Penerapan Core Values Ber-Akhlak dalam Meningkatkan Pelayanan Kesehatan

  • Nawang Aviani Universitas Tanjungpura dan Politeknik Negeri Pontianak, Indonesia
  • Andjani Trimawarni Universitas Tanjungpura dan Politeknik Negeri Pontianak, Indonesia
Keywords: Core Values BerAKHLAK, Kualitas Pelayanan

Abstract

Kualitas pelayanan pelayanan kesehatan dapat menjadi lebih baik atau menjadi pelayanan prima dengan tidak hanya melakukan reformasi pada unsur sarana dan prasarana saja, tetapi yang lebih utama juga adalah reformasi terhadap sikap dan perilaku aparatur sipil negara selaku sumber daya manusia sebagai penggerak unsur pelaksanaan lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan penerapan Surat Edaran Menteri Pandayagunaan Aparatur Negara dan  Reformasi Birokrasi  Nomor 20 Tahun 2021 tentang Implementasi Core Values BerAKHLAK dan Employer Branding ASN. Untuk bisa mendeskripsikan tujuan penelitian, peneliti menggunakan studi literasi dengan membaca, mencatat, dan menganalisis literature-literatur yang diperlukan. Hasil penelitian menunjukan terdapat tujuh Core Values BerAKHLAK harus dibudayakan oleh ASN sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan dalam hal ini pelayanan kesehatan. Adapun tujuh nilai dasar BerAKHLAK yaitu berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif dan kolaboratif dalam memberikan pelayanan kesehatan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dwijosusilo, K., & Sarni, S. (2018). Peranan Rekam Medis Elektronik Terhadap Sistim Informasi Manajemen Rumah Sakit Di Rumah Sakit Umum Haji Surabaya.

Fitriyani, V. R. (2020). Benarkah Relaksasi Psbb Melanggengkan Herd Immunity Di Indonesia? Alam Pikir Era Pandemi: Kajian Lintas Ilmu, 43.

Hermawan, K., Wohady, Y., Madyani, D., & Indrio, B. D. (2003). Marketing In Venus. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Idham, B. F. (2013). Pengaruh Dimensi Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah Dengan Implikasi Loyalitas Pada Pt. Bank Tabungan Pensiunan Nasional, Tbk Cabang Kertajaya Surabaya. Journal Of Business & Banking, 3(1), 93–108.

Lestari, F. I., Zaman, M. K., & Zulkarnaini, Z. (2022). Mutu Pelayanan Keperawatan Rumah Sakit Puri Husada Tembilahan. Jomis (Journal Of Midwifery Science), 6(2), 128–136.

Negara, B. S. A. S., & Bangsa, S. P. (N.D.). Keseruan Pembelajaran Daring Pada Pelatihan Pegawai Negeri Sipil Selama Masa Pandemi Covid-19.

Negara, S. E. M. P. A., & Nomor, R. B. (20 C.E.). Tahun 2021 Tentang Implementasi Core Values Dan Employer Branding Aparatur Sipil Negara. Jakarta: Kemenpanrb.

Pangestu, S. S. (2022). Strategi Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Dki Jakarta Dalam Peningkatan Kompetensi Aparatur Guna Mendukung Grand Design Reformasi Birokrasi. Universitas Islam “45†Bekasi.

Panggabean, K. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Dan Implementasi Dalam Menghadapi Persaingan Usaha Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Bank Sumut Syariah Kcp Hm. Joni). Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Silalahi, B. A., Sihombing, M., & Isnaini, I. (2022). Analisis Implementasi Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah Pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Rm. Djoelham Binjai. Perspektif, 11(1), 160–168.

Supardy, S. (2023). Perlindungan Aparatur Sipil Negara Mewujudkan Kesejahteraan. Penerbit P4i.

Syamhudi, E. (2013). Tujuan Dari Penelitian Ini Adalah Untuk Mendeskripsikan Penerapan, Pengaruh Dan Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas Vii Smp Muhammadiyah Sadang, Kebumen Tahun Pembelajaran 2011/2012 Setelah Memperoleh Pembelajaran Dengan Menggunak. Surya Bahtera, 1(04).

Tantri, R. A., Maksin, M., Hidayat, S., & Ariyanto, A. E. (2022). Pelaksanaan Program" Asn Ber-Akhlak" Sebagai Bentuk Pengembangan Pegawai Untuk Meningkatkan Kualitas Dan Loyalitas Pegawai. Restorica: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara Dan Ilmu Komunikasi, 8(1), 27–34.

Thomas, J., Utley, J., Hong, S.-Y., Korkmaz, H., & Nugent, G. (2020). A Review Of The Research. Handbook Of Research On Stem Education.

Utomo, A., Nugroho, A. P., & Brotojoyo, E. (2023). Workshop Membangun Kinerja Sumber Daya Manusia Organisasi Untuk Mewujudkan Indek Kinerja Utama. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkarya, 2(01 Februari), 141–149.

Yustisia, T. V. (2015). Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2004 Tentang Aparatur Sipil Negara Dan Peraturan Pemerintah Tentang Kepegawaian Terbaru. Visimedia.

Published
2023-04-25