu rawat jalan (wtrj), rumah sakit, rawat jalan

Abstract

Dalam menyelenggarakan pelayanannya, rumah sakit wajib menerapkan standar pelayanan minimal supaya mutu pelayanan yang dihasilkan tetap terjaga dengan baik. Salah satu standar pelayanan minimal pelayanan rawat jalan adalah waktu tunggu rawat jalan £60 menit. Saat ini waktu tunggu rawat jalan masih menjadi permasalahan di pelayanan rawat jalan rumah sakit, karena capaiannya sangat jauh dari standar. Hal ini akan mempengaruhi pertimbangan dan minat pasien dalam memilih rumah sakit. Melakukan kajian dan menggali faktor-faktor yang mempengaruhi lamanya WTRJ. Penelitian ini menggunakan fishbone analysis dan wawancara mendalam dengan dokter, petugas dan pasien. Kurangnya kedisiplinan dokter dalam memulai jadwal praktik, dokter masih menjadwalkan operasi bersamaan dengan jadwal praktik di poliklinik, jadwal praktik dokter yang berubah-ubah, pasien yang datang lebih awal beberapa jam dari jadwal praktik dokter, kuota pelayanan yang terbatas. WTRJ belum sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal, harus dilakukan peninjauan terhadap jadwal praktik dokter, meningkatkan kedisiplinan dokter serta mengarahkan pasien untuk mendaftar online supaya tidak mengantri terlalu lama.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Atik Nurwahyuni, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia

 

 

References

Agiwahyuanto, F., Noegroho, F. H., Kesehatan, F., Dian, U., Tengah, J., Kesehatan, F., Dian, U., & Tengah, J. (2019). Mutu Pelayanan Standar Pelayanan Minimal (Spm) Pendaftaran Pasien di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan (Tpprj) Puskesmas Ngaliyan Kota Semarang Quality Of Minimum Service Standards (Spm) Patient Registration In Place Registration For Outpatient . 8(3), 210–216.

Astiena, A., & Azmi, F. (2020). Analysis of Outpatient’s Waiting Time and Patient’s Satisfaction at Dr M Djamil Hospital 2019. https://doi.org/10.4108/eai.9-10-2019.2297161

Bustani, N. M., Rattu, A. J., & Saerang, J. S. M. (2015). Analisis Lama Waktu Tunggu Pelayanan Pasien Rawat Propinsi Sulawesi Utara Pasca Sarjana Universitas Sam Ratulangi Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat pelayanan paripurna pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan Rumah Sakit.

Dewi, S., Machmud, R., & Lestari, Y. (2020). Analisis Waktu Tunggu Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Daerah Dr Achmad Darwis Suliki Tahun 2019. Jurnal Kesehatan Andalas, 8(4), 175–184. https://doi.org/10.25077/jka.v8i4.1137

Farida H, Tasya; Setiatin, S. (2021). Analisis Lama Waktu Tunggu Pelayanan Pasien Rawat Jalan Di Bagian Pendaftaran Rumah Sakit X Bandung. Jurnal Akrab Juara, 6(5), 119–126. http://www.ufrgs.br/actavet/31-1/artigo552.pdf

Hanum, F. (2022). Indikator Nasional Mutu Pelayanan Di Rumah Sakit.

Permenkes No. 12, 16 Kementerian Kesehatan 1 (2013). https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23956527/

Kepmenkes No. 129, 192 (2008). Standar Pelayanan Minimal.

Silitonga, T. M. (2018). Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Lama Waktu Tunggu Rawat Jalan di Rumah Sakit Santa Elisabeth Batam Tahun 2016. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 4(2), 161–172. https://doi.org/10.7454/arsi.v4i2.2568

Undang-Undang RI No. 44, Tentang Rumah Sakit 2 (2009).
Published
2022-11-20