Implementasi Problem Centered-Design Curriculum bagi Pemuda Kristen dalam Konteks Pendidikan Agama Kristen di Gereja

  • Aliyono Aliyono Universitas Kristen Indonesia
  • Januarius Naingalis Dwi Juanto Universitas Kristen Indonesia
  • Kevin Samuel Kamagi Universitas Kristen Indonesia
Keywords: Pemuda Kristen, PAK, Problem-Centered Design

Abstract

Pemuda merupakan kelompok usia yang dipandang sudah mampu untuk ikut serta memecahkan permasalahan sosial. Akan tetapi, dalam pendidikan agama Kristen khususnya di gereja kurang melibatkan pemuda dalam menyelesaikan permasalahan sosial. Akibatnya dalam proses pendidikan, pemuda cenderung pasif dan kurang optimal dalam berpikir kritis. Hal yang perlu dipikirkan para ahli dan praktisi pendidikan adalah memampukan para pemuda untuk terlibat aktif memecahkan masalah-masalah sosial dengan merancang kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan tersebut. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mendesain kurikulum pemuda Kristen yang berpusat pada pemecahan masalah ( curriculum). Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kajian pustaka. Hasil penelitian ini ialah penulis menguraikan tujuan dari kurikulum Maka, problem-centered design kurikulum ini sangat sesuai untuk diaplikasikan kepada Pemuda Kristen.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggo, Mustamin. “Pemecahan Masalah Matematika Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa.” Edumatika 1, no. 2 (2011): 35–42. https://online-journal.unja.ac.id/index.php/edumatica/article/view/182.
Aprilia, Wahyu. “Organisasi Dan Desain Pengembangan Kurikulum.” Islamika 2, no. 2 (2020): 208–26. https://doi.org/10.36088/islamika.v2i2.711.
Asri, Khairul. “Penerapan Problem Centered Learning Terhadap Hasil Belajar Operasi Hitung Bilangan Bulat Siswa Smp Negeri 3 Banda Aceh.” Jurnal Peluang 6, no. 2 (2018): 31–38. https://doi.org/10.24815/jp.v6i2.12726.
Asrinan. “Pengaruh Pendekatan Problem Centered Learning (PCL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Kelas VII SMP N 5 Parepare.” Jurnal Pendidikan Matematika 1, no. 1 (2016): 39–44. https://ummaspul.e-journal.id/diferensial/article/view/369/202.
Azizah, Aida, Ani Nur Aeni, and M Maulana. “Pengaruh Pendekatan Problem-Centered Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematis Siswa.” Jurnal Pena Ilmiah 2, no. 1 (2017): 861–70. https://doi.org/10.17509/jpi.v2i1.11222.
Gunawan, Imam, and Anggraini Retno Paluti. “Taksonomi Bloom – Revisi Ranah Kognitif.” E-Journal.Unipma 7, no. 1 (2017): 1–8. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE.
Gunawan, Rilla Gina, and Aan Putra. “Pengaruh Strategi Belajar Aktif Sortir Kartu Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 3, no. 2 (2019): 362–70. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.119.
Hamalik, Oemar. Dasar-Dasar Pengembagan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.
Hasibuan, MHF. “Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia.” Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 1, no. 1 (2019): 44–59. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/Bahastra/article/view/1142.
Hasugian, Johanes Waldes. “Kurikulum Pendidikan Kristen Bagi Orang Dewasa Di Gereja.” Kurios 5, no. 1 (2019): 36. https://doi.org/10.30995/kur.v5i1.96.
Huma, Humaedah. “Desain Pengembangan Kurikulum.” Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi 4, no. 1 (2021): 364–80. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v4i1.849.
Imamah, Deztyra Nur. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Centered Learning (Pcl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Operasi Hitung Bentuk Aljabar Kelas VII A Semester Ganjil di SMPNegeri 14 Jember.” Jurnal Universitas Jember 4, no. 1 (2015): 184.
Istriyani, Ratna. “Kontribusi Pemuda Dalam Menjawab Permasalahan Sosial Ekonomi Pascabencana.” Jurnal Studi Pemuda 4, no. 2 (2018): 315. https://doi.org/10.22146/studipemudaugm.36815.
Januarharyono, Yudhaswara. “Peran Pemuda Di Era Globalisasi.” Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi 13, no. 1 (2019): 9.
Kadir, abdul. “Konsep Pembelajaran Kontekstual Di Sekolah.” Dinamika Ilmu 13, no. 1 (2013): 17–38. http://journal.iain-samarinda.ac.id/index.php/dinamika_ilmu/article/view/20.
Landasan, Suatu. “Pembelajaran Kolaboratif: Suatu Landasan Untuk Membangun Kebersamaan Dan Keterampilan.” Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 17, no. 1 (2013): 292–304.
Maksyur. Teori Dan Telaah Pengembangan Kurikulum. Palopo: IAIN, 2018.
Masrur, Masad. “Jurnal Pemuda” 1, no. 3 (2009): 1–5.
Palesangi, Muliadi. “Pemuda Indonesia Dan Kewirausahaan Sosial.” Jurnal Masyarakat Dan Budaya 1, no. 2 (2012): 1–6. http://www.journal.unipdu.ac.id/index.php/seminas/article/view/198.
Pratisti, Wiwien Dinar, Anak Agung, and Ayu Ardeliaputri. “Potret Strategi Pemecahan Masalah Pada Mahasiswa Yang Aktif Berorganisasi,” no. Temilnas Xii (2013): 82–89.
Samarenna, Desti, and Harls Evan R. Siahaan. “Memahami Dan Menerapkan Prinsip Kepemimpinan Orang Muda Menurut 1 Timotius 4:12 Bagi Mahasiswa Teologi.” BIA’: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Kontekstual 2, no. 1 (2019): 1–13. https://doi.org/10.34307/b.v2i1.60.
Sugiarto, Eko. Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif Ilmu Politik. Jakarta: Paramedia Group, 2019.
Sukmadinata. Pengembangan Kurikulum: Teori Dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2001.
Sukmadinata, nana syaodih. Pengembangan Kurikulum Teori Dan Praktik. Bandung, 2013.
Suryadi, Didi. “Menciptakan Proses Belajar Aktif: Kajian Dari Sudut Pandang Teori Belajar Dan Teori Didaktik,” 2010, 1–16.
Syafruddin Nurdin. Kurikulum Dan Pembelajaran. Banten: LogueN Press, 2016.
Wiajaya, Daya Negri. “Mentalitas Pemuda Pada Masa Pergerakan Dan Masa Reformasi Di Indonesia : Dari Berani Berpengetahuan Hingga Takut Berpengetahuan.” Jurnal Kajian Sejarah Dan Pendidikan Sejarah 1, no. 1 (2013): 75–84.
Widjajanti, Djamilah Bondan. “Strategi Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Masalah.” Semnas Matematika Dan Pendidikan Matematika 2008, no. 5 (2008): 1–10.
Yusri, Radhya. “Pengaruh Pendekatan Problem Centered Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X Sma Negeri Kabupaten Solok.” Jurnal LEMMA 3, no. 1 (2017). https://doi.org/10.22202/jl.2017.v3i1.1389.
Published
2023-05-12