Hubungan Penguasaan Kosakata dengan Kemampuan Membaca
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penguasaan kosakata dengan membaca pemahaman. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan Teknik korelasional. Ujicoba penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 17 s.d 23 Mei tahun 2022 dengan jumlah responden sebanyak 542 responden. Hasil ujicoba menunjukkan bahwa instrumen tes penguasaan kosakata sebanyak 32 soal termasuk valid dan sebanyak 8 soal termasuk tidak valid. Ujicoba tes membaca pemahaman bahasa Inggris hasilnya sebanyak 32 soal valid dan 8 soal juga tidak valid. Hasil Uji korelasi Penguasaan Kosa Kata dengan Kemampuan Membaca yang melibatkan sebanyak 230 responden menunjukan bahwa kooefisien korelasi antara Penguasaan Kosa Kata dengan Kemampuan Membaca 0,193 pada taraf signifikansi α 5%. Hal ini menunjukan bahwa ada hubungan antara Penguasaan Kosa Kata dengan Kemampuan Membaca, karena α < 0,05 (0,003 < 0,05).
Downloads
References
Ayu, Citra, & Viora, Dwi. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika (Iiib) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(3), 1127–1143.
Brown, H. Douglas, & Abeywickrama, Priyanvada. (2004). Language Assessment. Principles And Classroom Practices. White Plains, Ny: Pearson Education.
Febrisma, Nurliya. (2013). Upaya Meningkatkan Kosakata Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Tunagrahita Ringan (Ptk Kelas Dv Di Slb Kartini Batam). E-Jupekhu (Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus), 1, 2–120.
Irwansyah, Nur, & Ikhwati, Azhari. (2016). Pengaruh Kemampuan Membaca Pemahaman Dan Penguasaan Kosakata Terhadap Keterampilan Menulis Argumentasi Pada Peserta Didik Sma Di Depok. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 10(1).
Laily, Idah Faridah. (2014). Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Sekolah Dasar. Eduma: Mathematics Education Learning And Teaching, 3(1).
Matje, Irman. (2019). Hubungan Pemahaman Kosakata Dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas Ix Smp Negeri 1 Siotapina. Jec (Jurnal Edukasi Cendekia), 3(1), 10–17.
Maulidah, Hidayatul, Sukarno, Sukarnoa, & Syefrinando, Boby. (2022). Analisis Kualitas Instrumen Tes Fisika Kelas X Di Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Batanghari Menggunakan Software Anates. Uin Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Mawaresna, Anis, & Anwar, Muh. (2020). Hubungan Antara Penguasaan Kosakata (Wortschatz) Dengan Kemampuan Membaca Memahami (Leseverstehen) Teks Bahasa Jerman Siswa Kelas Xi. Interference Journal Of Language, Literature, And Linguistics, 1(2), 153–158.
Muhatin, Erna Dwi. (2022). Hubungan Antara Penguasaan Kosakata Dengan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Kelas Iv Sdn Sukowinangun 1 Magetan Tahun Ajaran 2021/2022. Iain Ponorogo.
Muhyidin, Asep. (2018). Reading Interest And Mastery Of Foreign Absorbing Vocabulary (Minat Baca Dan Penguasaan Kosakata Serapan Asing). Indonesian Language Education And Literature, 3(2), 143–156.
Munajah, Robiatul. (2017). Hubungan Penguasaan Kosakata Dan Berpikir Kritis Dengan Kemampuan Membaca Pemahaman (Penelitian Kuantitatif Asosiatif Di Kelas Iv Sd Negeri Banjarsari 5 Serang Kecamatan Cipocok Kota Serang). Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1).
Prasetiyo, Petrus Eko Randi, Susanti, Ani, & Suwinarni, Suwinarni. (2021). Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Game: Car Race. Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Fkip Uad, 1(1).
Priyatni, Endah Tri. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Kritis Berbasis Intervensi Responsif. Litera, 13(1).
Salfiyani, Mira Naniy, Darmiany, Darmiany, & Musaddat, Syaiful. (2021). Hubungan Penguasaan Kosakata Dengan Keterampilan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas V Sdn Gugus 1 Kecamatan Praya Tengah. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(3), 158–165.
Sari, Yuliana, Syahrul, R., & Rasyid, Yulianti. (2018). Hubungan Antara Keterampilan Membaca Pemahaman Dengan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X Smk Negeri 3 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(3), 446–453.
Seashore, Robert H. (1948). The Importance Of Vocabulary In Learning Language Skills. Elementary English, 25(3), 137–160.
Talan, Aloysia Febriana Kurnia. (N.D.). Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta.
Taufik, Taufik. (2019). Strategi Ambt Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Interpretatif Siswa Kelas Iv Sd Negeri 3 Namlea Kabupaten Buru. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 5(2), 53–62.
Copyright (c) 2023 Muhammad Asholahudin, Uyu Wahyudin, Nurhaedah Gailea
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.