Eksistensi dan Peran Perempuan dalam Kekristenan

  • Mieke N. Sendow Universitas Kristen Indonesia Tomohon
Keywords: perempuan, eksitensi, peran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi eksistensi dan peran perempuan dalam kekristenan. Melalui tinjauan literatur dari berbagai sumber, makalah ini menemukan bahwa perempuan telah memainkan peran penting dalam kekristenan sejak awal sejarahnya, meskipun menghadapi berbagai bentuk diskriminasi dan marginalisasi. Perempuan telah berkontribusi pada perkembangan teologi Kristen, berpartisipasi dalam pekerjaan misi, dan memainkan peran penting dalam pertumbuhan komunitas Kristen. Namun, kontribusi mereka sering diabaikan dan dianggap remeh. Makalah ini berargumen bahwa mengakui dan mempromosikan partisipasi perempuan dalam kekristenan sangat penting untuk menciptakan masyarakat yang lebih inklusif dan egaliter. Implikasi dari penelitian ini termasuk mendukung partisipasi perempuan dalam kepemimpinan gereja, mengatasi diskriminasi dan ketidakadilan terhadap perempuan dalam masyarakat dan gereja, mempromosikan pemahaman yang lebih baik tentang peran perempuan dalam kekristenan, dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya kontribusi perempuan dalam berbagai bidang kehidupan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Blenkinsopp, J. Women in the Old Testament. Michigan: Wm. B. Eerdmans Publishing Co., 2011.
Cady, L. J. Beyond patriarchy: Women, church, and liberation. Minneapolis: Fortress Press, 2013.
Campbell, M. E. “Women’s Role in the Church: Past, Present, and Future.” Christian Education Journal 14, no. 1 (t.t.).
Creswell, John W., dan J. David Creswell. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Fifth edition. Los Angeles London New Delhi Singapore Washington DC Melbourne: SAGE, 2018.
Kothari, C. R. Research Methodology: Methods & Techniques. 2. edition, Reprint. New Delhi Bangalore Chennai Cochin Guwahati Hyderabad Jalandhar Kolkata Lucknow Mumbai Ranchi: New Age International (P) Limited, Publishers, 2004.
Meyers, Carol L., Toni Craven, dan Ross Shepard Kraemer, ed. Women in Scripture: A Dictionary of Named and Unnamed Women in the Hebrew Bible, the Apocryphal/Deuterocanonical Books, and the New Testament. Boston: Houghton Mifflin Harcourt, 2000.
Ross, M. J. “Women’s ordination in the Episcopal Church.” Journal of Feminist Studies in Religion 28(1) (t.t.).
Saxton, Jo. “The Role of Women in the Church Today.” Christianity Today (blog). Diakses 9 April 2023. https://www.christianitytoday.com/women-leaders/2019/march/role-of-women-in-church-today.html.
Schüssler Fiorenza, Elisabeth. In memory of her: a feminist theological reconstruction of Christian origins. 10th anniversary ed. New York: Crossroad, 1994.
Wijaya, N., dan M. Gunawan. “Peran Wanita dalam Gereja Masa Kini.” Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 6, no. 1 (t.t.).
Published
2023-04-20