Implementasi Penegakan Aturan Pelayaran Terhadap Pemenuhan Alat Keselamatan Transportasi Laut Pada Kapal Layar Motor (KLM) di Pelabuhan Paotere Makassar

  • Hadi Setiawan Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
Keywords: SOLAS, Keselamatan, Kapal, Pelabuhan

Abstract

Kapal Layar Motor merupakan jenis kapal yang menggunakan layar dan motor (mesin kapal) sebagai penggeraknya. Keselamatan kerja adalah keselamatan kerja menunjukkan pada kondisi yang aman atau selamat dari pederitaan, kerusakan atau kerugian di tempat kerja. Peraturan Safety Of Life At Sea (SOLAS) adalah peraturan yang mengatur keselamatan maritim dan Pelayaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran studi kualitatif implementasi penegakan aturan pelayaran terhadap pemenuhan alat keselamatan transportasi laut pada Kapal Layar Motor (KLM) di Pelabuhan Paotere Makassar. Pelabuhan Paotere Makassar yang memiliki karakteristik sama untuk dijadikan sampel penelitian pada lokasi tersebut. Snowball Sampling adalah sebagai teknik penentuan sampel yang mula-mula jumlahnya kecil, kemudian sampel ini disuruh memilih teman-temannya untuk dijadikan sampel begitu seterusnya, sehingga jumlah sampel semakin banyak. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triagulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi penegakan aturan Pelayaran terhadap pemenuhan alat keselamatan transportasi laut pada Kapal Layar Motor (KLM) di Pelabuhan Paotere Makassar dari hasil verifikasi seluruh data dan hasil wawancara sudah  berjalan dengan baik. Meskipun dalam proses implementasinya masih perlu evaluasi dan pembenahan. Misalnya pemenuhan standar alat keselamatan pada KLM, dokumen perizinan KLM untuk kelayakan berlayar, pengecekan KLM, dan sosialisasi terhadap nelayan atau kru KLM tentang aturan Pelayaran. Selain itu pihak regulator harus memastikan bahwa standar prosedur dari penerapan dar aturan Pelayaran berjalan dengan baik. Perlunya kegiatan sosialisasi kepada nelayan dan kru KLM agar lebih mengerti aturan Pelayaran sehingga kecelakaan pada KLM bisa diminimalisir.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alim, N. (2022). Karya Ilmiah Prosiding. Prosiding Smeinar Internasional.

Aprizawati, A., Zusniati, Z., & Satria, B. (2021). Penyuluhan dan pengadaan alat keselamatan (life jacket) bagi nelayan tradisional di desa kembung luar. TANJAK, 2(1).

Aprizawati, A., Zusniati, Z., & Satria, B. (2022). Sosialisasi Alat Keselamatan Pelayaran Bagi Nelayan Tradisional di Desa Simpang Ayam. TANJAK, 3(1).

Dinarto, D. (2016). Reformasi tata kelola keamanan maritim Indonesia di era Presiden Joko Widodo.

Gliselda, A. D., Sulistyo, D., & Zulnasri, Z. (2022). Optimalisasi Pelatihan Keselamtan Kerja Untuk Meminimalisir Terjadinya Kecelakaan Kerja di Atas Kapal Milik PT Sukses Graha Samudra. Meteor STIP Marunda, 15(1), 40–62.

Hendrawan, A. (2020). Program Kesehatan dan Keselamatan Kerja di Atas Kapal. Jurnal Sains Teknologi Transportasi Maritim, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.51578/j.sitektransmar.v2i1.12.

I Kadoli, M. (2021). Optimalisasi Peran Satuan Brimob Polda Sumut Dalam Penanggulangan Aksi Radikalisme.

Jinca, M. Y. (2011). Transportasi Laut Indonesia, Analisis Sistem dan Studi Kasus. Surabaya: Brilian Internasional.

Karim, H. A., Lis Lesmini, S. H., Sunarta, D. A., SH, M. E., Suparman, A., SI, S., Kom, M., Yunus, A. I., Khasanah, S. P., & Kom, M. (2023). Manajemen Transportasi. Cendikia Mulia Mandiri.

Kusnadi, A. (2021). Perawatan Alat Penyelamatan Korban di Atas Kapal MV. Basarnas Bandung. Universitas Maritim AMNI Semarang.

Malisan, J. (2010). Analisis Kecenderungan Kecelakaan Kapal di Indonesia. Warta Penelitian Perhubungan, 22(1), 72–83.

Malisan, J. (2013). Keselamatan Transportasi Laut Pelayaran Rakyat: Studi Kasus Armada Phinisi. Universitas Hasanuddin.

Malisan, J., & Jinca, M. Y. (2012). Kajian Strategi Peningkatan Keselamatan Pelayaran Kapal-Kapal Tradisional. Warta Penelitian Perhubungan, 24(3), 218–231.

Pongky, P. (2016). Evaluasi Sistem Manajemen Peralatan Keselamatan Pelayaran Pada Accommodation Work Barge Elang Biru 507: Studi Kasus: PT. Meindo Elang Indah. IDENTIFIKASI, 2(1), 11–18.

Reza, M. F. (2021). Proses Pemeriksaan Kelaiklautan Kapal di Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjung Emas Semarang. Universitas Maritim AMNI Semarang.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabetha.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta Bandung.

Supit, H. (2009). Pedoman khusus keselamatan dan keamanan pelayaran. Bakorkamla.
Published
2022-11-20