Pengaruh Promosi Penjualan pada Keputusan Pembelian Terhadap Loyalitas Pelanggan Minuman Merek Re.Juve

  • Agung Febra Pinota Universitas Bakrie Jakarta, Indonesia
  • Prima Mulyasari Agustini Universitas Bakrie Jakarta, Indonesia
Keywords: Promosi, Keputusan Pembelian, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah pengaruh promosi penjualan terhadap keputusan pembelian merek Re-Juve, untuk mengetahu apakah pengaruh keputusan pembelian terhadap loyalitas pelanggan merek Re-Juve, untuk mengetahui apakah pengaruh keputusan pembelian dapat memediasi pengaruh antara promosi penjualan dengan loyalitas pekanggan. Data yang dipergunakan adalah data primer yaitu dari hasil kuesioner yang dilakukan oleh 150 responden, responden ini merupakan responden yang membeli minuman bermerk Re-Juve dari pasar dan website di Jakarta. Model penelitian adalah kuantitatif dengan analisis yang digunakan dimulai dengan pembentukan portofolio optimal dan dilanjutkan Untuk menguji masing-masing variabel yaitu promosi dan keputusan pembelian terhadap loyalitas pelanggan digunakan uji t, sedang untuk menguji pengaruh secara bersama-sama menggunakan uji f. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi penjualan berpengaruh terhadap keputusan pembelian, keputusan pembelian berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, serta keputusan pembelian dapat memediasi pengaruh antara promosi penjualan dengan loyalitas pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abubakar, Rusydi. (2018). Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta.

Adirinekso, Gidion P., Purba, John Tampil., Budiono, Sidik., Rajaguguk, Wilson. (2021). How Brand Image Mediated Sales Promotion and Price to Impact Shopee Consumer's Decision? The Case of Urban Worker in Jakarta. Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management. Sao Paulo, Brazil.

Adulphus J. Toby. (2014). Financial Fragility and Performance of Nigerian Banking Institutions: An Inter-Temporal Analysis. Journal of Applied Finance & Banking, Vol. 4 No. 6. Scienpress Ltd.

Ahmad Tanzeh.(2011). Metodologi Penelitian Praktis. Yogyakarta: Teras.

Albinsaid, Gamal. (2018). Tranform Your Company’s.

Andriani Kusumawati and Karisma Sri Rahayu. (2020). The Effect of Experience Quality on Customer Perceived Value and Customer Satisfaction and Its Impact on Customer Loyalty, TQM Journal 32, no. 6 (May 26, 2020), 1525.

Anggraeni, Pratiwi, dkk, (2017), Analsisi SWOT Pada UMKM Keripik Tempe Amel Malang Dalam Rangka Meningkatkan Daya Saing Perusahaan, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), vol. 43 No.1 Februari

Artha, K. G., & Setiawan, P. E. (2016). Pengaruh Kewajiban Moral, Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan Pada Kepatuhan Wajib Pajak Di KPP Badung Utara. E-Journal Akuntansi Universitas Udayana Vol.17.2, 913- 937.

Arianto, Bambang., Zulkarnain.,Samsir. (2018). The Effect of Product Quality, Price, Promotion Towards Purchase Decision and Consumer Loyalty of Tiga Serangkai Books in Riau Province. IJEBA, 3 (1).

Azizah, Siti Nur., dan Hadi, Subekti. (2020). The Influence Of Taste And Price To Customer Loyalty With Purchase Decision As Variables Intervening In Kentucky Fried Chicken (Kfc) Arion Mall. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.

Azhari, R. D. & Fachry, M. F., (2020). Pengaruh Citra Merek dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Batik Karawang di Ramayana Mall, Karawang. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 19 Oktober, 2(1), Pp. 37-44

Badan Pusat Statistik. (2018). Agustus 2018: Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 5,34 Persen.

Baruna Hadi Brata, Shilvana Husani, dan Hapzi Ali. (2017). The Influence of Quality Products, Price, Promotion, and Location to Product Purchase Decision on Nitchi At PT. Jaya Swarasa Agung in Central Jakarta. Saudi Journal of Business and Management Studies, Vol. 2, No. 4B.

Della, Febran, Irfansyah, Pujianti, Keni (2021). Promotion, Product Quality, and Price on Purchase Decisions on Duldimsum Outlet.

Effendi, Arif Zakiyyatan., dan Chandra, Rama. (2020). The Effect Of Promotion And Quality Of Service On Consumer Satisfaction Through Purchasing Decisions On Umroh Travel And Haji Plus PT. Inyong Travel Barokah. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia – Tahun 2019/2020.

FAO. (2013). Konsumsi Buah dan Sayur di Asia

Fandi, Tjiptono. (2014). Service, Quality & Satisfaction. Edisi 3. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Fandy, Tjiptono. (2016). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta : Andi.

Freddy, R. (2018). Analisis SWOT. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Hanaysha, J.R. (2018). An examination of the factors affecting consumer’s purchase decision in the Malaysian retail market. PSU Research Review, Vol. 2 No. 1, pp. 7-23

Harman Malau. (2017). Manajemen Pemasaran. Bandung : Alfabeta.

Hair, Joseph F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2016). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Second Edition. A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Second Edition (2 ed.). Los Angeles: Sage

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2017). A primer on partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) (2nd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage.

Humaira. Nurul., Audria, Cindy Novita., Setiawan, Edhie Budi., Rahmawati, Aisyah. (2020). The Effect Of Price And Paid Baggage Towards Customer Loyalty Through Purchasing Decision Of Lion Air Airline. Advances in Transportation and Logistics Research, 3.

Indri Suryani, Afriapollo Syafarudin (2021). Effect of Sales Promotion on Purchasing Decisions. Ilomata International Journal of Tax & Accounting (IJTC), 2(2), 122-133.

Jeff Madura. (2013). International Financial Management, 11th Edition. Florida Atlantic University International Financial Management

Khoirulloh, Haryono, T. A., & Wulan , S. H. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pembelian Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Roti Bakat Breadhouse Sirojudin, Tembelang Semarang). Journal Of Management, 4(4), 1-21

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. (2014). Principles of Marketing, 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. (2015). Principles of Marketing, 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary, (2012), Principles of Marketing, 15th Edition, Pearson Education Limited.

Kotler, Philip And Gary Armstrong. (2019). Principle Of Marketing, 17e Global Edition, Pearson Education Limited, New York.

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT. Indeks

Laksana. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Edisi 1. Khalifah Mediatama. Depok.

Lokadata. (2021). Jumlah Konsumsi Buah Penduduk di Indonesia

Lupiyoadi, R. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat.

M. Mursid. (2014). Manajemen Pemasaran, Bumi Aksara, Jakarta.

Maddinsyah (2020). Analysis of Purchasing Decisions Based on Sales Promotion and Service Quality. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Publik Volume 10 Number 1

Malhotra, N.K., & Dash, S. (2016). Marketing Research an Applied Orientation (7th ed.). Chennai: Pearson India Education Services.

Maretia Mega, Soni Harsono. (2013). Pengaruh harga, Nilai Manfaat dan Kualitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Handphone Blackberry di Surabaya, Journal of Business and Banking, Vol.3 No.2, November, 2013

Marini, Kardinal dan Charisma Ayu. P. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pempek Mangcek Cabang Celentang). Diperoleh dari http://eprints.mdp.ac.id/2092/

Medlin C & Ellegaard C. (2015). Conceptualizing Competition And Rivalry In A Networking Business Market. Industrial Marketing Management. Volume 51, Pages 131–140

Morissan. (2015). Metode penelitian Survei. Jakarta : PT.Fajar Interpratama Mandiri.

Mufidah, T. (2018). Pengaruh Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Layanan Online (Go-Jek) Di Wilayah Yogyakarta. UII, Yogyakarta.

Qazi, T. F., Muzaffar, S., Khan, A. A. and Basit, A. (2021). Offer to Buy: The Effectiveness of Sales Promotional Tools towards Purchase Intention. Bulletin of Business and Economics, 10(3), 33-42.

Rangkuti, Freddy. (2018). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Rosmaniar, Asyidatur., Oktaviani, Marista., Mauliddah, Nurullaili. (2021). Public Relation Moderates Between Sales Promotion With Purchase Decisions On XX Ready Foods In 2020. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Dharma Andalas. Volume 23 No 1.

Schiffman, Leon dan Kanuk, Leslie L. (2014). Perilaku Konsumen. Jakarta: Indeks.

Sekaran & Bougie, (2016). Research Methods for Business : A Skill Building Approach Seventh Edition. United States of America : Wiley

Sekaran, Uma dan Roger Bougie, (2017), Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan-Keahlian, Edisi 6, Buku 2, Salemba Empat, Jakarta Selatan 12610.

Sinurat, E. S., Lumanauw, B., Roring, F. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelamnggan Mobil Suzuki Ertiga, 5(2), 2232.

Sonya Lisabel Malelak, Budi Setiawan, Silvana Maulidah. (2021). Analysis Of Marketing Mix On Customer Satisfaction: Empirical Study Of Purchasing Decision Of East Nusa Tenggara Local Product. Agricultural Socio-Economics Journal, 21(4), 285-292.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : CV. Alfabeta

Sugiyono (2019). Statistika untuk Penelitian. Bandung : CV Alfabeta.

Timotius, Gladys, Serin (2020). The Role of Product Quality and Price Perception in affecting Purchase Decision (Study on Milkmo Product). Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis. 18. 95. 10.31253/pe.v18i3.398.

Veronika, J., & Hikmah. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Keripik Tempe di Kota Batam. Journal Of Management, Accounting, Economic and Business, 01(02), 1– 15.

Worldometers. (2020). COVID-19 CORONAVIRUS PANDEMIC.

Yani, Ari Soeti., Ngora, Kristina. (2022). Influence of Product Quality & Promotion on Purchase Decision with Buying Interest as a Moderating Variable. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5 (2).

Yusuf, Muhammad., Yandri, Pitri. (2021). Effect Of Digital Payments And Sales Promotion On Beverage Franchise Product Purchase Decisions (Case Study of Haus Consumers in Binus Branch). The Management Journal of BINANIAGA Vol. 06, No. 01.

Published
2023-04-19