Pengaruh Budaya Sekolah dan Pendidikan Karakter Berbasis Sembilan Nilai Terhadap Kinerja Guru: Studi di Sekolah Menengah Katolik Yayasan Joseph Yeemye di Sulawesi Utara
Abstract
Artikel ini bermaksud untuk menentukan pengaruh terhadap kinerja guru di sekolah menengah katolik dari variabel determinan budaya sekolah dan pendidikan karakter berbasis nilai. Penelitian ini menggunaan metode kuantitatif, dengan teknik analisa data regresi linier berganda. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang didistribusi kepada 93 guru sekolah menengah katolik Yayasan Joseph Yeemye sebagai sampel melalui survey. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa budaya sekolah berpengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja guru sekolah menengah katolik; pendidikan karakter berbasis nilai berpengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja guru sekolah menengah katolik; dan budaya sekolah dan pendidikan karakter berbasis nilai secara simultan berpengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja guru sekolah menengah katolik.
Downloads
References
Anam, Chairul. (2018). Pengaruh Motivasi, Kompetensi, Kepemimpinan, Lingkungan Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah Kejuruan. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 4(1), 40–56.
Berkowitz, Marvin W., & Bier, Melinda C. (2005). What works in character education: A research-driven guide for educators. Washington, DC: Character Education Partnership. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2011.07.003.
Butar, Nelly Yulianti Butar, Bross, Noverdi, & Kanto, Dwi Sunu. (2020). What drives teaching performance at school? The determinants of school teacher performance. Journal of Economics and Business, 3(4).
Danasasmita, Windi Matsuko. (2018). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Kompetensi Pedagogik Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship (e-Journal), 12(1).
Fitriyono, Irfan. (2018). Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru Smp Negeri Se-Kecamatan Gondokusuman. Hanata Widya, 7(5), 51–60.
Hendrawijaya, Arief Tukiman. (2020). Human resource management in improving students’ academic achievement mediated by teacher’s performance. https://doi.org/10.21511/ppm.18(1).2020.21
Kakiay, Agustina N. (2018). Pengaruh kepemimpinan spiritual dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru. Jurnal Psikologi, 10(2).
Kardata, Rahmat, Mahrita, M., & Aslamiah, A. (2018). The Relationship Between Transformational Leadership And Work Motivation With The Teacher’s Performance Of Public Elementary School In South Banjarmasin District, Indonesia. European Journal of Education Studies. https://doi.org/10.5281/zenodo.1494237
Komar, Abdul. (2020). Peningkatan Kinerja Guru Berbasis Budaya Sekolah dan Motivasi Kerja Guru. At-Ta’lim: Jurnal Pendidikan, 6(2), 109–117. https://doi.org/10.36835/ATTALIM.V6I2.362
Kusumawati, Erna. (2017). Entrepreneurial Leadership Dan Keberlanjutan Mutu Sekolah Sebagai Output. Konferensi Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi, 1(1).
Kusumawati, Erna. (2023a). Efektivitas Kerja Guru. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1487–1492.
Kusumawati, Erna. (2023b). Kepemimpinan Digital dalam Pendidikan: Sebuah Analisis Bibliometrik. Journal of Education and Teaching (JET), 4(2), 252–260.
Lion, Mateus Frederikus Solo. (2021). Implementasi Trilogi Kepemimpinan Ki Hadjar Dewantara dalam Kepemimpinan Kepala Sekolah Bagi Kinerja Tenaga Pendidik SMA Katolik di Kabupaten Bantul. Media Manajemen Pendidikan, 4(2), 279–289. https://doi.org/10.30738/mmp.v4i2.9998
Mentang, Paulus Joseph, & Mua, Marianus Muharli. (2022). Hubungan Kompetensi Pedagogik dan Iklim Kerja dengan Kinerja Guru SMP Yayasan Pendidikan Katolik Keuskupan Manado di Sulawesi Utara. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(4), 4452–4462.
Peterson, Kent D., & Deal, Terrence E. (2009). The shaping school culture fieldbook. John Wiley & Sons.
Pratiwi, Ni Luh Ayu Manik, & Negara, I. Gusti Agung Oka. (2021). Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah terhadap Kinerja Guru di SD. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 84–90. https://doi.org/10.23887/JPPP.V5I1.32884
Purwanto, Agus. (2020). Studi eksplorasi dampak Work from Home (WFH) terhadap kinerja guru selama pandemi COVID-19. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 92–100.
Putro, Davit Anggoro. (2022). Pengaruh Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Pertama (Smp) Katolik Di Yayasan Yohanes Gabriel Perwakilan Iii Kediri. STKIP Widya Yuwana.
Rahmawati, Rahmawati, Siraj, Arifuddin, & Achruh, Andi. (2021). Hubungan Antara Kompetensi Guru Dan Budaya Sekolah Dengan Kinerja Guru. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 10–23.
Rasto, Rasto, & Maulani, Siti Yulianti. (2019). Satisfaction and Motivation as Determinants of Teacher Performance. JPBM (Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen), 5(1), 11–21. https://doi.org/10.17977/um003v5i12019p011
Rosaliawati, Bella Nadya, Mustiningsih, Mustiningsih, & Arifin, Imron. (2020). Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru. JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(1), 61–71.
Rosanti, Atik. (2021). Manajemen Kelas Sebagai Pembentuk Karakter Peserta Didik Di SMK Al Ihya Selajambe Kabupaten Kuningan. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(4), 1596–1605.
Rusmani, Rusmani, Indrawati, Mei, & Hidayat, Hidayat. (2019). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Guru Melalui Motivasi Kerja Di Smkn 2 Bojonegoro. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 3(5), 708–722.
Russel, Benardin, & John, H. (1993). Human Resources Management. New York: McGraw-Hill.
Saragi, Ahmad Syafii. (2017). Pengaruh Budaya Sekolah, Kepuasan Kerja, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri Di Kota Binjai. UNIMED.
Sauri, Supyan, & Hanafiah, Hanafiah. (2022). Manajemen Penilaian Kinerja Guru (PKG) untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Sekolah Menengah Pertama di Kota Bandung. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2099–2104.
Sugiyono, Dr. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Waku, Yasinta. (2019). Upaya Meningkatkan Kinerja Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Di Kelas Dengan Melaksanakan Supervisi Akademik Di Sekolah Dasar Katolik Waepana, Kecamatan Soa, Kabupaten Ngada Ta 2018/2019. JURNAL IMEDTECH (Instructional Media, Design and Technology), 2(2), 22–31. https://doi.org/10.38048/imedtech.v2i2.178
Zubair, Ahmad, Sasongko, Rambat Nur, & Aliman, Aliman. (2017). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 11(4).
Copyright (c) 2023 Maritje Maria Makalew
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.