A, Haryati, Sri PENGARUH SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) TEMATIK INTEGRATIF TERHADAP PENINGKATAN KARAKTER KEJUJURAN DAN KEPEDULIAN SISWA KELAS II SDN KARET 1 SEPATAN TANGERANG

  • Sri Haryati
Keywords: SSP tematik integratif, karakter kejujuran, karakter kepedulian

Abstract

Tujuan dari penelitian berikut merupakan untuk mengungkapkan pengaruh SSP tematik integratif atas peningkatan yang terjadi pada: 1)karakter kejujuran, dan 2) karakter kepedulian di siswa kelas II SDN Karet 1 Sepatan Tangerang. Secara penggunaan metodelogi penelitian ini berorientasi pada penelitian kusi eksperimen dengan rancangan penelitian yang berorientasi pada nonequivalent-groups pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini merupakan siswa kelas II SDN Karet 1 Sepatan Tangerang yang terdiri dari empat rombongan belajar. Sampel penelitian ini sebanyak tiga kelas yang ditentukan menggunakan simple cluster random teknik.  Dari penelitian ini peneliti berhasil mendapat beberapa hasil seperti berikut, (1) proses pembelajaran yang memanfaatkan  SSP tematik integratif memiliki hasil yang cenderung positif dan signifikan, terlebih jika dibandingkan dengan pengajaran yang tanpa pemanfaatan SSP. Dari penerapan tersebut peneliti mendapati peningkatan karakter kejujuran siswa SD (Sig.= 0,000 < 0,05). Rata-rata peningkatan karakter kejujuran siswa yang diajarkan dengan pembelajaran SSP tematik integratif lebih besar daripada yang diajarkan dengan pembelajaran tanpa menggunakan SSP tematik integratif. (2) Pembelajaran menggunakan SSP tematik integratif berpengaruh positif dan signifikan. Pada pelaksanaannya pembelajaran yang memanfaatkan SSP memiliki hasil yang lebih memuaskan dibandingkan pembelajaran yang tidak menggunakan SSP. Pada tahap lanjut siswa SD yang menerapkan pembelajaran tersebut mengalami peningkatan karakter kepedulian (Sig.= 0,000 < 0,05). Secara tidak langsung hasil dan uraian di atas menyatakan bahwa pembelajaran yang menggunakan SSP cenderung lebih baik dengan peningkatan karakter kepedulian siswa yang juga baik. Berbeda dengan pembelajaran yang tidak menggunakan tematik integratif, model pembelajaran yang menggunakan tematik integratif memiliki peningkatan karakter kepedulian siswa yang relatif lebih tinggi, sehingga tepat jika digunakan untuk upaya peningkatan karakter kepedulian siswa melalui pembelajaran. 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-05-30